Mengulik Perkembangan PlayStation Dari Masa Ke Masa
| 1401 views | 168 comments

 

Zetizen.com - Sony memang selalu kasih kejutan buat para gamers dengan produk andalannya, PlayStation. Pertengahan April lalu, rumor perilisan PlayStation (PS) 4,5 dengan teknologi super canggih merebak di dunia maya. Meskipun belum ditanggapi oleh sang produsen, tapi informasi ini langsung disambut positif oleh para gamers. Well, sambil siap-siap menyambut PS 4.5, simak dulu yuk perkembangan PS dari masa ke masa berikut ini. (fer/ver)

 

PlayStation 1

Seri pertama PS dirilis pada 3 Desember 1994. Konsol dengan nama lain PSX ini begitu populer saat awal-awal kemunculannya. PSX juga menjadi angin segar bagi anak-anak untuk memainkan game dalam bentuk virtual. Jika diingat, beberapa game yang jadi favorit ialah Crash Bandicoot, Tekken, Wining Eleven, Resident Evil dan beberapa game lainnya. Berasa nostalgia, ya? Meskipun nampak kuno, tapi feel dari game di seri ini tetap punya ciri khas tersendiri lho.

 

PlayStation 2

PlayStation 2 merupakan perkembangan dari PS 1 yang tidak kalah populer saat awal kemunculannya. Grafis yang lebih nyata serta game yang lebih banyak membuat PS 1 mulai tersisih oleh kehadiran PS ini. Buktinya, lebih dari 90 juta unit terjual d pasaran. PS 2 sendiri dirilis di Jepang pada 4 Maret 2000. Beberapa game yang menjadi andalan dari PS 2 diantaranya Grand Thaft Auto : San Andreas, Bully dan The Sims 2.

 

PlayStation 3

Enam tahun setelahnya, PS seri ketiga dirilis di Jepang. Tepat pada 11 Desember 2006, konsol game Sony ini lahir sebagai saingan dari Xbox 360 dari Microsoft dan Wii dari Nintendo. Tampilan yang lebih nyata dalam grafis maupun game play terlihat karena penggunaan teknologi cell processor yang benar-benar dimaksimalkan untuk melakukan proses floating point. Selain penggunaan teknologi yang oke, PS 3 juga dikoneksikan dengan internet sehingga pembaharuan pilihan game bisa kamu update secara berkala.

 

PlayStation 4

Dirilis pada 15 November 2013 di Amerika Serikat, PS 4 hadir dengan prosesor tercanggih di masanya. Yaitu prosesor APU x86-64 AMD yang memberikan sensasi lebih nyata ketika bermain game. Seri ini juga dilengkapi vitur share yang terkoneksi langsung dengan beberapa media sosial.

 

Play Station 4,5

Inilah konsol game yang paling ditunggu-tunggu pecinta game saat ini. Meski Sony belum memberi keterangan apapun, namun kabarnya PS 4,5 akan rilis sebelum PS VR muncul pada Oktober 2016 mendatang. Selain kemampuan processing dan grafis yang akan lebih baik, kaset yang digunakan di PS 4 juga dapat kamu gunakan di seri yang memiliki sebutan lain PS 4 Neo ini. Canggih abis!

Alya Hardian Nizhar
Alya Hardian Nizhar, 18
Banten
1300 poin
joined 17 minutes ago
Abdi Permana
Abdi Permana, 14
Banten
4600 poin
joined 25 minutes ago