Zetizen.com – Banyak yang menganggap kalau jurusan kesehatan itu cuma seputar kedokteran, keperawatan, dan kebidanan. Padahal, ada banyak jurusan dari prodi kesehatan di perguruan tinggi negeri dengan peminat yang nggak terlalu banyak. Karena sekarang rumah sakit mulai menjamur dimana-mana, yuk, simak 4 jurusan kesehatan yang prospeknya nggak kalah menjanjikan!

 

Radiologi

Radiologi (Foto: salford)

Di Indonesia, jumlah radiografer tergolong sangat sedikit kalau dibandingkan jumlah rumah sakit di berbagai kota. Belum lagi, lulusan radiologi juga nggak sebanyak jumlah dokter yang lulus setiap tahun. Alhasil, banyak rumah sakit kekurangan tenaga radiografer. Nah, buat kamu yang tertarik dengan radiasi dan kesehatan, kamu bisa masuk jurusan ini. Beberapa PTN yang menyediakan jurusan ini antara lain: Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, dan Universitas Padjajaran. Kamu nggak perlu takut radiasi kok. Sebab, kamu juga akan mempelajari dan menjunjung tinggi keselamatan radiografer dari radiasi.

 

Fisioterapi

Fisioterapi (Foto: hanze)

Kamu suka olahraga, tapi sering cidera? Jangan dibawa ke tukang pijet ya. Bawalah ke fisioterapis. Sebab, fisioterapis memiliki standard kompeten menanggulangi pasien pasca trauma. Nah, buat kamu yang tertarik ilmu kesehatan pasca trauma, kamu bisa kuliah fisioterapi. Selain mempelajari anatomi dan teknik recovery pasca trauma, kamu juga akan belajar tentang cara membugarkan tubuh. Nantinya, kamu juga bisa membuka klinik fisioterapi sendiri di rumah. PTN yang punya prodi ini antara lain Universitas Indonesia dan Universitas Airlangga.

 

Pengobatan Tradisional

Pengobatan Tradisional (Foto: clinicsuppliescanada)

Waktu mendengar jurusan pengobatan tradisional, mungkin kamu bingung jurusan ini mempelajari apa. Welll, jurusan pengobatan tradisional fokus pada pengobatan herbal yang sesuai standard kedokteran. Jadi, membuat rambuan herbal itu nggak asal-asalan. Selain itu, kamu juga akan diajari teknik lain seperti akupuntur dan Yin dan Yang. Kalau kamu tertarik mengambil jurusan ini, kamu bisa mendaftar ke Universitas Gadjah Mada atau Universitas Airlangga.

 

Analis Medis

Analis Medis (Foto: hindscc)

Jurusan analis medis akan membuatmu banyak berkecimpung di laboratorium. Analis medis mempelajari tentang segala jenis pemeriksaan kesehatan yang dilakukan di laboratorium. Beberapa mata kuliah yang disajikan seperti hematologi, bakteriologi, imunologi, patologi, dan anatomi. Nah, dengan menjamurnya lab dan rumah sakit, otomatis lulusan analis medis sangat dibutuhkan. Universitas yang menyediakan prodi ini misalnya Universitas Gadjah Mada dan Universitas Airlangga. 

Oh ya, jurusan-jurusan kesehatan seperti ini biasaya memiliki jenjang kuliah D-III. Tapi, beberapa universitas sudah menjadikannya D-IV. Untuk mengetahui perbedaannya, kamu bisa klik di sini. Selamat hunting jurusan!

 

Editor: Ratri Anugrah

 

Share
Create Your Own Article!