Zetizen.com - Kata siapa sih, masa sekolah itu kalau jajan harus minta uang ortu? Nggak jaman cuy. Sekarang tuh harusnya kamu mulai mandiri. Tuh, di halaman Zetizen juga udah banyak Zetizen yang ngebuktiin kalau mereka bisa lho punya bisnis sendiri. Nah, supaya bisnis kamu tetap jalan meski kamu masih sibuk sekolah. Nih, simak deh skill biar jualan kamu makin cihuy.

 

Time Management

Seimbangkan waktu bisnis sambil sekolah. (Foto: Time Management Blog)

Yup, ini nih skill essential yang harus kamu punya. Bisnis sambil sekolah bakal cukup menyita waktu karena kamu masih sekolah. Nah, biar sekolah sama bisnis kamu bisa sama-sama lancar, kamu harus jadi lebih organized dalam mengatur kegiatanmu. Meski cuma buka clothing line, atau jadi reseller make –up, kamu kudu menjadwal kegiatanmu.  

Pertama, catet jadwal penting di kalender akademik (jadwal pekan UAS, ulangan harian, jadwal libur dll). Nah, atur dan sediakan waktu buat bisnis dan untuk belajar. Kalau pas ujian, stop ementara produksi kamu. Jangan sampai karena lagi banyak orderan, kamu malah lupa belajar ya.

 

Peka dan Aktif di Sekolah

Kalau kamu mau jadi pebisnis musiman juga nggak masalah. Asal jualan kamu emang pas sama momen dan minat temen-temen kamu di sekolah. Jadi, rajinlah promosi dan jadikan semua temen kamu sebagai konsumen. Mulai peka manfaatin kesempatan yang ada di sekolah. Misalnya, pas kantin lagi direnovasi, manfaatin buat jualan makanan. Coba deh lebih rajin cari info kalau misal di sekolah bakalan ada event. Siapa tahu kamu bisa buka stand buat jualan.

 

Detail dan Teliti

Emang sih, mikirin tugas sekolah sama gebetan aja udah ribet, eh ditambah mikirin bisnis. Eits, tapi kamu bisa loh memanfaatkan ilmu yang udah dipelajari di sekolah buat diterapkan di bisnis. Misalnya, mulai mikir masalah-masalah kecil seperti untung bersih, biaya distribusi, hingga detail lainnya. Jadi, orang yang detail dan teliti demi dagangan nggak rugi. Misalnya nih, kalau lagi ikut event, perhatiin bener-bener syarat dan ketentuannya. Jangan sampai malah kamu banyak ruginya.

 

Manfaatin Endorsement dan Hashtag

Endorse ala Evita Nuh. (Foto: Instagram)

Wajib tahu perkembangan sosial media dan kenalan sama anak-anak hits. That’s why, kamu jangan jadi orang yang pasif kalau mau barang daganganmu laku. Kalau kenal anak hits dengan followers aktif, endorse barang ke mereka bisa bikin brand kamu makin gampang dikenal. Selain itu, penggunaan hashtag di Instagram juga mempengaruhi calon pembeli mencari barang jualanmu dengan lebih mudah.

 

Jago Bikin Penasaran

Jadi, setelah memutuskan apa yang bakal kamu jual, kenali siapa yang bakal jadi target pasarmu dan gimana cara menarik mereka mau beli produkmu. Setelah itu, kamu juga harus bikin konsep penjualan dengan memberi teaser pada calon pembeli untuk tahu reaksi dan minat mereka. Pastikan mereka selalu penasaran dengan produk-produk yang akan kamu rilis.
Nah, simple kan? Masalah mau buka bisnis apa, kamu bisa cari peluang dan ide apapun kok. Yuk, mulai berbisnis!

 

 

 

 

Share
Create Your Own Article!