Are You a Zetizen?
Show Menu

Beasiswa untuk 5 Universitas Terbaik di Rusia

Beasiswa untuk 5 Universitas Terbaik di Rusia

Zetizen.com – Amerika, Australia, dan London menjadi negara paling banyak dituju oleh pemburu beasiswa kuliah di luar negeri. Dengan saingan yang sangat banyak, nggak ada salahnya kamu mempertimbangkan kuliah di 5 universitas terbaik di rusia dengan beasiswa, apalagi untuk jenjang S1. Nggak sedikit ilmuwan ternama dunia lulus dari universitas rusia berikut ini.

 

Lomonosov Moscow State University

Lomonosov Moscow University (Foto: Lomonov Moscow Univeristy)

Lomonosov Moscow State University adalah universitas nomor satu di Rusia. Bahkan, gedung utamanya dinobatkan sebagai gedung tertinggi di dunia. Jurusan paling favorit adalah linguistik, matematika, fisika, dan astronomi. Ternyata, empat jurusan itu masuk dalam jajaran ranking dunia lho. Bayangkan betapa prestisiusnya kuliah di sini. Sayangnya, biaya hidup di Moscow terkenal mahal. Tapi, kamu bisa mencari beasiswa yang juga memberikan fasilitas asrama gratis. Wouldn’t it be great?

 

Saint-Petersburg State University

Saint-Petersburg State University (Foto: goodfreephotos)

Universitas terbaik kedua di rusia ini merupakan anggota Coimbra Group, yayasan yang menaungi universitas-universitas terbaik dan berstandar internasional di Eropa. Saint-Petersburg State University ini juga sudah mendapat akreditasi dari UNESCO dan WHO. Selain itu, universitas ini memberikan jaminan kualitas akademik, khususnya untuk jurusan teknik mineral & pertambangan, linguistik, matematika, filsafat, bahasa modern, dan sejarah. Jurusan linguistiknya menduduki peringkat Top 100 dunia diikuti jurusan sejarah dan arkeologi. Yang terpenting, biaya pendidikan dan living cost di sini jauh lebih murah daripada di Eropa Barat, seperti Paris, Frankfurt, dan London.

 

Novosibirsk State University

Novosibirsk State University (Foto: nstu.ru)

Universitas yang berdiri sejak 1959 ini terletak di Akademgorodok, tepatnya 20 km dari Kota Novosibirsk. Akademgorodok menjadi pusat penelitian yang terkenal di dunia lho. Jurusan favorit di universitas terbaik ke-3 di rusia ini adalah fisika, astronomi, dan matematika. Setelah lulus, kamu dipastikan langsung mendapat gelar specialis setelah melakukan penelitian selama dua tahun. Hayo, yang pengen jadi astronot semangat belajar ya biar bisa masuk di universitas ini.

 

Bauman Moscow State Technical University

Bauman Moscow State Technical Univeristy (Foto: diginpix)

Kalau kamu pengen masuk jurusan teknik, kamu bisa pilih Universitas Negeri Bauman Moscow. Sebab, universitas ini memang unggul di bidang teknik dan ilmu terapan. Bauman Moscow State Technical University menawarkan akomodasi gratis setiap tahun kepada para mahasiswa. Selain itu, universitas ini juga menuntut mahasiswanya untuk memiliki jiwa sosial dan empati tinggi. Oleh karena itu, Bauman Moscow State Technical University terkenal dengan sistem pengajaran yang sangat baik, khususnya kepada penyandang disabilitas.

 

Moscow State Institute of International Relation (MGIMO University)

 Moscow State Institute of Internastional Relation (Foto: scandaly.ru)

Universitas yang satu ini cocok banget buat kamu yang pengen masuk jurusan hubungan internasional. Sebab, MGIMO University unggul dalam ilmu hukum dan hubungan diplomatik. Di sini, kamu juga akan mendapat link yang luas dan lingkungan sosialnya sehat. Sehingga, kamu nggak perlu takut sulit membaur. Universitas ini sama sekali nggak mengenal senioritas. Mereka saling bekerja sama menebarkan hal-hal positif.

 

Tips Berburu beasiswa di Rusia

Secara umum, biaya pendidikan dan biaya hidup di rusia memang tinggi. Tapi, sebenarnya banyak beasiswa yang ditawarkan. Salah satunya lewat situs RUSIA.STUDY dari pemerintah. Sebanyak 207 dari sekitar 900 lembaga pendidikan tinggi di rusia telah dipilih untuk berpartisipasi. Jangan khawatir, beasiswa dibuka mulai jenjang S1, S2, sampai spesialis kok. Jangan khawatir nggak bisa bahasa Rusia! Sebelum masuk kuliah, kamu juga akan dibekali program bahasa rusia di Fakultas Pengantar Bahasa selama satu tahun gratis. Seleksi tahap pertama akan dibuka Maret mendatang. Berikut step-step nya, Are you ready?

Step 1

Kamu bisa membuka situs Studyinrussia.ru untuk mencari  informasi dan memilih univeristas yang membuka program kelas beasiswa.

Step 2

Hubungi operator dari beberapa instansi terkait yang ada di kotamu untuk mencari informasi kesediaan program studi yang berbeasiswa dan tempat tinggal disana.

Step 3

Mulai lakukan pendaftaran dengan membuka website http://russia.study . Ikuti instruksi nya untuk pengisian biodata selengkap-lengkapnya. Setelah itu kamu dapat memiliih 6 universitas  yang ingin kamu ingin tuju. Tapi kamu tidak boleh memilih lebih dari 3, jika kamu ingin masuk ke universitas salah satunya konstitusi pemerintahan yang ada St.Petersburg maka kamu itu di jadikan pilihan pertama dan kamu memilih 2 univeristas lagi sebagai cadangan kamu.  Oh ya jangan lupa pastikan passport kamu tidak habis masa berlakunya atau fotokopi akta kelahiran dan dokumen penting lainnya  seperti ijazah, seluruh sertifikat yang kamu punya dan at last jangan lupa klik submit ya !

Step 4

Setelah proses administrasi selesai, giliran kamu menunggu undangan. Jika kamu memenuhi kualifikasi maka kamu akan di hubungi melalui email . Jadi  jangan sampai salah ya kamu masukin emailnya saat step 3 tadi. Pada tahap ini kamu di undang untuk mengikuti seleksi berikutnya yaitu interview, psikotest, dan tes mata pelajaran lainnya.

Step 5

Tahapan yang cukup menegangkan. Yaps! Pada tahapan ini kamu di instruksikan untuk mencari nama kamu yang sudah di publish pada website resmi Russia.study dan jangan lupa reply emailnya ya jika kamu lolos karena itu sebagai jawaban kamu bersedia menerima beasiswaa tersebut. Satu lagi jangan gugup duluan ya karena kamu ngerasa belum menguasai bahasa rusia karena nanti kamu akan mendapatkan pelatihan pengatar bahasa rusia selama setahun gratis.

Step 6

Di bagian ini pasti akan ada tangis haru bahagia. Karena pada tahapan ini sudah dapat di pastikan kamu lolos dan menjadi kandidat yang akan mendapatkan beasiswa.  Sebelum berangkat ke rusia kamu harus melakukan medical check-up, memastikan bahwa kamu terhindar dari Narkoba & HIV Aids dan submit di http://russia.study. Setelah tahap pendaftaran sudah ok kamu akan mendapatkan ID untuk bisa mengakses informasi data pada link http://Russia-edu.ru

Step 7

Kamu hanya tinggal menunggu kabar & balasan dari pihak kampus yang kamu tuju dan di berikan instruksi tahapan selanjutnya .

 

Editor: Ratri Anugrah

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article