Clothing Line (Foto: blogspot)

 

Zetizen.com – Punya clothing line sendiri itu nggak impossible kok. Kamu nggak harus punya modal besar. Bahkan, dengan punya bujet kurang dari Rp 1 juta pun kamu bisa bikin clothing line. Gimana caranya? Yuk, simak dan pilih cara sesuai dengan kemampuanmu!

 

Budget: < Rp 500 ribu

Dengan budget Rp 500 ribu, kamu bisa mengawali bisnis clothing line dengan menjadi reseller atau ikut program dropship online shop. Modal Rp 200 ribu pun bisa kamu “putar” sampai kamu punya modal untuk membuat clothing line sendiri. Caranya cukup simpel. Pertama, pikirkan barang apa yang mau kamu jual. Lalu, carilah supplier terpercaya dengan harga terrendah, tapi kualitas nggak murahan.

 

Pemasarannya pun gampang. Kamu bisa menjualnya lewat sosmed seperti Instagram. Cara ini juga cocok banget lho buat kamu yang punya tempat dan dana terbatas untuk menyimpan persediaan stok produk. Menjadi reseller atau dropshipper juga nggak butuh biaya operasional seperti gaji pegawai, biaya listrik, atau biaya sewa tempat.

 

Budget: Rp 500 ribu – Rp 1 juta

Kamu bisa mendesain dan memproduksi produk sendiri tapi budget-mu minim? Tenang, kamu bisa memilih cara pre-order (PO). Jadi, pembelimu harus membayar lebih dulu saat memesan produk. Pembayaran bisa full atau 50%. Selain itu, biasanya pemesanan dilakukan dalam batas waktu tertentu. Dengan cara ini, kamu nggak perlu mengeluarkan modal dulu untuk biaya produksi. Kamu juga nggak perlu menebak-nebak desain seperti apa yang banyak disukai pembelimu.

 

Tapi, kalau memilih cara ini, kamu harus punya reputasi yang baik untuk meyakinkan pembeli agar mau melakukan PO. Paling nggak beberapa teman dekatmu sudah mengenal dan menggunakan produk yang kamu pasarkan. Manfaatkan teman-teman hitsmu buat endorse ya!

 

Budget: > Rp 1 Juta

Nah, kalau setelah beberapa bulan dan estimasi profit bisa terus meningkat, cobalah untuk memperluas sistem dengan mengenal beberapa konveksi dan tukan sablon. Mulailah mencari tahu bahan-bahan yang dibutuhkan produkmu. Lalu, mulailah membuat brand dan label sendiri. Pastinya, anggaran pengeluaranmu akan bertambah.

 

Bikin label itu gampang kok. Harga per lusinnya rata-rata Rp 2 ribu–Rp 4 ribu, tergantung ukurannya. Biasanya, ada minimal pembelian sekitar 200 sampai 300 pcs. Oh ya, sebenarnya bisnis clothing line itu ngga harus bisa desain lho. Kamu bisa membeli desain ke desainer freelance lokal. Yang penting. kamu harus punya karakter brand sendiri.

 

!! Tips Pemasaran buat Newbie

Selain pemasaran lewat sosmed, nggak ada salahnya kamu menjual produk clothing line secara offline. Eits, nggak perlu takut mengeluarkan modal besar buat membuka toko atau butik, guys! Sebab, kamu bisa mengadakan “konsinyasi”.

 

Dengan sistem konsinyasi, kamu bisa menitipkan produk clothing line-mu di toko atau distro orang lain dengan mendapat keuntungan yang sama. Misalnya, kamu menitipkan produk clothing line di Distro X. Lalu, produkmu dihargai Rp 50 ribu. Saat di Distro X, harganya menjadi Rp 90 ribu dengan keuntungan Rp 20 ribu untuk kamu dan Rp 20 ribu untuk distro. Tapi, ini nitip lho. Jadi, pihak distro nggak harus membayar atau membeli produkmu dulu.

 

Edited by Ratri Anugrah

 

 

Share
Create Your Own Article!