Zetizen.com - Bukan hanya dijadikan bahan ajar di sekolah, menulis essay juga menjadi salah satu persyaratan untuk mendaftar seperti beasiswa atau pertukaran pelajar. Seperti,  ketika akan mendaftar Beasiswa Prestasi Indonesia (BPI) dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) atau ketika mendaftar AFS/YES Year Program. Yuk, simak nih beberapa tips yang perlu kalian perhatikan dalam membuat essay untuk mendaftar beasiswa!

 

(Foto: customessaywriter)

 

Tema Essay dan Pengalaman Diri Sendiri

Seperti ketika akan mendaftar LPDP, essay menjadi salah satu syarat administrasi yang harus dilampirkan. Essay yang dibuat pun memiliki tema yaitu “Sukses Terbesar Saya dalam Hidup” dan “Kontribusi Saya bagi Bangsa Indonesia”. Atau ketika mendaftar AFS/YES Year Program essay dengan tema yang lebih ke kepribadian. 

“Kalau ditugaskan untuk membuat essay dengan tema, kuncinya apa yang kita tulis harus berdasarkan apa yang kita rasakan. Dan apa yang benar-benar terjadi pada diri sendiri. Harus jujur, karena kalau ditambah-tambahin keliatan banget kalau mengarang bebas,” ujar Maisyarah, peserta student exchange AFS/YES year program 2015/2016 ke South Dakota, Amerika Serikat. Tuh, jangan terlalu banyak bertele-tele.

 

Buka dengan Tulisan Berfilosofi

Trik agar essay yang kamu buat terlihat cerdas, jelaskan dua sampai tiga kalimat mengenai definisi tema (misal: kesuksesan atau kepribadian) secara universal atau definisi menurut dirimu sendiri. “Waktu itu aku bikin essay tentang sukses dalam hidup. Di paragraf pertama aku kasih arti sukses menurutku dan sedikit menurut arti universal itu apa. Jadi bikin first impression pas orang baca essay yang kita bikin langsung merasa wow! Salah satunya juga dengan memberi sedikit kalimat berfilosofi,” ujar Dhia Fairus Sofia Fani yang diterima di New York University Abu Dhabi.

 

Buat Pembaca Merasakan Isi Essay

Uraikan satu persatu poin yang yang ditulis dalam essay. Buat pembaca melihat dan merasakan bagaimana perjuangan kalian meraih kesuksesan atau mengejar cita-cita selama ini.

“Tambahkan juga misalnya tentang prestasi atau aksi yang kita perbuat selama ini memiliki dampak bagi orang di sekitar. Intinya kamu bisa sampai seperti hari ini juga karena orang-orang di sekeliling,” tambah Maisyarah.

So, gali dulu sebelum menulis apa sih nilai terbesar dalam dirimu yang bisa sampai memberi dampak bagi orang lain dan membuat kamu menjadi manusia yang bermanfaat bagi sesama.

 

Jelaskan Apa Manfaat dan Rencana Kamu Jika Terpilih

Simpulkan semua poin yang sudah dijelaskan.Uraikan apalagi yang mau diraih dimasa depan nanti. Plus kaitkan bagaimana beasiswa atau kesempatan student exchange ini nanti akan membantu kita dalam meraih kesuksesan, cita-cita dan masa depan yang sesuai dengan target. Plus koreksi keseluruhan essay yang dibuat apakah sudah sesuai dengan aturan yang ditentukan seperti jumlah minimum kata atau jenis font terntentu. Sebab, bukan hanya isi dan materi dalam essay aja yang dinilai, tapi juga kemampuan kamu mengomunikasikan ide dalam tulisan. Mudah, kan?

 

 

 

Editor: Wika

 

Share
Create Your Own Article!