Credit: Dangal

Zetizen.com - Selain film barat dan Korsel, beberapa tahun terakhir, film India pun sukses bikin banyak orang ngefans dan ketagihan. Kualitas dan segi cerita yang makin menarik bikin film-film Bollywood itu cepat naik daun. Nggak heran kalau rekor box office Bollywood baru aja pecah oleh film berjudul Dangal (2016) yang dibintangi Aamir Khan. Film ini sukses mengumpulkan pemasukan hingga 58 juta USD. Padahal, nggak kayak tipikal film Bollywood yang banyak memasukan unsur drama dan percintaan, Dangal justru bercerita tentang olahraga yang diambil dari kisah nyata! Wah, apa sih yang bikin film ini sukses banget?

 

Menyalip PK di Puncak Rekor Box Office

Sebelum Dangal, pemuncak box office India adalah film drama-komedi berjudul PK yang rilis tahun 2014 lalu. Kebetulan, aktornya saat itu juga Aamir Khan yang emang seorang aktor top India. Nah entah keberuntungan apa yang menyelimuti Aamir, lagi-lagi dia berhasil menyalip rekor yang ditorehkannya sendiri lewat film terbarunya Dangal yang berhasil meraup hingga 58 juta USD dalam 17 hari, dan masih bertambah.

Jumlah income yang besar ini juga kemungkinan akibat respon baik penonton. Bahkan kritikus-kritikus film pun seolah mengacungkan dua jempol buat Dangal. Terlihat dari perolehan rating di situs macam IMDB yang mencapai nilai superior 9.2. Sementara Google User memberikan nilai 96%. Wow, nyaris sempurna!

Pujian-pujian umumnya disanjungkan pada Nitesh Tiwari, sang penulis naskah film. Berkat sentuhan kreativitasnya, kisah nyata yang bersentral pada pelatih gulat Marvin Phogat (diperankan Aamir Khan) - pelatih gulat India yang berhasil membimbing anak didiknya menuju kejuaraan internasional - bisa disulap menjadi film biopic terkeren yang pernah diproduksi India.

Credit: Bollywood Tabloid

Penampilan Terbaik Aamir Khan?

Tentu saja keberhasilan Dangal juga nggak lepas dari penampilan keren para aktor dan aktrisnya. Apresiasi khusus emang pantas dilontarkan pada Aamir Khan yang emang menjadi leading role di film itu. Khan berperan sebagai Marvin Phogat, seorang bapak yang melatih kedua anak perempuannya Geeta (diperankan Fatimah Shaik) dan Babita (diperankan Sanya Malhorta). Spesialnya, sebagian pengamat bilang kalau Dangal adalah penampilan terbaik dalam karier Aamir Khan loh!

“Versalitas Aamir dalam memerankan berbagai karakter tokoh emang pantas dikagumi. Tapi kali ini Aamir menyajikan sesuatu dengan level berbeda dan akan sulit disaingi.” tulis Nishant Shekhar dari The Indian Express.

 

Credit: Reporters Byte

Dan tentu saja, peran Fatimah Shaik dan Sanya Malhorta sebagai aktris pendatang baru yang memerankan duo pegulat wanita itu juga nggak bisa diremehkan. Berkat akting mereka, penonton seolah bener-bener merasakan emosi dan perjuangan dari gimana perempuan berjuang secara fisik dan ditekan oleh bapak sendiri sebagai pelatih. Berkat mereka lah visi Netash Tiwari bisa terwujud dengna maksimal.

Mulai dari perasaan marah ketika Marvin berlaku kejam dengan memotong rambut anaknya, perasaan kasihan ketika Geeta dan Bibita harus berlatih sangat berat, hingga goosebumps ketika mereka menjelma jadi pegulat tangguh, kita bisa ikut merasakan empati. Salut!

 

Kisah Real Bikin Keren

Selama ini tema-tema cinta emang jadi cerita favorit bagi film-film India. Bahkan pemegang rekor box office terbesar sebelumnya yaitu PK pun masih kental sama kisah cinta. Nah image itu lah yang berhasil didobrak sama Dangal.

Nggak ada patriotisme yang berlebihan, emosi yang berlebihan, atau bumbu cinta yang terkesan dipaksakan. Harga diri dan perjuangan lah yang murni menjadi motif Geeta dan Bibita untuk tetap berdiri tegak di riuhnya ring gulat Commonwealth Championship

Perbandingan antara Geeta Phogat dalam Dangal  dan Geeta Phogat sungguhan. Credit: Youtube

Dan seperti film-film lainnnya yang dibintangi Aamir Khan, Dangal ini juga sarat akan pesan sosial. Sorotan tentang kerja keras perempuan betul-betul terasa kental, tentang gimana sosok perempuan itu bisa mendobrak dominasi laki-laki yang lebih cocok bergulat dari sudut pandang masyarakat patriarkhi, serta gimana sosok perempuan itu bisa melambungkan nama negeri India di kancah internasional.

 

Source: India Times, The Indian Express

Edited by: Bogiva

Share
Create Your Own Article!