Pekerjaan di Bidang Fashion
Studio Fashion (Foto: Pinterest)

 

Zetizen.com Do you love fashion? Kalau kamu tertarik bekerja di dunia fashion tapi nggak punya bakat mendesain baju, masih banyak pekerjaan lain yang bisa kamu coba. Pekerjaan di dunia fashion itu nggak cuma desainer dan stylist (penata busana) lho. Fashion nggak sekedar baju, celana, rok, dan dress. Sepatu dan aksesoris juga termasuk di dalamnya.

 

Handbag Designer

Dari clutches dan crossbodies sampai satchels dan shoulder bags, desainmu akan menjadi item penting buat melengkapi sebuah penampilan. Selain itu, handbag sangat dibutuhkan buat menyimpan barang-barang penting seperti HP dan make-up.

 

Footwear Designer

Good shoes lead you to good places.” Itulah yang dipercaya orang-orang. Oleh karena itu, peran sepatu sangatlah penting! Hasil desainmu nanti nggak cuma sebagai pelengkap, tapi juga sebagai “alat transportasi” bagi pemakai sepatu menuju a hopefully great adventure.

 

Leather Goods Designer

Mendalami bidang ini bakal menuntunmu ke banyak kesempatan bagus. Sebab, kulit nggak cuma buat baju dan sepatu, tapi juga aksesoris fashion lain. Misalnya, gantungan kunci, dompet, dan pelindung HP.

 

Lead Patternmaker

Semua desain pasti dibuatkan pattern atau pola biar bisa diproduksi lagi. Itulah tugas lead patternmaker. Pekerjaan ini membutuhkan koordinasi intens dengan desainer untuk menentukan desain template ukuran lain. Dengan begitu, desain bisa diproduksi secara massal.

 

Pattern making
Pattern Making (Foto: YouTube)

 

Trend Analyst

Kalau kamu suka membuat research dan mencari/mengolah data, pekerjaan inilah yang paling sesuai buatmu. Trend analyst bertugas memberitahu desainer dan produsen tentang tren fashion berikutnya. Hal itu didapat dari hasil analisis tren sebelumnya, acara pop culture (film, serial TV, dll), dan bahkan pertumbuhan ekonomi.

 

Product Researcher

Waktu sebuah produk fashion didesain, pihak perusahaan pasti ingin produk itu sesuai keinginan konsumer. Nah, itulah tugas product researcher. Yaitu, menyurvei konsumer yang potensial dan memprediksi reaksi mereka terhadap style dan harga yang berbeda.

 

Product Merchandiser

Pekerjaan ini cocok buat kamu yang tertarik dunia bisnis. Setelah produk didesain, kamu akan bertanggung jawab mempromosikannya ke kostumer. Misalnya, campaign, mengatur display di toko-toko, dll.

 

Clothing Display
Display Toko (Foto: hammerandhand)

 

Color and Materials Specialist

Merasa jago mengenali barang bagus? Skill itu bakal membantu banget dalam pekerjaan ini karena kamu berarti jago mengenali warna dan bahan. Dua hal itu ternyata bagian terpenting untuk menarik minat konsumer fashion. Yah mirip cover buku gitu deh.

 

Jadi, pekerjaan mana nih yang pengin kamu geluti?

 

 

Share
Create Your Own Article!
/* */