Zetizen.com - Menyusun itinerary atau rencana perjalanan sebelum berlibur berguna agar trip kita menjadi lebih teratur. Sayangnya, nggak semua orang bisa membuat itinerary dengan rapi. Jangan bingung, sekarang ada solusinya! Banyak aplikasi yang tersedia di smartphone untuk memudahkanmu bikin itinerary yang efektif! Check these out!

 

TripIt

Useful for: Cek jadwal transportasi, reminder jadwal

TripIt. Credit: Zetizen

 

Bukan cuma destinasi yang penting untuk ditulis di rencana perjalanan atau itinerary kamu. Reminder jadwal berangkat-pulang, estimasi waktu dan biaya serta kegiatan apa yang akan kamu lakukan juga wajib kamu sertakan.

Makanya, TripIt adalah aplikasi yang recommended karena mudah digunakan. Begitu membukanya, beragam informasi sudah tersaji, mulai dari penerbangan, hotel, hingga spot wisata di tempat tujuan kita.

TripIt dapat terkoneksi secara otomatis dengan email kita yang terdaftar di aplikasi tersebut. Contohnya, kamu menerima e-ticket penerbangan pesawat melalui email, jadwal penerbangan tersebut otomatis akan masuk ke itinerary di TripIt. Meski begitu, kamu tetap bisa input atau memasukkan rencana kegiatan secara manual tanpa terkoneksi dengan email jika ingin menjaga privacy.

 

World Mate

Useful for: Booking hotel, menentukan estimasi waktu perjalanan, bikin template itinerary

World Mate. Credit: Zetizen

 

Sama dengan TripIt, World Mate juga berhasil mencapai 1 juta unduhan di Play Store. Informasi yang disajikan pun cukup detail, mulai dari jadwal keberangkatan pesawat, informasi delay, informasi cuaca di lokasi tujuan, hingga navigasi untuk mengarahkanmu ke tempat tujuan.

Salah satu fitur spesial World Mate, ada perbandingan otomatis tentang harga hotel sehingga kita bisa memilih hotel apa yang sesuai dengan budget dan kebutuhan. No wonder, mulai dari backpacker hingga pebisnis profesional dengan jam terbang tinggi, World Mate ini sangat membantu.

 

MyTrip

Useful for: Bikin template itinerary efisien, susun estimasi biaya

MyTrip. Credit: Zetizen

 

Jika ingin traveling beberapa hari, template itinerary planner dari aplikasi MyTrip ini cocok banget. Sedikit lebih simpel dari TripIt maupun World Mate, tampilan MyTrip lebih sederhana. Tapi, hal itu justru memudahkan orang mengoperasinya. Itinerary dalam MyTrip ini berbentuk kalender yang berisi rencana liburan. Cocok banget buat traveler yang padat agenda karena semua rencana bisa terlihat dalam satu layar.

Meski begitu, MyTrip tetap menyediakan info yang relatif lengkap, kok! Hal-hal yang penting dalam traveling, mulai dari to-do list, ramalan cuaca, hotel, hingga restoran terdekat pun nggak absen dalam aplikasi ini. Wah, boleh dicoba nih buat yang nggak suka ribet!

 

Travefy

Useful for: Booking hotel, booking transportasi

Travefy. Credit: Zetizen

 

Agak gaptek dengan sinkronisasi email, online booking, atau hal-hal yang serba otomatis? Well, ada kok aplikasi yang cocok buatmu, yaitu Travefy. Sebenarnya Travefy ini nggak sepenuhnya jadul kok, karena Trafevy menawarkan fitur sinkronisasi canggih kayak aplikasi-aplikasi lainnya yang udah disebutin di atas. Tapi yang bikin unik, Travefy menyediakan tipe old school itinerary!

Yap, buat kamu yang suka gaya old school, berbentuk tabel berisi daftar atau rundown kegiatan, download aja template-nya dalam aplikasi Travefy!

 

 Edited by Mesha Mediani

 

 

Share
Create Your Own Article!