Zetizen.com -  Tahun berganti, biasanya tren bisnis berganti pula. Terlebih, sejak kemajuan teknologi beberapa tahun belakangan, tren bisnis diwarnai dengan kemunculan berbagai startup. Nah, menghadapi perkembangan jaman, ada bermacam skill baru yang dibutuhkan perusahaan di tahun 2017 nanti. Bermacam skill ini dirangkum oleh situs karir terpercaya, LinkedIn. Yuk, simak untuk jadi pertimbangan karir masa depanmu!

 

Kamu butuh special skills agar diterima di perusahaan besar. Credit: theguardian

  

1) Kemampuan Cloud Computing

Sebagian orang awam mungkin kurang familiar dengan istilah ini. Pengertian gampangnya, cloud computing adalah kemampuan menggabungkan ketrampilan meramu aplikasi komputer dengan internet yang dijadikan sebagai pusat server. Konon, metode Cloud Computing ini membuat aplikasi fleksibel, terpusat, dan sustainable untuk jangka panjang. Nggak heran, skill ini bakal dibutuhkan, mengingat banyak perusahaan IT yang punya aplikasi Cloud Computing misal Google dengan Google Drive.

 

2) Analisis Statistik

Pada dasarnya, statistik penting dalam segala bidang, mulai dari level ilmu pengetahuan sampai level praktiknya. Bagi perusahaan, statistik dijadikan bahan acuan untuk mengevaluasi kinerja dan menentukan arah strategi bisnis selanjutnya. Makanya, skill analisis statistik selalu dicari untuk keberlangsungan perusahaan.

 

3) Web Architecture dan Framework

Kian hari, e-commerce dan online shop makin menjamur. Nggak heran, interface atau tampilan website harus bisa didesain dan dikemas semenarik mungkin seperti halnya merancang desain interior sebuah toko. Karena itu, nggak cuma desain bangunan aja yang butuh arsitek, website pun juga butuh! Tugas dari web architect ini meliputi desain, perencanaandan estetika sebuah website.

 

4) Middleware Integration Software

Satu lagi istilah asing buat orang-orang awam. Gampangnya, Middleware Integration Software adalah software yang berfungsi menghubungkan antar-software lainnya agar bisa bekerjasama dan saling terhubung, begitu juga data yang ada di dalamnya. 

 

5) User Interface Designing

Saat kita browsing berjam-jam di sebuah situs, tapi merasa mata nyaman aja dan nggak sakit, pernahkah kamu berpikir 'kenapa'? Yap, itu artinya, user-interface dari situs yang kamu kunjungi itu bagus! Peran seorang user interface designer adalah menciptakan tampilan situs yang nyaman dan memudahkan user dalam menjelajahi situs tersebut. Ketika user senang browsing di situs tersebut, hal ini akan menjadi experience yang penting bagi kesuksesan situs.

 

6) Network Information Security

Adanya internet jelas memudahkan semua orang dalam mencari informasi, mulai dari level rumah tangga, perusahaan, sampai negara sekalipun. Di sisi lain, internet juga memudahkan hacker mencuri informasi penting. That's why, dibutuhkan seorang ahli Network Information Security yang berperan sebagai ‘satpam’ penangkal hacker.

 

7) Mobile Development 

Di antara semua produk berbasis IT, yang perkembangannya paling pesat adalah handphone. Suatu fitur yang sekarang dianggap canggih bisa-bisa jadi berubah jadi ketinggalan zaman hanya dalam rentang satu-dua tahun. Makanya, pakar soal mobile development yang mampu membuat aplikasi canggih berdasarkan kebutuhan pasar bakal selalu dicari.

 

8) Data Presentation

Perusahaan akan sulit bertahan tanpa adanya investor. Nah, dalam merayu investor, kita harus melalui tahap presentasi data. Karena itu, kita harus tahu bagaimana cara mengemas data yang bagus, mengorganisirnya, serta menyampaikannya secara komunikatif dan jelas sehingga menarik investor. Kemampuan negosiasi dan presentasi ini adalah skill komuikasi yang wajib dimiliki.

 

9) SEO/SEM Marketing

Audiens akan sampai ke situs kita melalui tiga cara; search engine, mengetikkan langsung alamat situs kita, atau dari hyperlink di situs lain. Nah, supaya situs kita terlihat di halaman pertama search engine seperti Google, SEO officer harus menciptakan keyword yang tertulis di headline, konten situs, meta keyword, dan meta tags. 

SEO (search engine optimization) dan SEM (search engine marketingadalah dua skill yang saling bersinergi. Intinya, dua keterampilan ini sama-sama bermain dalam ranah search engine, seperti Google atau Bing.

 

10) Storage System and Management

Pernahkah kamu merasa kapasitas memori handphone yang udah besar, tapi kok tetap aja kurang? Ternyata, perusahaan juga mengalami hal serupa. Karena itulah, mereka butuh tenaga profesional buat mengatur Storage System and Management. Mereka harus mengolah dan memaksimalkan storage yang tersedia untuk bisa bekerja seefisien mungkin. 

 

Source: LinkedIn, Business Insider, World Economic Forum

Edited by Mesha Mediani

 

Share
Create Your Own Article!