diameternya yang mencapai 500 meter membuat FAST dibangun di wilayah lembah pegunungan (foto: nasa)

 

Zetizen.com – perburuan kehidupan diluar Bumi semakin gencar. Tanggal 29 September lalu, Teleskop Raksasa China, Five Hundred Meter Aperture Spherical Telescop (FAST) mulai dioperasikan. Teleskop yang dibangun di saerah pegunungan Provinsi Guinzho, Tiongkok ini, punya banyak tugas penting menjalankan banyak misi luar angkasa. Salah satunya adalah berburu jejak kehidupan di antara bintang bintang. Wah gimana ya cara kerjanya? (cnbc/newyorktimes/dhs/giv) 

 

Penampakan teleskop saat malam hari (foto: japantimes)

 

Hampir Jadi yang Terbesar

Diperuntukan sebagai alat observasi luar angkasa dalam, teleskop ini menggunakan sistem gelombang elektromagnetik sebagai medianya. Ibarat sebuah telinga yang super sensitif untuk mendengar pesan dari luar angkasa yang biasanya sangat lemah. Peneliti dari National Astronomical Observation, Qian Lei mengungkapkan saat pengujian, FAST mampu mendeteksi gelombang radio hingga jarak sejauh 1351 tahun cahaya dari Bumi.

Secara ukuran, luas piringan teleskop FAST setara dengan luas 30 lapangan sepak bola. Permukaan pemancar teleskop ini dipadati 4.450 panel yang masing-masing panelnya punya panjang 11 meter. Nggak heran saat pembangunannya, Pemerintah China sampai harus menggusur 9 ribu warganya yang tinggal disekitar lokasi pembangunan teleskop untuk pindah.

Hal itu dilakukan untuk mendapatkan suasana hening dan bebas gangguan radio. Karena meski punya ukuran dan spesifikasi yang masif, FAST masih bekerja memanfaatkan prinsip teleskop radio pada umumnya. Yakni dengan memancarkan dan melacak jejak jejak emisi gelombang elektromagnetik di luar angkasa dan memetakannya dalam bentuk citra alias gambar.

Sayangnya, meski punya diameter piringan hingga 500 meter, teleskop seharga 2.3 triliun rupiah ini bukanlah yang terbesar. Ukurannya masih dikalahkan teleskop RATAN-600 milik Rusia. Meski kepadatan pemancarnya lebih rendah.

 

diagram teleskop (foto: fast)

 

Tonggak Utama Perburuan Alien Tiongkok

Teleskop ini dibangun karena negara Tiongkok begitu yakin akan adanya kehidupan lain diluar planet kita ini. Apalagi dengan didukung beberapa fenomena alam serta tanda-tanda luar angkasa yang menunjukkan bahwa di luar angkasa sana memang seperti ada kehidupan lain. Salah satunya, ditemukan dalam teks kuno Tiongkok yang berisikan tentang pertemuan manusia pada jaman Dinasti Jin Timur (317-420 M) dengan sosok yang diduga alien.

"FAST berpotensi mengungkap adanya kehidupan lain di luar Bumi, seperti mengungkap teka-teki keberadaan alien dan melihat adanya kehidupan di sebuah planet gelap. Kemungkinan dugaan informasi yang didapat FAST 5 hingga 10 kali lebih akurat dibandingkan peralatan yang digunakan saat ini," kata Deputi Project Managet Teleskop Tiongkok, Peng Bo dilansir dari CNBC.

Terlepas dari kerennya teleskop ini, kalian sendiri percaya nggak sih alien itu ada? Share below ya!

Share
Create Your Own Article!