Zetizen.com - Move on nggak melulu dimaknai tentang cinta-cintaan. Karya pemenang UBS Zetizen Mading 2D berikut justru merepresentasikan move on dalam banyak hal. Lewat konten yang berbobot tapi fun dan dibalut interaksi yang atraktif, nggak heran kalau mading-mading di bawah ini mencuri perhatian! (ren/c14/adn)    

Best Five Gold


Ajak Pengunjung Kepo tentang Korea


SMA Barunawati - Zetmaruna Move to Korea

Satu hal yang unik dari mading ini adalah seluruh artikelnya ditulis dengan huruf Hangul Korea. ’’Kami ingin anak muda move on dari bahasa Indonesia dan Inggris aja. Kita harus bisa bahasa asing lainnya. Misalnya Korea,’’ ujar Muhammad Gilang, anggota tim. Mereka juga memperkenalkan international class Korea di sekolahnya dan budaya pendidikan Korea. Nggak perlu bingung kalau nggak bisa bahasa Korea karena telah diberi terjemahan dalam bahasa Indonesia.


Peduli Autis


MAN Surabaya - Gatiming Autistic
Ternyata, wayang golek ini menarasikan kisah tentang anak autis dan caranya bertahan di lingkungan masyarakat. Isi naskah mereka yang menyuarakan bahwa autis nggak harus dijauhi mencuri hati para juri. ’’Di sekolah, kita diajari untuk tidak menjauhi anak-anak seperti ini dan saya ingin menjadi medium perantara saluran suara dari teman-teman,’’ ungkap Juan Alexandro, anggota tim mading. Seluruh ornamen hingga bahan dasar mading berasal dari barang bekas seperti kulit bawang, tulang ikan, hingga serbuk kayu.

 

Move On Lintas Generasi


SMA Petra 2 Surabaya - Morphe
Desain mading ini terbagi menjadi tiga bagian yaitu kehidupan masyarakat Indonesia pada era tradisional, era awal milenium ke-2, dangambaran kehidupan generasi Z. ’’Kami emang memaknai move on itu bukan mengenai cinta-cintaan aja. Namun, kami melihat itu lebih luas. Seperti halnya lifestyle dari setiap orang kan pasti move on dari waktu ke waktu,’’ ujar Cindy Oktaria, ketua mading. Pengunjung diajak berinteraksi dengan mencari penjahat lintas generasi dari clue pada kertas yang telah disediakan.  

Abadikan Sejarah Kamera


SMAN Kedungwaru 1, Tulungagung - Lifetime
Mading yang berbentuk mata lensa ini menceritakan sejarah kamera. Pengunjung bakal diajak memutar roda, lalu menjawab pertanyaan seputar kamera dan sejarahnya. "Kami menganggap kamera adalah salah satu benda yang berjasa besar dalam merekam sejarah manusia,’’ ujar M. Rafi Afriansyah, anggota tim.
Mostly, bahan pembuat mading ini dibuat dari velg sepeda bekas.

Jangan Lupakan Pos

SMAN 3 Madiun – Zet.Pos
Tim SMAN 3 Madiun nggak ingin romantika surat-menyurat hilang ditelan modernisasi teknologi yang terus berkembang pesat setiap hari. Nah, melalui karya madingnya, mereka mengajak para pengunjung membuka boks yang berisi saklar dan prangko, lalu mencocokkan prangko berdasar golongan tahun pembuatan. Jika pengunjung benar, lampu akan menyala. Bila salah, lampu bakal padam. ’’Kami emang memilih tema ini karena pada dasarnya gemar filateli. Kami juga hobi mengoleksi prangko,’’ ungkap Hane Andariksa, anggota tim mading.



Best Five Silver

Hidup seperti Roller Coaster


SMA Frateran Surabaya - Inside the Loop
Nah, SMA Frateran Surabaya menerapkan konsep game interaktif, pengunjung diajak menjalankan roller coaster mini pada lintasan di mading. Mereka menganalogikan roller coaster sebagai kehidupan kita yang terus move on secara seru sekaligus menegangkan. Dalam naskahnya, mereka menstimulus para pengunjung dengan berbagai quote yang berbicara tentang nasihat untuk move on dan self-motivation.


Kenang Telepon Umum


SMA Muhammadiyah 9 Surabaya – Evolution
Mading ini menjelaskan perkembangan alat komunikasi dari telepon umum hingga smartphone. ’’Telepon umum sekarang nggak terawat, padahal dulu berguna banget,’’ ucap Muhammad Amin, sang anggota. Pengunjung diajak melihat video tentang perkembangan telepon lewat tablet. Supaya bisa mendengar suara video tersebut, pengunjung harus mendengarkannya lewat gagang telepon raksasa. Di dalamnya ternyata ada wireless speaker yang terhubung dengan tablet. Pengunjung lalu diajak melempar dadu untuk menentukan tombol telepon yang dipencet. Eits, hati-hati kena semprot air!

Birthday History

SMA Sejahtera Surabaya - Older Better
Siapa yang tahu sejarah tentang perayaan ulang tahun? Nah, mading ini membeberkan semua tentang ulang tahun lewat artikelnya yang fun. Serunya, gambar dinosaurus di mading itu bisa seolah-olah hidup jika dilihat melalui aplikasi pada smartphone. Pengunjung juga bisa menggesekkan kartu yang disediakan tim mading pada mesin ’’ATM’’ buatannya. Eits, bukan uang yang keluar, melainkan permen koin cokelat. Seru!


Mix and Match Outfit Tiap Dekade

SMAN 2 Surabaya - Trendslation
Musik dan fashion juga mengalami move on. Memilih desain mading bak diorama sejarah musik dan fashion, mereka menyediakan interaksi berupa spin wheel yang berisi pilihan tahun. Jika spin wheel diputar dan berhenti pada tahun tertentu, pengunjung akan ditunjukkan tentang style pada tahun tersebut lewat manekin. Uniknya, miniatur baju itu mereka buat sendiri dari kain perca loh.

Sindir Kenakalan Remaja

MA Al-Ishlah Lamongan - Baper yok!
 Baper yang dimaksud dalam mading ini adalah bawa perubahan. Mereka ingin menyindir kenakalan remaja yang berbeda dari generasi ke generasi. Artiekl di dalamnya merupakan wawancara langsung dengan psikolog Dra Nurul Aini Hidayati MSi tentang berbagai fase kenakalan remaja dan cara mengatasinya. Asyiknya, pengunjung diajak move on dengan mengikuti gerakan modern dance pada layar tab di mading tersebut.


Best Five Bronze

Suntikan Motivasi dari Zodiak


SMAN 9 Surabaya - Zodibox
Jika zaman dulu ramalan bintang dijadikan pedoman hidup dan konon adalah penentu nasib, beda dengan sekarang. Tim mading ini mengajak anak muda mengamini move on dengan lepas dari mitos tersebut. Mereka mengajak para peserta berinteraksi membuka boks sesuai dengan horoskop mereka. Namun, boks tersebut nggak berisi ramalan masa depan tentang zodiak. Melainkan tentang kalimat motivasi agar anak muda makin semangat move on ke depan.

Perubahan Dunia Pendidikan

SMKN 1 Driyorejo, Gresik – Az.Ik
Mading yang berjudul Az.Ik ini membahas transformasi pada dunia pendidikan. Misalnya tentang revolusi alat yang digunakan pada pendidikan. Mulai papan tulis hingga LCD projector yang kini banyak digunakan. Melalui spin wheel, pengunjung diajak berinteraksi dengan menjawab pertanyaan seputar pendidikan. Kalau pengunjung berhasil menjawab, ada hadiah menanti loh!


Berfantasi ke Dunia Alice

SMA Petra 5 Surabaya - Zurna
Karya mading ini menceritakan perkembangan karakter dari tokoh film karya Walt Disney, yakni Alice Through the Looking Glass. Sesuai judul mading, Zurna yang berarti damai, karakter tokoh film itu identik dengan pembawa kedamaian. Pengunjung diajak menggerakkan jarum jam raksasa pada mading. Jika mading berhenti pada salah satu angka, pengunjung akan diedukasi tentang fakta-fakta film tersebut.



Evolusi Makna Pahlawan

SMA Trimurti Surabaya – Z Warrior
Dengan nuansa gladiator, mading ini mengajak pengunjung throwback ke masa Romawi Kuno. Mading ini memaknai bahwa pahlawan hari ini berbeda dengan pahlawan zaman kuno. ’’Pahlawan zaman sekarang bukan yang selalu ikut perang. Orang yang berguna bagi sekitar dan negara itu tegrolong pahlawan,’’ ujar M. Kevin Dimas, anggota mading. Uniknya, tim mading juga sempat mewawancarai seorang eks tim medis KKO yang pernah berjuang dalam perang kemerdekaan Indonesia.

Aware terhadap Bahaya Narkoba

SMAN 14 Surabaya - Yez or No
SMAN 14 Surabaya mengajak para teman sebayanya meningkatkan awareness dengan memilih tema perlawanan terhadap narkoba sebagai ide utama dalam madingnya. Di dalam madingnya, ada games seru dengan melewatkan tongkat lingkarang di jalur kawat tanpa menyentuhnya. ''Permainan ini diartikan cara berhati-hati agar tidak lagi terkena sesuatu yang buruk,'' ucap  Archie Ezra Tanaya Dwitya 

Share
Create Your Own Article!