Surabaya North Quay (foto: Ahmad Khusaini)

 

Zetizen.com – Sempat dibuka hanya untuk menyambut event tertentu, Surabaya North Quay (SNQ) sekarang buka tiap hari loh! Buat yang belum tahu, Surabaya North Quay itu adalah sebuah lokasi wisata baru yang terletak di terminal Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Disini kamu bakal menemukan pemandangan laut Surabaya lengkap dengan bentangan jembatan Suramadu di kejauhan yang keren banget. Apalagi begitu matahari mulai terbenam, pemandangan langit sore dengan laut dan lampu-lampu kapal serta kota yang mulai menyala bikin sunset disini super foto-able! Nggak heran kalau akhirnya sebagian besar orang yang kesini emang punya tujuan buat hunting foto atau sekedar selfie.

 

Suasana Laut Tanjung Perak Menjelang Matahari Terbenam (foto: giv)

 

 

Puas berburu foto dan selfie, pasti enak rasanya mengisi perut yang lapar dan tenggorokan yang haus. Nah, buat memenuhi kebutuhan ini, Surabaya North Quay juga menyediakan beberapa umbrella table buat makan, lengkap dengan menu-menu tradisional seperti pecel, rujak, dan dawet yang akrab di lidah pengunjung.

Sayangnya, jumlah umbrella table di area ini nggak banyak. Jadi kalau ingin makan di SNQ, harus cepat-cepat cari tempat duduk sebelum ditempati orang lain. Atau kalau emang kepepet, ya harus rela joinan sama orang nggak kenal.

 

Umbrella Table di Surabaya North Quay (foto: Ahmad Khusaini)

 

Terbatasnya jumlah meja dan tempat makan itu rupanya emang diakui sang project officer, Dwi Antono berasal dari konsep yang mereka bawa. “Kita emang lebih ngarahin ke orang berdiri, dan berfoto. Makanya meja yang disediakan nggak banyak. Supaya ada space buat foto gitu,” Ujarnya.

Padahal, sebenarnya, SNQ punya potensi yang besar banget buat jadi tempat makan malam romantis loh! Bayangin aja nuansa makan malam outdoor dengan pemandangan laut plus kapal-kapal pesiar dengan lampunya yang indah itu. Mungkin aja tempat ini bisa jadi kayak Marina Bay di Singapura.

 

Karena sejatinya merupakan terminal penumpang, maka kamu bisa menyaksikan saat kapal pesiar merapat seperti ini (foto: giv)

 

Meski begitu, bukan berarti menikmati hidangan di Surabaya North Quay itu nggak asik. Soalnya, meski emang harus rebutan tempat, setiap hari Sabtu dan Minggu bakal ada iringan live music yang siap menghibur. Ya lumayan worth it sih buat berebut tempat...

Anyway, kalaupun nggak kebagian tempat duduk, masih ada bantal besar yang emang sengaja disajikan biar orang bisa berbaring di atasnya. Lumayan, kamu bisa melihat indahnya langit sore dan bintang-bintang di malam hari!

 

Pemandangan Tanjung Perak di malam hari dari sisi utara (foto: giv)

 

Pemandangan terminal kargo Pelabuhan Tanjung Perak dari sisi Selatan (foto: giv)

 

Daya tarik wisata Surabaya North Quay juga ditambah dengan adanya fun trip keliling laut surabaya naik kapal Artama. Dengan ongkos Rp. 75 ribu, kamu bisa keliling laut Surabaya melihat Patung Jalesveva Jayamahe dan Jembatan Suramadu.

Caranya, kamu harus reservasi dulu dengan datang langsung ke Surabaya North Quay atau via sms ke 085655182220. Jadwal reservasinya itu antara hari Selasa-Jumat, dan fun trip-nya dilaksanakan hari Sabtu.

Iya tripnya memang cuma dilaksakan satu hari. Soalnya, meski udah buka tiap hari, kegiatan-kegiatan utama tetep dominan di Sabtu/Minggu sih. Tapi kalau sekedar hunting foto, mungkin lebih recommended di hari kerja aja, soalnya lagi nggak terlalu ramai.(fhr/giv)

 

Gimana, kamu yang tinggal di Surabaya udah pernah kesana belum? Atau baru ada rencana mau kesana? Yuk bagi ceritamu di kolom komentar!

 

Alamat           : Terminal Gapura Surya Nusantara lt.3, Pelabuhan Tanjung Perak, Jl. Perak Timur, Surabaya

Hari Buka      : Selasa - Minggu

Jam Buka       : 11.00 - 21.00

Share
Create Your Own Article!