Are You a Zetizen?
Show Menu

Yuk Intip Kerennya Sistem Pendidikan New Zealand

Zetizen Zetizen 13 May 2016
Yuk Intip Kerennya Sistem Pendidikan New Zealand

Zetizen.com – Nggak cuma terkenal dengan alam dan culture-nya yang extravagant, New Zealand juga punya sistem pendidikan yang keren loh. Di sini, setiap anak berhak mendapat pendidikan bahkan sejak masih berusia dua tahun. Lembaga pendidikan New Zealand membagi sistem pendidikan anak di negaranya kedalam 5 tahap pendidikan. Yakni mulai dari Early Childhood, Primary, Intermediate, Secondary sampai Higher Education. (studyinnewzealand.govt/giv)

Early Childhood (2 – 4 tahun)

(foto:teara.govt)

Di New Zealand, masa pra sekolah adalah masa pendidikan yang penting. Makanya, banyak institusi yang menawarkan pendidikan pra sekolah. Kayak playgroups, play centre, jasa perawatan rumah, taman kanak-kanak sampai kōhanga reo (pusat belajar bahasa Māori). Fokusnya adalah membuat anak jadi aktif dan senang belajar sambil bermain.

 

Primary (5 – 10 tahun)

(foto:newzealandnow)

Jenjang pendidikan selanjutnya disebut Primary Education. Kalau di Indonesia, kira kira setingkat dengan tingkatan SD, hanya lebih singkat. Di tahap ini, ada tujuh pelajaran utama. Yakni Bahasa Inggris, Matematika dan Statistik, Sains, teknologi, Ilmu Sosial, Seni dan pelajaran kesehatan. Di dua tahun terakhir, ada juga pelajaran bahasa asing.

 

Intermediate (11 – 12 tahun)

Uniknya, selepas menyelesaikan Primary School, pelajar di New Zealand bisa mengambil Intermediate Education di wilayah yang menyediakan. Fungsinya adalah menjembatani ilmu dari Primary School ke jenjang pendidikan tinggi di atasnya. Kira kira, ini setingkat SMP kalau di Indonesia.

 

Secondary (13 – 18 tahun)

(foto:newzealandnow)

Nah, memasuki Secondary School, pelajar New Zealand mulai diarahkan untuk mengambil subject atau mata pelajaran yang mereka senangi. Rata rata pelajar Secondary School di sana mengambil 5 subject tiap tahun. Kerennya, seluruh pendidikan di tingkat ini udah disertifikasi lewat National Certificate of Educational Achievement (NCEA) yang diterima secara internasional. Itu berarti, kamu yang lulus dari Secondary School di New Zealand bisa diterima di hampir seluruh pendidikan tinggi dunia yang memerlukan sertifikat kelulusan dari institusi pendidikan setingkat pendidikan tersier atau setingkat SMA kalau di Indonesia. Ohiya, New Zealand juga punya 60 Secondary School yang menggunakan Ujian Internasional Cambridge dan 21 sekolah lain yang menawarkan program Baccalaureate. Cool, huh?

 

Higher Education (18+ tahun)

(foto:wikipedia common)

Nah, di tingkat pendidikan tinggi, New Zealand juga punya banyak reputable school dan universitas yang menawarkan program pendidikan sampai jenjang PhD atau Doktor. Ada 8 universitas, 18 politeknik dan Institut teknologi serta hampir 600 lembaga pelatihan swasta yang tersebar di seluruh wilayah. Karena semuanya udah distandarisasi, jadi kamu yang mau kuliah di New Zealand pun nggak perlu bingung buat memilih universitas. Iya kamu bisa memilih untuk belajar dimanapun.

Naaah, keren banget kan? Penasaran nggak sih gimana rasanya culture dan kehidupan warga New Zealand yang udah ditata lewat pendidikan sebaik itu? Well, buat kamu yang penasaran pengen ke New Zealand, Yuk ikutan Zetizen New Zealand National Challenge. Cukup dengan submit aksi positifmu dan siap siap menangin hadiah liburan ke New Zealand bareng Zetizen.

RELATED ARTICLES

Please read the following article