Bahaya Sering Share Password Sosmed ke Pacar
| 21 comments

Zetizen.com – Menurutmu, apa sih tanda suatu pasangan saling percaya satu sama lain? Sering berbagi cerita? Selalu membolehkan pacarnya nongkrong sama lawan jenis? Atau justru saling memberitahu password sosmed? Well, kalau menurutmu saling beritahu password adalah bukti kepercayaan, you better think twice! Sebab, memberitahu password sosmed ke pacar dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Berikut penjelasannya!

 

Jaga kerahasiaan password-mu dari siapapun, termasuk pacar! Credit: hommaxsistemas

 

Melanggar Hak Privasi

Banyak pasangan yang sepakat untuk saling memberitahu password dan membiarkan pasangannya membaca chat atau email pribadi mereka. Mereka beranggapan, tindakan itu adalah wujud bahwa mereka nggak menutupi apapun dari pasangannya. Sehingga, rasa percaya akan selalu ada. Duh, mindset kayak gini, nih, yang salah kaprah!

Dengan memberitahu passwordmu ke pacar, secara sadar atau nggak, kamu telah melanggar hak privasimu sendiri. Privasi adalah bentuk dari kepercayaan yang kuat bahwa individu nggak memiliki hak untuk mengetahui segala aspek kehidupan individu lainnya. Ketika prinsip ini dilanggar, artinya otonomi pribadi individu terhadap kehidupan pribadinya pun turut dilanggar.

 

Merugikan Orang Lain

Selain itu, kamu juga melanggar hak privasi orang-orang yang berhubungan atau berkomunikasi denganmu. Contohnya, ketika sahabatmu curhat tentang masalah keluarganya ke kamu melalui LINE, sahabatmu tentu berasumsi bahwa percakapan tersebut hanya diketahui dirinya dan kamu. Pastinya, dia nggak berharap ada orang lain yang tahu percakapan kalian dong? Nah, bayangkan kalau pacar kamu bisa baca chat sahabatmu itu dan akhirnya curhatannya 'bocor' ke orang lain. Kasihan kan si sahabat?

 

Rajin Bertengkar karena Jealous

Melihat intensitas chat kamu yang 'sering' sama teman lawan jenis, bisa-bisa si pacar jadi curiga berat. Apalagi kalau pacar sampai baca chat history kamu dan temanmu itu. Bahkan, bisa aja pacar cemburu hanya karena temanmu sekadar nge-chat nanya tugas. Hal ini pun bisa jadi bumerang buat hubungan kalian karena bisa bikin pacar jealous. Alhasil, pertengkaran nggak dapat dihindari deh. Duh, bukannya rajin ibadah atau rajin belajar, ini malah rajin berantem sama pacar gara-gara cemburuan!

 

Bukannya adem ayem, password-sharing sama pacar justru bisa bikin cepat putus karena cemburuan! Credit: Thatpost

 

Kalau udah putus...

Nah, ini bahayanya kalau pacar yang udah jadi mantan, masih tahu password socmed kamu! Kalau dia masih punya akses untuk 'ngulik' socmed or email kamu, berbagai kemungkinan buruk bisa terjadi. Salah satunya, nge-hack! Yap, akibat dendam karena putus nggak baik-baik, bisa aja mantan 'tega' nge-hack socmed kamu dengan upload foto aneh-aneh atau posting status nggak jelas. 

That's why, jangan pernah sharing password apapun ke siapapun untuk mencegah hacker! Termasuk, ke pacar!

 

Edited by Mesha Mediani

 

Henis Satya  Satya
Henis Satya Satya, 15
Nusa Tenggara Barat
100 poin
joined 24 seconds ago
Arfando Loway
Arfando Loway, 15
Sulawesi Utara
100 poin
joined 1 minute ago