Ini Tips Mengurangi Rasa Mulas Buat Kamu yang Sering Kebelet BAB
Kebelet Poop Nih! (Foto: FamiLife)

Zetizen.com – Lagi macet, eh perut mulas banget. Nggak tahan pengen buang air besar (BAB). Rasanya nggak karuan deh. Hal seperti ini emang sering terjadi dan nyebelin banget. Tapi, sebenarnya ada kok tips dan trik yang bisa kamu lakukan untuk menahan poop lebih lama. Buat yang merasa sering mulas di saat genting, wajib baca ya!

Jangan Pernah Duduk!

Banyak orang yang malah duduk terus saat perut mulas. Padahal, cara ini salah banget. Sebab, saat dalam posisi duduk, bagian pencernaan bawah malah mendorong poop ke arah rektum. Alhasil, kamu malah semakin kebelet BAB. Untuk menahannya, berdirilah atau jalan-jalan. Dengan begitu, abdomen akan berhenti menekan poop ke arah rectum. Mulas pun lebih bisa terkendali.

Menjaga Poop di Rektum

Foto: medicalnewstoday

Otot-otot di daerah anus dan pantat sangatlah kuat. Jadi, kamu bisa menahan poop. Caranya, lakukan buka-tutup bagian pantat dan anus untuk menjaga poop tetap di rektum dan nggak kemana-mana. Tapi, ada beberapa orang yang punya kelainan di bagian otot. Kalau kamu merasa otot anus dan pantatmu kurang kuat menahan poop, coba konsultasikan ke dokter. Sebab, hal itu menandakan adanya kelainan di syarafmu.

Alihkan Pikiran Saat di Kendaraan

Baru aja seperempat perjalanan, perut udah demo karena mulas. Waduh, gawat banget. Apalagi kamu nggak bisa berdiri. Kalau hal ini terjadi, alihkan perhatianmu! Jangan malah memikirkan rasa mulas. Pikirkan hal-hal yang menyenangkan. Dengan begitu, alam bawah sadarmu akan mensugesti untuk melupakan mules. Sama dengan mitos tentang mulas bisa dihilangkan dengan menggenggam batu.

Kurangi Makanan Berserat dan Caffeine

Sarapan kopi dan makanan berserat sebelum perjalanan jauh? It’s a big no! Makanan berserat dan caffeine justru meningkatkan kinerja pencernaan. Alhasil, selama perjalanan kamu bakal merasa mulas nggak karuan. Lebih baik kamu sarapan ringan dengan roti untuk mengganjal perut. Setelah sampai tujuan, baru deh makan sepuasnya.

By the way, jangan sering-sering menahan poop ya. Sebab, hal ini akan menyebabkan fungsi rektum jadi kelainan. Selain itu, terlalu sering menahan buang air besar bisa menyebabkan kematian!

| Editor: Ratri Anugrah

 

Share
Create Your Own Article!