Nokia 6, Tanda Kebangkitan Smartphone Android Nokia
| 15 comments
smartphone besutan Nokia, Nokia 6 digadang-gadang akan memberi serangan yang cukupn kuat di pasar Smartphpone (foto:phonedog)

Zetizen.com – Ajang Consumer Electronic Show (CES 2017) kemarin tampaknya bakal jadi kebangkitan Nokia dalam industri smartphone. Setelah sebelumnya gagal lewat seri windows phone mereka, brand Nokia yang saat ini berdiri dibawah naungan HMD, perusahaan asal finlandia, kembali dibangkitkan lewat sebuah smartphone canggih bersistem operasi Android. Yes, smartphone bernama Nokia 6 itu digadang-gadang bakal mengawali langkah Nokia untuk kembali besar.

Dengan tampilan futuristik berbahan logam dan kaca, Nokia 6 memang sukses merebut perhatian para tech aficionados dunia. Namun, saat ini, Nokia 6 baru dipasarkan untuk pasar lokal Tiongkok. Sementara untuk pasar global, masih belum diketahui apakah Nokia 6 juga akan dipasarkan atau justru mengandalakan seri lain. Sebab, HMD Global sebagai perusahaan induk Nokia saat ini memang disebut akan merilis 6 perangkat Nokia di tahun ini.

 

 

Untuk masalah spesifikasi, Nokia 6 tidak bisa dianggap remeh. OS Android Nougat v7.0 menjadi kunci kekuatan dari Smartphone ini. Ini istimewa, sebab masih sedikit smartphone pabrikan lain yang menggunakan OS ini out of the box. Hanya LG V20, Google Pixel, dan beberapa smartphone tertentu yang mendapat upgrade yang sudah menawarkan OS ini.

 

Di sektor kamera, tentu kamu yang suka fotografi akan dimanjakan dengan 16 MP camera di bagian belakang dengan Apperture F/2.0 dengan sistem autofokus phase detection. FYI, teknologi ini sama dengan yang dimiliki kamera dedicated macam DSLR atau Mirrorless. Lalu, untuk kamera depan sendiri, kamera dengan resolusi 8MP olus Aperture f/2.0 siap membuat selfie dan wefie mu makin keren.

 

processor Snapdragon 430 mampu melakukan pekerjaan berat namun memiliki keuntungan lebih hemat batre (foto: graphiq)

Sementara di sektor dapur pacu, Nokia 6 ditenagai SOC Snapdragon 430 yang disandingkan dengan GPU Adreno 505. Kombinasi yang rasanya bakal membuat Nokia 6 bisa menghadrikan interface yang fluid dan tidak lag.  Apalagi, Nokia juga menghadirkan memori internal sebesar 32 GB dengan RAM sebesar 3GB yang membuat ruang proses data jadi semakin lega.

Sementara urusan layar, Nokia 6 dibenamkan layar IPS 5,5 inch beresolusi Full HD 1080p dengan kerapatan total 403ppi (pixel per inch) kerapatan layar ini secara spesifikasi berada diatas retina display yang jadi signature produk besutan Apple.

 

Nah soal harga, Nokia 6 tampil cukup mengejutkan. Sebab, siapa sih yang nggak ingat kalau di jaman kejayaannya, handset besutan Nokia itu terkenal punya harga yang lumayan mahal. Sementara dengan spek dan build quality yang dimilikinya, Nokia 6 justru dibanderol sekitar USD 245 atau Rp. 3.2 juta rupiah. Kalau sampai masuk ke Indonesia, rasanya handset ini bakal cepat banget nih lakunya.

 

Source: Digital trends, Dpreview, digitalchew

Edited by: Bogiva

 

 

 

 

 

 

 

Henis Satya  Satya
Henis Satya Satya, 15
Nusa Tenggara Barat
100 poin
joined 37 seconds ago
Arfando Loway
Arfando Loway, 15
Sulawesi Utara
100 poin
joined 2 minutes ago