Are You a Zetizen?
Show Menu

Kenapa Hari Media Sosial Harus Diperingati?

Zetizen Zetizen 30 Jun 2016
Kenapa Hari Media Sosial Harus Diperingati?

 

Zetizen.com – Awalnya, media sosial cuma dimanfaatkan sebagai sumber informasi dan komunikasi. Seiring berjalannya waktu, pemanfaatannya mengalami perubahan dan secara nggak langsung mengubah lifestyle kita. Saking pentingnya, seluruh dunia pun memperingati 30 Juni sebagai Hari Media Sosial. Sebenernya, apa aja sih peran media sosial buat kehidupan sekarang? (dhs/rat)

 

Sumber Informasi Paling Update

Meskipun kita bisa dapet informasi dari media lain, media sosial tetap dianggap paling update, guys. Sebab, lewat media sosial, kita nggak cuma bisa mengakses semua informasi, tapi juga berita yang baru saja terjadi. ‘‘Aku tahu kalau kemarin ada bom di Turki aja dari Twitter. Intinya, media sosial itu lebih mudah diakses sama semua orang,’’ ujar Irine Liany, Zetizen asal Balikpapan.

 

Memudahkan Berkarya dan Berbisnis

Media sosial juga dianggap penting bagi para pelaku industri kreatif dan enterpreneur. Pemasaran dan branding adalah hal penting bagi mereka. Kehadiran media sosial sangat membantu dalam hal itu. Manfaat ini juga sangat dirasakan masyarakat zaman sekarang yang suka bertransaksi via online. Misalnya, Kevin Arya Prawara, Zetizen asal Jakarta. ‘‘Media sosial ngebantu banget, apalagi kalau cari barang-barang langka atau produk yang terbatas,’’ ujar Zetizen yang bersekolah di SMAN 82 Jakarta itu.

 

Eksistensi dan Popularitas

Secara nggak langsung, media sosial dijadikan media penunjang eksistensi dan popularitas. Kadar prestige seseorang diukur dari seberapa eksis dia di media sosial. Bener nggak tuh? Lihat aja Karin Novilda a.k.a awkarin atau Rachel Vennya yang semakin hit karena postingan mereka di media sosial. Ayu Rezalina, Zetizen asal Surabaya, setuju banget sama poin ini loh. ‘‘Sekarang mah seleb di TV udah nggak begitu populer. Yang lebih hit tuh selebgram atau selebask,’’ ujar cewek yang baru aja lulus dari SMA Ta’miriyah Surabaya itu.

RELATED ARTICLES

Please read the following article