Are You a Zetizen?
Show Menu

5 Profesi Ini Kurang Diminati, Tapi Sebenarnya Banyak Dibutuhkan

Bogiva Mirdyanto Bogiva Mirdyanto 29 Aug 2017
5 Profesi Ini Kurang Diminati, Tapi Sebenarnya Banyak Dibutuhkan

Zetizen.com - Waktu ditanya soal cita-cita, apa sih jawaban kamu? Jadi polisi? Dokter? Tentara? atau malah... Youtuber? Hmm... emang sih pekerjaan-pekerjaan mainstream kayak gitu tergolong udah punya jalur yang jelas dan juga menjanjikan.

Tapi, tahu nggak sih kamu, kalau sebenarnya, banyak juga Profesi lain yang nggak seberapa terkenal, namun sebenarnya banyak banget dibutuhin? Iya, kalau kamu nggak mau berdesak-desakan dengan ribuan pelamar kerja lain, mungkin kamu bisa nih mempertimbangkan profesi-profesi berikut buat jadi salah satu cita-citamu.

 

(foto: minipakr)

Ahli Pertanian

Indonesia itu negara agraris. Ya meski sekarang udah mulai bergerak ke arah industrialis, industri pertanian tetap jadi tonggak utama sumber pangan 250 juta lebih rakyat negara ini. That's why, ahli pertanian ini bakal selalu punya peran penting yang nggak tergantikan.

Sayangnya, di era milenial seperti sekarang, jarang banget anak muda yang bercita-cita untuk mengurus pertanian di Indonesia. Padahal, umber daya alam Indonesia di bidang pertanian begitu melimpah. Dan para ahli pertanian inilah yang bakal menjamin keberlangsungan industri tandi, ketahanan pangan dan kemampuan ekonomi kita di masa depan. 

Buat yang pengin menekuni Profesi ini, kamu bisa mendaftar di jurusan agribisnis atau pertanian yang ada di berbagai universitas di seluruh Indonesia. Beberapa yang paling terkenal misalnya di Institut Pertanian Bogor, ITB, dan banyak lainnya.

 

(foto: linkedin)

Pengelola data dan Dokumen

Nah untuk Profesi yang satu ini, kamu bisa mempelajarinya dalam prodi Ilmu Perpustakaan. Hah, perpustakaan? Well, emang mungkin jarang banget terlintas dipikiran kita kalau ingin masuk di prodi itu. Tapi jangan salah, lulusan Ilmu Perpustakaan sangat dibutuhin di era teknologi ini. Nggak cuman sebagai pustakawan, suatu lembaga/instansi pasti butuh pengelolaan data/dokumen dari seseorang yang profesional di dalam bidang itu.

Terus, jangan kira juga mereka yang bergelut di Profesi ini adalah orang-orang kuper yang cuma berkutuat sama buku dan berkas-berkas. Justru lewat Profesi ini, kamu bakal dituntut buat punya wawasan luas. Sebab, kamu lah yang bakal bertanggung jawab menyortir, dan memilah informasi yang bakal digunakan buat mencerdaskan masyarakat luas.

 

 

(foto: carlosaguilera)

Ahli Kelautan

Sebagai negaa kepulauan, 2/3 luas wilayah Indonesia terdiri dari laut. Ini yang bikin pemerintahan era Jokowi-JK sekarang lagi gencar-gencarnya mengoptimalkan bidang kemaritiman dan kelautan. Sayangnya, lulusan yang berkompeten dari prodi ini masih terbilang sedikit, maka dari itu prospek kerja dalam bidang ini sangat cerah.

Kita ambil contoh salah satu Menteri di negara kita, Ibu Susi Pudjiastuti. Beliau bukanlah seorang sarjana dari universitas ternama, tapi beliau mampu menunjukan sikap profesional dan kompeten di bidang ini, cocok untuk kalian jadiin panutan nih guys. Itu berarti kalian juga bisa menjadi sosok seperti Ibu Susi kan, nggak ada yang nggak mungkin di dunia ini. Kalau bukan kita, siapa lagi yang bakal ngejaga kelestarian laut Negara Indonesia.

 

(foto: redorbit)

Ahli Astronomi

Sebagai satu-satunya negara ASEAN yang punya jurusan astronomi, peminat bidang ini ternyata masih sangat sedikit. Kebanyakan orang nggak tahu Profesi apa yang bakal digeluti seorang astronom di Indonesia.

Padahal, peran astronom di negara kita ini sebenarnya penting banget loh, Guys! Selain berjasa menentukan hari-hari besar keagamaan, astronom juga berperan besar dalam menyumbang ilmu pengetahuan luar angkasa yang belum banyak diminati di Indonesia.

Selain itu, posisi negara kita yang dilintasi garis katulistiwa sebenarnya sangat cocok buat dijadikan tempat pengamatan berbagai benda-benda luar angkasa. Dan karena peminat Profesi ini masih sangat jarang, kamu punya peluang besar buat bergabung di badan-badan riset ilmiah besar kayak LIPI dan BMKG.

 

(foto: alaraby.uk)

Menjadi Guru di Daerah Terpencil

Dibanding menjadi guru di perkotaan, Profesi satu ini emang nggak menjanjikan. Tapi, pernah nggak sih kamu ngerasa kasihan waktu melihat anak-anak di daerah terpencil yang harus melalui perjalanan yang jauh, bahkan terkadang sangat tidak wajar cuma buat pergi ke sekolah? Yang disebut sekolah pun biasanya cuma berbentuk gubuk kayu ringkih yang nggak layak buat proses belajar mengajar.

Buat kamu yang emang benar-benar pengin jadi orang yang berguna dan membawa perubahan buat sekitarmu, Profesi ini bakal benar-benar memberikan kamu berbagai pengalaman yang nggak ternilai. Selain itu, kamu bakal berkesempatan buat mengenal dan merasakan indahnya alam di berbagai pelosok Indonesia.

 

Penulis: Daniel Ageng

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article