Karakter anime jadi teman kamu (foto: Digital Trends)

 

Zetizen.com – Siri (iOS), Alexa (Amazon Echo) dan Cortana (Windows) dan Simsimi mungkin akan menjadi hal yang nggak bakal asing bagi manusia modern saat ini. Yup, ‘mereka’ merupakan virtual assistant  berbentuk speaker cerdas yang dilengkapi teknologi Artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Gadget tersebut bisa mempermudah aktivitas kita di rumah, sekaligus berinteraksi sama kita.

Nggak cuma perusahaan asal AS nih yang mengembangkan smart speaker dengan AI. Pada Kamis (15/12) lalu, produsen gadget asal Jepang, Vinclu, merilis Gatebox, smart speaker yang dilengkapi artificial intelegent yang divisualisasikan dengan hologram karaker anime bernama Azuma Hikari. Lucunya, selain bantuin mengontrol rumah, karakter hologram dalam Gatebox ini juga bisa berperan jadi “pacar” virtual di kehidupan nyatamu. Hmm, ngeri juga ya?

 

Jadi teman penghilang kesepian

Menurut sensus tahun 2015, katanya nih 32 % permukiman di Jepang ditempati sama orang yang hidup sendiri. Jumlah itu terus meningkat, dan takutnya, makin banyak orang yang ngerasa kesepian saat ia pulang ke rumah setelah bekerja. Makanya, teknologi AI di Gatebox di-setting agar bisa menciptakan hubungan emosional dengan manusia.

Karakter anime Azuma Hikari, dipilih oleh Gatebox sebagai nama dari artificial intelligence dalam Gatebox. Hikari sendiri memiliki arti cahaya dimana menurut mereka, artificial intelegent ini bisa menerangi kesendirian seseorang #ea.

 

 

Emang apa aja sih fungsi Gatebox?

Sekilas, jika kamu pernah nonton Iron Man, fitur Gatebox tak jauh beda dengan Jarvis atau Friday yang dimiliki Tony Stark. Jika, Jarvis hanya berwujud program tak berwujud, teknologi AI di Gatebox memiliki wujud hologram yang bisa hidup layaknya manusia. Namun, aktifitas tersebut hanya bisa ia lakukan di dalam Gearbox atau tabung transparan portable yang bentuk dan ukurannya mirip coffee maker tersebut. Hologram diproyeksikan dari ultra-short focus projector ke screen di dalam tabung.

Teknologi hologram di dalam Gatebox (foto: Gatebox)

 

Gatebox yang terkoneksikan dengan seluruh perabotan rumah, mampu menyiapkan segala hal yang ada di rumah. Mulai dari membangunkan kamu, menyalakan lampu dan AC ketika kamu akan pulang, hingga membersihkan rumah kamu.

Selain itu, kamu juga akan bisa berkomunikasi dengan dia kok. Baik secara langsung maupun via SMS. Soalnya, Gatebox dilengkapi dengan sensor termal, kamera, dan speaker yang bisa mendeteksi emosi dan perasaan manusia. Dengan begitu, Hikari bakal paham apa yang kamu rasain. Kalau kamu sedih, dia bakal ngasih perhatian gitu. Tapi tenang, dia nggak bakal kayak cewek asli kok. Dia nggak bisa ngambek kalau kamu lupa ngabarin hehe. 

 

Mengurangi interaksi langsung?

Selintas, mungkin kamu akan berfikiran bahwa Gatebox dan teknologi AI yang punya kepribadian ini sangatlah keren. Namun, perkembangan arah teknologi AI yang terlalu “pintar” bisa-bisa malah bikin manusia malas berkomunikasi dan bersosialisasi secara langsung. Padahal, teknologi itu harusnya bisa mempermudah hidup kita loh.

So, buat kalian yang berniat untuk membeli gadget yang satu ini apalagi kamu sedang jomblo, jangan lupa buat berkomunkasi secara langsung juga ya biar kamu nggak canggung ketika berkomunikasi langsung cengan cewek sungguhan hehe.

Gatebox udah bisa di pre-order dengan harga 298,000 yen atau Rp 33 juta.

 

 

Source: Digitaltrends, Gatebox

Editor: Wika

 

Share
Create Your Own Article!