Zetizen.com – Selama ini, NASA merupakan salah satu badan antariksa paling maju di Dunia. Namun, karena terlalu canggih, banyak penganut konspirasi yang akhirnya mikir kalau NASA itu punya banyak misteri yang sengaja ditutup-tutupi dari masyarakat. Nah, kayaknya sebentar lagi rasa penasaran orang orang bakal mulai terjawab nih. Sebab, NASA sedang bersiap-siap membuka arsipnya untuk bisa diakses publik. Wah, apa ya alasannya? (nasa/nydailynews/csmonitor/fhr/giv)

 

Obama Ingin NASA Lebih Terbuka

Nggak bisa dimungkiri, banyak orang yang sering skeptis alias ‘suudzon’ sama lembaga riset yang satu ini. Udah banyak tuduhan berbau konspirasi yang ditujukan ke NASA. Mulai dari tuduhan kalau foto Neil Amstrong di bulan itu palsu, sampai dugaan menyimpan tubuh alien di Area 51.

Nah, buat menjawab semua pertanyaan yang udah menggunung selama ini, NASA akhirnya mengenalkan Pubspace, bank arsip online resmi NASA yang bisa diakses sama semua orang.

“Kami merayakan kesempatan ini untuk melebarkan publikasi portofolio sains. Lewat terbukanya akses ini kami mengharapkan partisipasi seluruh dunia untuk bergabung menjelajah Bumi, udara, dan luar angkasa.” kata Dava Newman, Deputi Administrasi NASA.

Rupanya, keterbukaan akses ini merupakan instruksi Presiden Barrack Obama di tahun 2013, yakni tentang meningkatkan transparansi arsip federal, utamanya yang berkaitan sama sains. Yap, karena sekarang udah zamannya kolaborasi, keterbukaan akses ini bakal bikin kolaborasi penelitian dalam bidang sains jadi lebih mudah, sekaligus menghilangkan kecurigaan dan konspirasi.

 

sejak pertama kali dipublikasi, foto ini sudah banyak mengundang kontroversi soal keasliannya. (foto: NASA)

 

Bermanfaat Buat Seluruh Dunia

Keputusan NASA buat lebih transparan perihal arsip sainsnya dinilai bakal menguntungkan semua orang di seluruh dunia, termasuk NASA sendiri. Ini karena NASA bakal mendapat timbal balik dari ilmuwan lain dari seluruh dunia yang membaca arsipnya.

“Membuat data kami lebih mudah diakses akan berdampak besar buat riset kami. Sebagai ilmuwan, kami bekerja dengan fondasi satu sama lain.” sebut Kepala Sains NASA, Ellen Stofan.

Nggak cuma buat kalangan ilmuwan aja, orang awam juga bisa kecipratan manfaatnya. Yup, kita bisa tahu tentang tsunami di Mars, hujan di Saturnus, dan sebagainya! Itu jelas nggak ada di buku pelajaran sekolahmu kan? Yang terpenting, data data itu jelas sangat bermanfaat buat mahasiswa yang mengerjakan skripsi dan penelitian terkait sains. Whoa!

 

tampilan laman pubspace (foto: NASA)

 

Berfungsi Mulai Oktober

Menurut website resmi NASA, Pubspace ini bakal berfungsi mulai musim gugur (sekitar bulan Oktober). Memang, informasi-informasi yang berkaitan dengan rahasia negara Amerika bakal tetap dirahasiakan. tapi arsip yang berkaitan dengan sains bakal terbuka untuk umum. Artinya, kalau emang alien itu ada maka NASA pasti bakal mem-postingnya. 

Nah di film Independence Day, kunci sukses manusia bisa ngalahin alien yaitu dengan bekerja sama terlepas dari batasan negara-negara. Bukan nggak mungkin kalau dengan keterbukaan arsip ilmiah ini juga bakal membuat sebuah perubahan besar.

Share
Create Your Own Article!