Zetizen.com – Lima sampai sepuluh tahun yang lalu profesi dokter dan guru masih menjadi peringkat teratas profesi impian generasi penerus bangsa. Tapi, seiring berkembangnya teknologi dan informasi, kini giliran profesi-profesi baru nan kekinian ini lah yang akan booming di masa depan. Profesi apa saja ya? Eits, simak juga skill yang harus kamu siapkan mulai sekarang!

 

(Foto: Dailytekk)

 

Computer System Analyst

Hayo loh, ngerti nggak tuh? Di masa depan, bisa dipastikan semua perusahaan sudah menggunakan komputer dan software di sistem perusahaanya. Nah, seorang Analis Sistem bertugas mengatur, meneliti, dan menentukan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan.

Skill yang harus dipunya: Programming, Software Design, Manajerial

 

 

 

 

Growth Hacker (Foto: Intel Free Press)

Growth Hacker

Growth Hacking sendiri merupakan teknik marketing yang dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan startup bidang teknologi dengan menggunakan kreativitas. Jadi para Growth Hackers bertugas menemukan alternatif-alternatif pemasaran yang menelan banyak anggaran, misalnya meningkatkan pengikut di jejaring sosial, menambah jumlah unduhan mobile application, serta meningkatkan jumlah pengunjung ke situs. Jika saat ini kebutuhan profesi web designer, UI/UX (User Interface/Experience) Designer meningkat, di masa depan Growth Hackers udah memiliki semua skill itu.

Skill yang harus dipunya: SEO atau Search Engine Optimization, analisa situs, marketing

 

 

 

 

(foto: Rapid Apps)

Content Writer

Profesi tulis menulis juga bakal booming nih di masa depan. Tapi bedanya, kalau jaman dulu kan penulis identik sama nulis buku atau promo iklan-iklan. Nah, kalau sekarang ada yang namanya content writer, yang punya tugas menulis artikel atau script video buat disebar di Youtube atau media serta forum-forum online.

Skill yang harus dipunya: Menulis kreatif, SEO, desain grafis, marketing

 

 

 

(Foto: thechicedit)

Travel dan Food Blogger

Di masa depan, semua orang bakal lebih mudah untuk traveling. Makanya, profesi ini akan semakin menjamur di masa depan. Kerjaan utama dari profesi ini me-review apa yang dikunjungi atau apa yang ia makan sedetail-detailnya menurut sudut pandang kalian. Buat mengawali profesi ini juga gampang banget. Tinggal perbanyak alias rajin-rajin lah traveling dan makan-makan, share photo di lokasi yang paling kece di sosial media kalian. Sampai ada media, restoran, atau tempat wisata yang tertarik buat pakai jasa kalian me-review.

Skill yang harus dipunya: PEDE!, fotografi, nulis kreatif

 

 

YouTuber

Di masa depan nanti, profesi artis, aktor, atau pemain film bakal kalah sama artis-artis dari sosial media contohnya aja PewDiePie, atau dari Indonesia sendiri ada Arief Muhammad. Misalnya bikin video reaction, nge-vlog kegiatan sehari-hari, atau bikin tips life hacks. Apalagi, perusahaan-perusahaan besar lagi pada merlirik Youtuber dan selebgram untuk menggunakan jasa mereka dalam mempromosikan brand.

Skill yang harus dipunya: Kreativitas dalam membuat konten konten di setiap video, vlog, atau foto yang dibuat, video editing, desain grafis

 

 

 

(foto: designboom)

Urban Farmer

Sektor agrikultur atau pertanian akan populer beberapa tahun nanti karena permasalahan krisis bahan pangan yang mulai terjadi saat ini. Selain itu, jumlah dan kualitas hidup masyarakat perkotaan akan meningkat. Sedikitnya lahan untuk bercocok tanam membuat masyarakat sada kalau urban farming jadi solusinya. Nah, saat ini aja udah banyak metode berkebun yang simple, kayak terrarium, mushroom box, hidroponik, dan lainnya.

Skill yang harus dipunya: Biologi dan pertanian, interior design, desain produk

 

 

Nah, apa pekerjaan yang kamu inginkan?

 

 

 

 Sumber: Fast Company, Jobfuture

Editor: Wika

 

 

Share
Create Your Own Article!