Keindahan Fenomena Langit yang Terjadi Selama November 2016
| 2521 views | 26 comments

 

Zetizen.com - Buat kalian yang mengaku space-enthusiast, bulan November ini akan jadi bulan yang kalian tunggu-tunggu. Sebab, planet Merkurius, Venus, Mars, hingga rekor Supermoon terbesar akan terlihat di bulan ini. Lalu, kapan tepatnya fenomena langit yang indah itu muncul? Simak info detil berikut, ya!

 

Mars

Planet orange Mars akan terlihag cukup jelas selama November 2016. Credit: National Geographic

 

Planet yang letaknya di sebelah Bumi ini bakal terlihat sepanjang bulan November loh. Tepatnya saat matahari tenggelam hingga pukul 22.00. Bintang berwarna orange kemerahan tak berkelip yang menandakan Mars bisa dilihat dengan mata telanjang. Jika memakai teleskop, Mars terlihat utuh dan jelas. Wih! Mars terlihat makin indah saat bersebelahan dengan Bulan di tanggal 5 dan 6 nanti. Di tanggal itu, kamu juga jadi lebih mudah menemukan Mars di langit tuh.

 

Venus

Bintang kejora alias Venus (kiri) tampak terang di sebelah Bulan. Credit: USRA

 

Venus, alias bintang kejora bakal terlihat terang di tanggal 2, 3, dan 4 November. Venus muncul di langit barat dari posisi Indonesia tiap beberapa jam setelah matahari tenggelam. Hanya saja, keberadaannya akan semakin buram memasuki pertengahan November karena perubahan dinamika rotasi Bumi pada Matahari. So, minggu pertama November adalah waktu yang tepat untuk melihat Venus.

 

Bintang Jatuh Taurid Selatan

Credit: NASA

 

Keindahan fenomena bintang jatuh terjadi pada tanggal 5 nanti loh. Dengan mata telanjang, kamu bisa melihatnya di sisi selatan rasi Taurus atau di arah timur laut. Jika langit tidak berawan dan minim polusi, udah pasti fenomena ini bener-bener indah banget. Hayo, siapa yang diem-diem mau make a wish di momen ini?

Sebenarnya, bintang jatuh atau hujan meteor ini juga terjadi lagi pada tanggal 12. Namun letaknya ada di sisi utara Taurus, sehingga hanya orang-orang di belahan Bumi utara (Eropa dan Amerika) aja yang bisa melihat.

 

Super Moon

Super moon terbesar akan muncul pada November 2016. Credit: Seeker

 

Fenomena super moon biasa alias bulan purnama mungkin bisa kita nikmati rutin setiap bulannya. Tapi super moon yang terjadi pada bulan ini berbeda. Pasalnya, super moon kali ini bakal tercatat sebagai yang terbesar sejak 1948! Sebab, saat ini, jarak Bulan dan Bumi adalah yang terdekat sejak 1948, tepatnya 356.509 kilometer.

“Super Moon yang bakal terjadi pada bulan November ini tidak hanya terbesar selama tahun 2016, tapi juga terbesar se-abad 21. Bulan sebesar ini baru akan disaingi pada tahun 2034 nanti,” tulis NASA dalam situs resminya.

Tepatnya, ‘Super (Big) Moon’ ini akan terlihat pada pertangahan bulan, di antara tanggal 14-15. Fenomena yang sayang banget buat dilewatkan, karena momen ini baru terulang 18 tahun mendatang.

 

Source: National Geographic, NASA

Edited by Vera Khair

 

 

Dewi  Masyitoh
Dewi Masyitoh, 14
Jawa Timur
100 poin
joined 3 hours ago
Lisa Novena Tjukipto
Lisa Novena Tjukipto, 19
Jawa Timur
3600 poin
joined 5 hours ago