Are You a Zetizen?
Show Menu

Barcelona dan Real Madrid Bersaing Bangun Stadion, Mana yang Lebih Keren?

Mesha Mediani Mesha Mediani 20 Oct 2016
Barcelona dan Real Madrid Bersaing Bangun Stadion, Mana yang Lebih Keren?

Zetizen.com - Selama ini, real madrid dan barcelona FC terkenal sebagai musuh bebuyutan. Bahkan, pertandingan dua raksasa sepak bola Spanyol itu punya julukan sendiri, yakni El Clasico. Tetapi, persaingan Barca-Madrid nggak cuma di lapangan aja, lho. Saat ini, mereka sedang berlomba-lomba merenovasi stadionnya biar lebih megah! Yup, desain renovasi stadion dan budget yang disiapkan sudah dirilis. Kira-kira, siapa yang lebih unggul ya? (dailymail/worldsoccer/fhr/msh)

 

Barcelona

Di kota Barcelona, Spanyol terdapat salah satu stadion terbesar di Eropa, Camp Nou. stadion tersebut mampu menampung hingga 99.000 ­­­­­Barcelonista - julukan fans barcelona FC. Sejak tahun 1957, stadion ini sudah menjadi basecamp barcelona FC. Nggak puas sampai di situ, manajemen barcelona FC menyiapkan dana hingga 600 juta Euro untuk merenovasi stadion kebanggaannya.

 

Stadion Camp Nou, Barcelona, Spanyol. Credit: Youtube

 

Telebih, klub basket lokal Kota Barcelona, Espai Barca bakal join dan menjadikan camp nou homebase mereka. So, wajar saja kalau dana yang dibutuhkan membengkak. Anggaran yang besar diperlukan untuk perluasan ruangan atlit dan pembangunan lapangan basket. Manajemen barcelona FC juga akan menambah kapasitas tribun dari yang sebelumnya 98.000 menjadi 105.000. Waduh, fans bola dan fans basket bakal berada di satu stadion, nih! camp nou pasti penuh sesak! Selain itu, major development lainnya akan dilakukan pada eksterior stadion. Desain eksterior dipercantik dengan sentuhan minimalis-modern. Keren! Rencananya, renovasi akan dimulai akhir musim depan, Juni 2017 dan ditargetkan selesai pada 2021.

 

Real Madrid

Real Madrid jelas nggak mau kalah. Mereka juga punya stadion basecamp Santiago Bernabéu di Madrid, Spanyol. Dana sebesar 400 juta Euro disiapkan oleh sang presiden, Florentino Perez dan dibantu sponsor utama dari Uni Emirat Arab. Hanya saja, nama stadion Santiago Bernabéu kemungkinan akan ditambah embel-embel ‘Santiago Bernabéu IPIC’ atau ‘Santiago Bernabéu Cespa’. Nah, salah satu major development pada Bernabéu ini terletak pada atapnya. Atap yang dapat dibuka-tutup, atau retractable roof akan menaungi stadion Bernabéu. Sehingga, lighting yang cantik dapat dimainkan setiap pembukaan pertandingan. Wah, seperti konser megah!

 

Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol. Credit: aasarchitecture

 

Dari segi kapasitas, Bernabeu ‘hanya’ bakal merenovasi tribun yang sudah lama aja. So, nggak bakal ada penambahan kapasitas. Tapi jangan kecewa dulu, karena real madrid FC berencana membangun museum di dalam Bernabeu sebagai tempat yang memamerkan prestasi-prestasi klub perengkuh trofi Liga Champions terbanyak. Para Madridista bakal silau, nih! Renovasi Bernabeu bakal dimulai Mei 2017 dan ditargetkan selesai tahun 2020.

 

So far, stadion mana yang lebih keren? Camp Nou? Atau Bernabeu?

RELATED ARTICLES

Please read the following article