5 Teknologi Canggih yang Akan Mengubah Hidup Kita di Tahun 2017
| 23 comments

Zetizen.com - As we know, teknologi selalu berkembang. Penemuan teknologi canggih yang dulunya hanya sebatas fantasi di film-film mungkin akan terrealisasi nggak lama lagi. Pasalnya, memang ada beberapa teknologi mutakhir yang akan rilis di tahun 2017 ini. Penemuan ini pun berdampak besar buat kehidupan kita, lho! Apa aja ya?

 

Face Computer

Face computer. Credit: Business Insider

 

Tahun 2012 lalu, Google sebenarnya udah pernah memproduksi sebuah mini komputer canggih berbentuk kacamata bernama Google Glass. Sayangnya, Google Glass gagal menembus pasar karena dianggap kurang fungsional dan kurang fashionable. Nah di tahun 2017 ini, Microsoft dan Apple telah menyiapkan gebrakan serupa tapi dengan fitur dan kualitas lebih menjanjikan.

Kita tentu masih ingat sama Pokemon Go yang sempat viral pada pertengahan tahun 2016. Nah dari game itulah muncul tren baru yaitu kamera augmentated reality (AR). Kesuksesan Pokemon Go itu membuat Microsoft maupun Apple menilai masyarakat udah siap sama produk Face Computer. Yap, Microsoft punya produk HoloLens, sedangkan Apple punya Magic Leap.

Yang jelas, face computer canggih itu bakal menampilkan hologram HD interaktif nan canggih tepat di depan mata kita, kurang lebih seperti apa yang dimiliki oleh Iron Man!

 

Mobil Auto-Pilot

Uber dengan pelayanan driverless di Pittsburgh, Amerika Serikat. Credit: Business Insider

 

Uji coba mobil auto-pilot atau mobil tanpa sopir udah banyak dilakukan sepanjang tahun 2016 kemarin. Baik produk asal Amerika, Eropa, hingga Asia punya produk auto-pilot andalan masing-masing. Pertanyaannya, kapan mobil bener-bener beroperasi? Sepertinya tahun 2017 ini adalah jawabannya.

Pabrikan-pabrikan andalan macam BMW, Honda, dan Hyundai bakal sudah siap menjual produknya yang menawarkan fitur auto pilot assistance, yang meliputi pengereman otomatis hingga mengikuti marka otomatis pula. Bahkan mobil itu masih akan dipercanggih sama WiFi dan sistem navigasi otomatis yang bakal membuat pengalaman mengemudi jadi sama sekali baru.

Bahkan, taksi online Uber udah mulai menjajal pelayanan driverless di Amerika loh!

 

Virtual Reality Gaming Semakin Booming

Permainan Call of Duty dimainkan lewat Virtual Reality. Credit: Youtube

 

Kini, video game udah super canggih dengan fitur gambar beresolusi 4K serta pewarnaan HDR (High Definition Range). Tapi nggak berhenti di situ, keseruan bermain game bisa naik ke ‘whole new level’ seiring dengan dengan virtual reality (VR) yang semakin booming.

Perusahaan-perusahaan konsol game ternama pun udah menyiapkan produk andalan masing-masing, kayak Microsoft dengan XBOX One VR serta Nintendo dengan Nintendo Switch. Sony pun nggak mau kalah dengan menyiapkan generasi berikutnya Playstation, yaitu Playstation VR.

Terlepas dari konsol mana yang lebih kamu sukai, yang jelas ketiga konsol itu sama-sama menyajikan virtual reality canggih yang membuat seolah-olah player benar-benar berada di latar lokasi video game tersebut.   

 

Generasi Baru Smartphone tanpa Home Button

Perkiraan wujud dari iPhone 8. Credit: Iphone 8 Guides

 

Handphone memang bisa dibilang sebagai produk teknologi yang perkembangannya paling cepat. Hanya selisih berapa bulan, sebuah produk yang dianggap canggih bisa jadi ketinggalan zaman. Nah tapi bakal ada satu improvement besar dalam dunia smartphone tahun ini, yaitu buttonless!

Meski wujud smartphone sekarang hampir 90% screen, biasanya masih ada satu tombol yang berperan sebagai home button. Nah, tombol itulah yang akan dihilangkan, sehingga wujud smartphone nantinya menjadi full screen alias 100% tanpa button.

Rencana wujud baru ini sedang dimasak sama Apple lewat produk terbaru iPhone berikutnya. Sang rival, Samsung pun nggak mau kalah dengan menyiapkan Galaxy S8 dengan berbagai fitur baru juga.

 

Robot Secerdas Manusia

Robot, bikinin aku pancake dong! Credit: NBC News

 

Teknologi Artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan makin sering terdengar di telinga kita aja. Nggak heran, sebab produk bersistem AI udah semakin beragam dan memudahkan berbagai aktivitas manusia.

Dengan bentuk robot, AI ini dapat memudahkan hidup manusia mulai dari berkebun, membersihkan rumah, bahkan hingga menjadi waiter di restoran. Sekadar butuh teman ngobrol? Robot AI siap menemanimu!

Makanya, kecerdasan buatan ini sekaligus dianggap sebagai ancaman bagi sebagian orang karena berpotensi mengambil lahan pekerjaannya.

So, apakah AI memang mampu melampaui kecerdasan natural manusia ya? Yuk, kita lihat di tahun 2017 ini.

 

Source: Wall Street Journal, Tech Radar

Edited by Mesha Mediani

 

Dewi  Masyitoh
Dewi Masyitoh, 14
Jawa Timur
100 poin
joined 2 hours ago
Lisa Novena Tjukipto
Lisa Novena Tjukipto, 19
Jawa Timur
3600 poin
joined 5 hours ago