Are You a Zetizen?
Show Menu

Kamu Harus Tahu Ciri-Ciri Gadget Refurbish Berkualitas

Zetizen Zetizen 10 Oct 2016
Kamu Harus Tahu Ciri-Ciri Gadget Refurbish Berkualitas

 

Zetizen.com - gadget refurbish atau biasa kita kenal gadget rekondisi  dengan harga miring memang menggiurkan. Tapi biar nggak nyesel dan ngerasa salah beli, ada baiknya kamu mengetahui ciri-ciri penting yang menandakan kualitas gadget sebelum membelinya. Yuk, simak! (moneysavingexpert)

 

Keterangan “Certified Refurbish” Asli dari Produsen

Cek kondisi barang itu perlu. Tapi yang lebih penting lagi adalah mendapatkan refurbish berkualitas. Biasanya, produsen resmi juga mengeluarkan barang versi refurbish 2-3 bulan setelah gadget dirilis. Refurbish resmi dari pabrik memberikan label sertifikasi refurbish atau certified refurbish pada kemasannya. Kamu juga dapat mengetahui rekam jejak dan silsilahnya lewat mengecek ke situs resminya. 

Barang refurbish dari pabrik bisa menjadi pilihan terbaik karena pabrik telah menjamin rekondisi gadget telah melewati standar tinggi. Kamu bisa mendapatkannya melalui distributor resmi maupun toko gadget yang merupakan authorized seller. Misalnya, produk refurbish Apple biasanya terdapat tulisan Apple Certified Pre-Owned di dalam boks biar nggak keliru dengan barang baru maupun barang bejas pakai.

 

Versi Retail Dikategorikan dalam Grade

Nah, jika barang refurbish tersebut berasal dari retail,  mereka akan menjual barang refurbish berdasarkan kategori kualitas gadget yang dinamakan "grade". Pastikan kamu mengetahui ciri-ciri grade gadget refurbish yang kamu inginkan sebagai berikut.

Grade A 

Ciri-ciri: Terlihat layaknya gadget baru, namun memiliki tanda-tanda  bekas pakai atau bekas handling dari pabrik. Relatif mulus dan dijual lengkap bersama aksesoris asli plus buku manual. 

Grade B 

Ciri-ciri : Bodi relatif mulus, tapi terdapat beberapa goresan, retakan atau kerusakan lainnya akibat proses shipping ke distributor/retailer. Terjual lengkap dengan aksesoris asli, minus buku panduan. 

Grade C

Ciri-ciri : Tampak bekas penggunaan, dan sedikit lecet ringan. Biasanya dijual hanya perangkat telpon aja tanpa aksesoris asli.  Ada juga yang menjualnya bersama aksesoris yang nggak ori. 

 

Ada Garansi Yang Jelas dan Terjamin

Garansi tersebut nggak selama seperti garansi barang baru. Paling lama, garansi gadget refurbish berlaku sekitar 6 bulan hingga satu tahun. Yang terpenting,  garansi itu bisa menjamin servis secara nasional maupun internasional. 

Kamu perlu berhati-hati dengan garansi yang ditawarkan oleh retailer yang kurang informasi kejelasannya. Makanya, kamu harus mendapatkan informasi jelas tentang masa garansi dan jenis servis yang mereka berikan.  Masa garansi mereka mungkin lebih panjang ketimbang garansi resmi untuk gadget refurbish yang dikeluarkan oleh pabrik.  Jangan terkecoh juga dengan lamanya garansi yang diberikan.  Terkadang, lamanya masa garansi tersebut juga merupakan pertanda bahwa gadget yang kamu beli berkualitas rendah.

 

Penulis: Devi Nindy || Editor: Vera Khair

RELATED ARTICLES

Please read the following article