Are You a Zetizen?
Show Menu

Cara Ampuh Menagih Utang ke Teman

Cara Ampuh Menagih Utang ke Teman

Zetizen.com - Hmm, kalian punya teman yang sering meminjam uang alias ngutang? Well, jika dibiarkan terus menerus, hal ini akan menjadi kebiasaan yang merugikan orang lain. Nah, untuk mengingatkan teman yang suka ngutang, sekaligus menghindarinya, ikuti beberapa tips berikut, ya!

 

Editor's Note:  Beda cerita kalau temanmu memang memiliki masalah finansial, ya.

 

Ingetin terus biar nggak lupa. (Foto: Quote Addicts)

 

Beri Pengertian

Cara pertama untuk menagih utang tentu dengan berbicara baik-baik. Ketika menagih, perhatikan tata bahasamu dan gunakan kata-kata yang nggak menyinggung perasaannya. Jelaskan pula alasan mengapa kamu butuh ia untuk segera mengembalikan uangmu. 

Contohnya, "Hai X, aku belum punya cukup uang untuk beli buku LKS di koperasi. Boleh kamu kembalikan uangku yang kamu pinjam minggu lalu?"

Dengan begitu, biasanya si peminjam uang akan merasa nggak enak dan segera mengembalikan uangmu.

 

Kurangi Bergaul Dengannya

Sekali, dua kali, tiga kali, Si X alias 'teman tukang ngutang' meminjam uangmu, mungkin nggak masalah. Tapi, kalau udah terlalu sering dan dia lupa mengembalikan... Wah, jengkelin banget, kan? Daripada terus-terusan diutangi, lebih baik kamu menjauh atau keluar dari circle pergaulan dia. Setelah 'cabut' dari inner circle-nya, terserah kamu mau mengikhlaskan atau tetap menagih utang-utangnya.

Ingatkan juga teman-teman yang lain untuk waspada sama kebiasaan ngutang Si X ini. Meski begitu, jangan terkesan memojokkan dia, ya, guys. Hal ini kamu lakukan agar Si X nggak bisa seenaknya lagi mengandalkan orang lain untuk meminjam uang.

 

Manfaatkan Reminder di Smartphone

Si X mampu beli kuota internet tapi selalu lupa bayar utang? Duh, aneh! Kalau memungkinkan, minta dia buat catatan penting di aplikasi reminder ponselnya setiap dia ngutang. Tentukan deadline kapan dia harus melunasi utangnya, sesuai kesepakatan bersama agar dia gak mengelak lagi kalau ditagih.

Kamu pun nggak perlu bingung saat harus menagihnya. Toh, dia juga udah tahu deadline pembayaran utang yang ada di reminder ponselnya. 

 

Kasih Syarat

Cara ini cocok untuk kamu yang 'nggak enakan' untuk menagih utang terus-terusan. Supaya kedua pihak 'untung', bikin perjanjian dengan minta jaminan ketika dia meminjam uang! Misalkan, jika ia telat membayar utangnya, bikin perjanjian kalau dia harus membolehkanmu main PS di rumahnya sampai game tamat. Atau, kalau Si X playboy kelas kakap, minta ia ajari kamu main gitar demi merayu cewek idaman. Gimana, lumayan kan?

 

 

Edited by Mesha Mediani

RELATED ARTICLES

Please read the following article