Are You a Zetizen?
Show Menu

8 Manfaat Sarung untuk Traveling

Fahri Syadia Fahri Syadia 26 Nov 2016
8 Manfaat Sarung untuk Traveling

Zetizen.com - Sarung emang identik sama kegiatan domestik sehari-hari, kayak menjadi pakaian adat tertentu, atau juga atribut buat ibadah. Tapi jangan salah.. kalau bisa manfaatin dengan benar, Sarung itu useful saat traveling loh! Misalnya digunakan menjadi 8 hal berikut.

 

1. Beach Mat

Sarung bisa dijadikan alas berjemur yang mudah dibawa (foto:  The Planet D)

Kalau pantai jadi destinasi wisatamu, kamu salah kalau nggak bawa sarung. Pasalnya, Sarung itu adalah beach mate yang sempurna dan multifungsi banget. Yap, Sarung bisa digunakan mulai buat sekedar alas di pantai, atau juga sebagai kain yang bisa meng-cover tubuh kita dari sengatan matahari terbuka. Bahkan dipakai jadi headband buat melindungi kepala dari panas bisa juga loh!

 

 

2. Scarf yang Menghangatkan

Bisa dipakai sambil hiking. (Foto: The Longway South)

Pernah merhatiin satpam di rumah kamu saat begadang? Apalagi atribut wajib yang selalu mereka bawa kalau bukan sarung. Sarung ini emang nggak diragukan lagi sebagai pengganti selimut yang nggak ribet. Pantes saat camping, Sarung juga jadi atriut favorit saat menikmati api unggun maupun saat jelajah malam. Bahkan sampai keluar kata-kata, kalau aura yang dipunyai Sarung itu bikin doi lebih hangat dari selimut sekali pun!

 

 

3. Tas Antiribet

Cara mengikatnya. (foto: Tumblr)

Sarung juga bisa digunakan sebagai tas jinjing yang nggak ribet dan stylish karena motifnya yang beragam. Nah, memanfaatkan bentuk segiempat, kamu hanya perlu mengikat bagian ujung Sarung untuk menjadikannya sebuah tas. So, saat akan pulang setelah berlibur dan kamu butuh tas tambahan, Sarung bisa jadi solusinya.

 

 

 

4. Fungsional buat Balita atau Bayi

Digendong dengan sarung. (foto: Buycoin)

Kalau kamu akan traveling sama keluarga dan anggota keluargamu ada yang masih balita atau bahkan bayi, pertimbangkan bener-bener buat membawa sarung. Nggak cuma buat ibadah, Sarung juga bisa jadi kain yang fungsional banget buat keperluan bayi-bayi itu. Misal sebagai alas mereka tidur, menyelimuti di dalam mobil, bahkan bisa juga dipakai buat pengganti selendang buat menggendong! Lumayan kan bisa bikin mereka nggak rewel juga, traveling pun tenang.

 

 

5. Atribut Saat Berkunjung ke Tempat Sakral

Foto: Walk with Cham

Ada yang pernah berkunjung ke Candi Borobudur, salah satu kekayaan heritage Indonesia yang terletak di Yogyakarta? Nah saat ke sana, setiap wisatawan diwajibkan memakai sarung. Untungnya petugas di Borobudur udah menyediakan Sarung khusus bagi tiap pengunjungnya. Nah siapa tahu tuh kalau ada tempat lain yang sama sakralnya tapi mungkin nggak menyewakan Sarung khusus, kita patutu inisiatif bawa karena Sarung adalah atribut yang menunjukkan respect-mu juga.

 

 

6. Handuk Cepat Kering 

(foto: Glamorous)

Selain buat handband yang cocok buat outfit pantai. Nah, setelah main air di pantai, Sarung juga bisa berfungsi sebagai handuk. Selain bisa menutupi seluruh bagian tubuh secara merata, handuk dari Sarung akan lebih mudah kering. Sehingga kamu nggak perlu repot menjemurnya. Selain itu Sarung bisa juga jadi scarf yang bernilai fashion oke, plus fungsional pula buat melindungi dari udara dingin.

 

 

 

7. Pembungkus Laptop di Dalam Koper

Siapkan Sarung saat packing (foto: poshmark)

Saat packing, Sarung juga bisa bermanfaat untuk melindungi benda-benda penting di koper kamu dari benturan. Misalnya, laptop, dan kamera. Case laptop dan tas kamera kadang masih menyisakan ruang kosong, sehingga jika kamu taruh di bagasi, rawan banget terguncang dan terbentur. Makanya, bungkus dengan Sarung agar nggak berbenturan terlalu keras.

 

 

 

8. Bantal Darurat

 (foto: Content Ed Travel)

Nah, ini nih salah satu fungsi bawa Sarung kemana-mana. Kamu nggak perlu repot buat nyari bantal saat akan tidur di kendaraan. Caranya, lipat Sarung kamu beberapa kali Atau, bisa juga kamu lilitkan seperti memakai scarf. Nah, posisikan Sarung senyaman mungkin.

 

 

 

Source: World Wide Insure, Backpacking List
Editor: Wika 

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article