Are You a Zetizen?
Show Menu

Ketahui Perasaan Seseorang dengan EQ-Radio

Zetizen Zetizen 01 Oct 2016
Ketahui Perasaan Seseorang dengan EQ-Radio

 

 

Zetizen.com - Gimana jadinya kalau kita punya alat yang bisa nebak perasaan seseorang? Well, alat canggih bernama EQ-Radio dengan kemampuan tersebut berhasil diciptakan ilmuwan dari laboratorium Computer Science and Artificial Intelligence (CSAIL) Massachusetts Institute of Technology di Cambridge, Amerika Serikat, loh. Sebelum diluncurkan ke publik, yuk, simak cara kerjanya! Psst.. bisa buat nebak perasaan Gebetan yang moody, nih! (daily tech/themittech/dhs/ver)

 

Deteksi Perasaan Lewat Detak Jantung

EQ Radio bekerja dengan memantulkan sinyal nirkabel seperti WiFi ke tubuh. Kemudian, sinyal yang terpantul bakal merekam perubahan yang terjadi pada ritme jantung dan napas. Jadi, kalian nggak perlu repot-repot nebak raut wajah Gebetan ketika ngambek, marah atau sedih. Karena cukup melihat ritme detak jantungnya pada alat ini. Dan setelah diuji, tingkat akurasinya mencapai 87 persen loh.

 

Tingkat Akurasi Tinggi

Untuk membaca data dan mengetahui hasilnya, kamu cukup lihat pola gelombang jantung. Jika rendah, berarti si doi lagi sedih. Sedangkan jika gelombangnya tinggi setelah melakukan pola kegiatan fisik, berarti doi lagi sangat bersemangat. Karena EQ-Radio akan mengumpulkan beragam pola sinyal dari detak jantung yang terpantul dari setiap aktivitas.  Kemungkinan hasil deteksi salah pun kecil, karena alat ini dapat mengukur detak jantung yang tingkat akurasinya sama dengan monitor ECG. Yakni dengan margin error 0,3 persen.

 

EQ Radio juga mempunyai fitur keamanan privasi pengguna. Credit: engadget

 

Ketahui Hal yang Disukai Seseorang

Karena bisa mengetahui perasaan seseorang, EQ-Radio juga membantu kita mengetahui hal-hal yang disukai seseoranf. Misalnya, lagu favorit, buku bacaan kesukaan, dan hal-hal yang disuka lainnya. Caranya, kamu cukup memberi beberapa pilihan lagu, buku, atau hadiah dan ketahui gelombang jantung yang timbul di EQ-Radio. Bahkan, kalian juga bisa mengetahui apakah pacar kalian benar-benar tulus cinta kalian atau nggak. Wih!

 

Tetap Jaga Privasi Pengguna

Karena mengkhawatirkan aspek privasi pengguna, para peneliti memberi fitur tambahan untuk menjaga keamanan privasi. Ketika pengguna enggan menggunakan alat ini, maka informasi pun nggak akan diungkap.

"Kami juga menambahkan mekanisme tambahan agar alat ini bisa mengetahui apakah pemilik setuju untuk diketahui perasaannya atau tidak. Jadi, ketika alat ini meminta seseorang tarik napas tiga kali dan orang itu tak menurutinya maka alat ini secara otomatis tidak bisa mengetahui perasaan orang tersebut," ujar Mingmin Zhao, salah satu mahasiswa yang ikut meneliti di CSAIL dilansir dari The MIT Tech.

Meskipun belum dirilis ke publik, EQ Radio cukup menarik perhatian masyarakat. Anyway, teknologi alat ini emang cocok buat kamu yang hobi nebak perasaan orang, ya? #eh

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article