culture indonesia
Salah satu Culture Festival Indonesia di Inggris (foto: atdikbudlondon)

Zetizen.com - Kalau melihat jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia di universitas dalam negeri mungkin udah biasa. Tapi gimana jadinya kalau bahasa dan sastra Indonesia juga dipelajarin di empat benua lainnya? Tentunya ini merupakan suatu kebanggaan, dong. Sebab, artinya pemakaian Bahasa Indonesia udah mulai mendunia! Nih, buktinya masing-masing universitas mulai dari benua Eropa, Amerika, Asia, hingga Australia ini menyediakan jurusan tersebut. Universitas apa aja sih yang dimaksud?

School of Oriental and African Studies (SOAS) University of London - Inggris

Ternyata Bahasa dan Sastra Indonesia turut dipelajari di negara Inggris loh (foto:sconul.ac.uk)

SOAS University of London merupakan satu-satunya universitas di Inggris yang punya paket lengkap jurusan mengenai Indonesia. Masuk dalam Department of the Languages and Cultures of South East Asia, SOAS membuka jurusan mulai dari bahasa, literatur, sampai budaya Indonesia. Mahasiswanya juga berasal dari berbagai negara loh. Wih, makin bangga deh.

Nggak hanya itu, setiap tahunnya universitas ini menerima siswa program pertukaran dari Eropa yang datang untuk satu tahun belajar. Di sini, mahasiswa bakal disuguhin modul tentang literatur dan film di Indonesia, membaca naskah Melayu dari Indonesia pra-modern, dan banyak lainnya. Nah, mahasiswa juga bisa ikut merasakan studi selama satu tahun langsung ke Indonesia di tahun ke-empat. Keren, ya!


University of Washington- Amerika Serikat

Universitas yang berlokasi di Seattle ini juga punya jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (foto:pinterest.com)

Dari Benua Amerika, ada University of Washington di Seattle, Amerika Serikat. Universitas ini juga memiliki jurusan tentang bahasa dan sastra Indonesia. Nggak cuma itu, jurusan ini juga membuka kelas untuk program sarjana dan pascasarjana, loh. Kurang oke apalagi coba! Masuk dalam Department Asian Languages and Literature, Bahasa Indonesia bersanding dengan bahasa Jepang, Mandarin, Korea, hingga Thailand. 

Pada gelar master, mahasiswa disini akan membpelajari berebagai macam literatur Indonesia klasik hingga kontemporer. Seperti karya-karya Pramoedya Ananta Toer dan Ayu Utami. Selain itu bakal diajarkan juga mengenai sejarah beserta kebudayaan Indonesia. Tuh, orang luar negeri aja pelajarin sastra Indonesia. Kita sebagai anak Indonesia sendiri, jangan mau sampai kalah dong!


Hankuk University of Foreign Studies (HUFS)- Korea Selatan

Kali ini adalah universitas di Korea Selatan yang juga punya jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (foto:youtube.com)

Beralih ke negara yang terkenal dengan K-pop dan K-drama, Korea Selatan. Negara yang terletak di Asia Timur ini, ternyata punya universitas yang menyediakan jurusan bahasa dan sastra Indonesia, loh. It is, Hankuk University of Foreign Studies atau yang biasa dikenal dengan HUFS. Universitas ini berada di Seoul, ibukota Korea Selatan. Jika banyak anak muda di Indonesia yang gencar pelajarin bahasa Korea, ternyata di Korea sendiri Bahasa Indonesia juga di apresiasi, ya. 

Masuk dalam Oriental Languages, mahasiswa akan mempelajari tentang sejarah dan kebudayaan Indonesia. Serta segala hal yang berhubungan dengan bahasa Melayu-Indonesia. So, nanti bisa tukeran ilmu deh sama oppa yang belajar disana hehehe.


University of Melbourne - Australia

Negeri Kangguru ini juga punya universitas yang memiliki jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (foto:logodatabases.com)

Last, yang satu ini merupakan universitas dari negeri Kangguru, University of Melbourne. Di universitas ini, mahasiswa akan diberikan pembelajaran secara menyeluruh dalam bahasa dan pemahaman yang luas tentang budaya, politik dan masyarakat Indonesia kontemporer. Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari tentang industri kreatif di Indonesia, Bahasa Indonesia dalam konteks sosial, dan masih banyak lainnya. Peminatnya juga lumayan banyak. Nggak heran, soalnya di Australia, Bahasa Indonesia sudah menjadi salah satu pelajaran yagn diajarkan di tingkat sekolah dasar.

Well, itu dia universitas-universitas dari 4 benua berbeda, yang ternyata punya jurusan tentang bahasa, sastra, dan kebudayaan Indonesia. Jadi semakin bangga kan jadi orang Indonesia?

 

sources: soas, asian.washington, hufs, arts.unimelb

Editor: Fanny Kurniasari


Share
Create Your Own Article!
/* */