Panduan Persiapan Menjelajah Gua untuk Pemula
| 21 comments
Sosok Ega Dyanta. Foto: Dok. Pribadi

 

Zetizen.com - Masa muda bakal asik kalau diisi dengan petualangan alam yang seru. Nggak terkecuali buat menjelajah gua. Nah, buat kamu yang pemula, menjelajah gua jelas nggak bisa sembarangan dilakukan. Simak nih tips dari Ega Dyanta, aktivis pecinta alam dari STIE Nasional Banjarmasin mengenai segala persiapan yang dibutuhkan! 

 

Persiapan Fisik dan Mental

Panjang sebuah gua bisa beberapa kilometer, dengan trek berat karena melalui beragam elemen. Seperti tanah, pasir, lumpur, batu, hingga air. Makanya, buat pemula, hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah fisik. Coba jogging, push-up, dan perokok wajib mengurangi konsumsi rokok. Lakukan persiapan ini sekitar satu bulan sebelum menjelajah.

Persiapan mental juga nggak ketinggalan. Yakinkan diri kalau kamu emang siap dan berani meskipun pemula! Jangan sampai gentar di tengah jalan, kaget sama gelapnya gua, mendadak claustrophobic, atau kemungkinan buruk lainnya bakal terjadi.

“Selain penguasaan teknik penelusuran, siapkan juga mental sebelum menjelajah buat meminimalisir adanya human error. Bentuk juga kerjasama tim yang solid,” jelas Ega.

 

Kenali Rintangan Tiap Gua

Ternyata, mempersiapkan diri itu nggak cukup, guys. Percuma juga jika fisik ‘siap tempur’ tapi nggak paham kondisi medan. Makanya, Ega pun menekankan untuk cari referensi tentang seluk beluk gua yang akan dijelajah.

“Pahami kondisi sekitar gua. Mulai dari dalam gua hingga kondisi luar, seperti cuaca. Perkaya juga informasi mendetail tentang gua, misalnya lewat peta gua itu. Ada baiknya juga kalau berkenalan dengan penduduk sekitar gua sebelumnya, karena bisa-bisa mereka bakal membantu di kala ada kesulitan,” tungkasnya.

Jangan lupa perhatiin biota di dalam gua, ya! Walaupun gua itu tempat yang gelap dan menyeramkan, bukan berarti nggak ada makhluk hidup yang tinggal di sana.

“Waspadai juga biota-biota berbahaya yang tinggal dalam gua. Biasanya yang patut diwaspadai itu ular, dan guano (kotoran kelelawar, red) yang bisa beracun apabila terhirup napas," pesan Ega.   

 

Equipment yang Dibutuhkan

Mustahil menjelajahi gua dengan tangan kosong. Makanya, buat keamanan diri sendiri dan alam, kita harus membekali diri dengan personal equipment yang memenuhi standar. Yaitu:

- Helm Speleo

- Headlamp

- Coverall

- Sarung Tangan

- Sepatu Boot

- Masker (jika perlu)

 

Semua Bakal Terbayar

Credit: Beautiful Views

 

Buat kaum pecinta alam, emang nggak ada yang menandingi keindahan alam hasil ukiran Tuhan Yang Maha Esa. Begitu pun dengan gua yang meski berselimut gelap dan seram, tapi tetap punya pemandangan keren yang bikin amazed. So, kesulitan melewati trek gua akan terbayar deh sama keindahannya!

“Adalah suatu kepuasan bagi seorang penelusur gua bila lampu yang dibawanya merupakan sinar pertama yang mengungkapkan sebuah pemandangan menakjubkan bawah tanah”

-Norman Edwin, penjelajah legendaris Indonesia.

 

 Editor: Vera Khair

Alya Hardian Nizhar
Alya Hardian Nizhar, 18
Banten
1300 poin
joined 20 minutes ago
Abdi Permana
Abdi Permana, 14
Banten
4600 poin
joined 27 minutes ago