Are You a Zetizen?
Show Menu

Jenis Tanaman Indoor yang Cocok Buat Tiap Ruangan di Rumah Kamu

Fahri Syadia Fahri Syadia 28 Nov 2016
 Jenis Tanaman Indoor yang Cocok Buat Tiap Ruangan di Rumah Kamu

 

Zetizen.com - Menyadari pentingnya pohon, tiap tanggal 28 November diperingati sebagai Hari Menanam Pohon Nasional yang digagas oleh Kementrian Kehutanan Indonesia. Untuk menyambutnya, kita nggak perlu jauh-jauh ke hutan kok. Indoor plants atau tanaman di dalam rumah bisa jadi alternatif. Nggak susah kok. Simak 5 rekomendasi indoor plant buat masing-masing spot rumahmu.

 

 

Teras Rumah

Lidah Buaya (Aloe Vera)

Aloe vera (foto: Almanac)

Nah karena berada di ruang semi terbuka, teras ini adalah ruang yang cocok buat tanaman yang butuh banyak cahaya matahari. Salah satunya adalah tumbuhan lidah buaya. FYI, lidah buaya ini punya kemampuan buat menyerap racun dan radiasi loh! So, polusi nggak akan masuk ke dalam rumah.

Cara merawat: Letakkan di tempat yang banyak cahaya matahari. Jika sedang musim panas, tidak apa-apa diletakkan di dalam ruangan. Tidak butuh banyak air, siram kalau air sudah meresap 2,5 cm ke dalam lapisan tanahnya saja.

 

 

 

Ruang Tamu

Peace Lily

Bisa berbunga (foto: My City Plants)

Ruang tamu ini biasa jadi tempat berkumpul tamu dan keluarga. Makanya, estetika tanaman juga jadi nilai plus di ruangan ini. Coba tempatkan peace lily dan tanaman dekorasi lainnya. Selain cantik, lily juga berfungsi menghilangkan racun.

Cara merawat: Hindarkan dari sinar matahari langsung, nyaman di suhu ruangan. Idealnya cukup sirami ±  seminggu sekali. Apabila ada daun atau bunga gugur, itu tandanya lily sedang dehidrasi so sirami segera.

 

 

 

Kamar Tidur

Snake Plant/Lidah Mertua (Sansiviera)

Snake plant mini. (foto: Plant Depot)

Ngaku deh, jendela kamar tidur kamu pasti jarang dibuka karena udah ada AC. Meski AC udah bikin seger, penggunaanya sangat boros energi loh. Tanaman Snake plant ini juga bisa menyejukkan kok. Sebab, snake plant mengeluarkan oksigen di malam hari (tumbuhan lain biasanya siang hari). Jadi, kamu bisa menghirup udara segar saat tidur.

Cara merawat: Sangat sederhana karena nggak butuh banyak air maupun cahaya matahari yang spesifik. Siram saat udah bener-bener kering, suhu ruangan ideal 27-29ºC.

 

 

 

Kamar Mandi

Ivy 

Ivy dalam pot. (foto: Pinterest)

Kamar mandi ini biasa jadi tempat paling lembab di rumah. Selain itu, ventilasi dan cahaya matahari di kamar mandi biasanya minim. Makanya, tanaman ivy lah yang paling cocok diletakkan di sini. Nggak cuma itu, ivy juga bisa menyerap bau racun dari feses kita loh!

Cara merawat: Letakkan pada rak atau gantung di keranjang. Hindarkan dari sinar matahari langsung, pertahankan suhu dingin (10-18ºC) dan lembab.

 

 

Sumber: Huffington Post, HGTV, Natural Living Ideas

Editor: wika

RELATED ARTICLES

Please read the following article