Instagram rilis fitur terbarunya, Instagram Stories. Credit: The Verge

 

Zetizen.com - Kemarin (2/8) Instagram resmi memperkenalkan fitur terbarunya, “Instagram Stories”. Dengan fitur ini, pengguna bisa membagikan momen berupa foto dan video. Sayangnya, baru sehari fitur ini diperkenalkan, banyak kritik yang ditujukan Instagram Stories. Sebab,  fitur ini disebut-sebut mirip dengan Snapchat. Seperti apa ya fasilitas dari Instagram Stories? Yuk, kita simak! (dhs/ver)

 

Stories Bertahan 24 Jam

Di Instagram Stories, foto dan video yang diunggah akan bertahan selama 24 jam. Ini yang menyamakannya dengan Snapchat. Fyi, tujuan awal Instagram menambahkan fitur ini untuk menjawab kekhawatiran pengguna yang takut memposting secara berlebihan. Biar nggak jaim jaga kerapihan feed Instagram kamu, Instagram Stories bisa jadi alternatifnya.

Post From Gallery

Belum lama ini, Snapchat memperkenalkan fitur upload foto lewat galeri di smartphone. Hal tersebut juga bisa kita lakukan di Instagram Stories. Bahkan dengan cara yang lebih mudah. Yaitu cukup menggeser display ke bawah untuk memilih foto yang ingin kita posting.

Nggak Ada Batasan Durasi

Bedanya dengan Snapchat, di fitur baru Instagram, durasi nggak jadi masalah. Kamu bebas memilih durasi postingan foto dan video sesukamu. Jadi lebih fleksibel, kan?

 

Insta Stories juga dilengkapi srawing tools yang menarik. Credit: The Verge

 

Drawing Tools Lebih Beragam

Yang menyenangkan dari Instagram Stories yakni memiliki fitur drawing tools yang lebih beragam. Ada tiga pilihan drawing tools yang bisa kita gunakan. Bahkan, palet warna yang disediakan juga lebih bervariasi loh.

Hide Orang-Orang Tertentu

Nggak mau sharing stories ke orang tertentu? Hide aja! Yep, kalau di Snapchat tersedia fitur block friend, di Instagram Stories kamu bisa mengatur privasi unggahan. Ketika pengguna membuat akun menjadi privasi, maka postingan Instagram Stories pun hanya dapat dilihat oleh followers aja. Kita juga bisa mengatur agar postingan nggak bisa dilihat oleh orang-orang tertentu dengan pilihan “hide” ini. Meskipun orang tersebut masih menjadi followers kita.

Save and Post

Sama seperti Snapchat, kita juga bisa menyimpan postingan yang kita buat. Tapi satu keunikan lainnya, foto atau video dari Instagram Stories bisa langsung kamu re-post ke feed Instagram.

 

 

Lingkaran berwarna untuk notifikasi postingan paling update. Credit: Idownloadblog

 

Notifikasi Unggahan Baru

Biar nggak ketinggalan stories teman yang update, kamu bisa lihat dari lingkaran berwarna yang ada di foto profil teman. Yup, ini jadi notifikasi untuk memberitahu kalau temanmu baru aja meng-upload foto atau video terbaru.

Tampilan Friendly

Jika dibandingkan dengan Snapchat, tampilan Instagram Stories emang terlihat lebih friendly. Apalagi, kita bisa melihat postingan sebelum dan selanjutnya tanpa harus mengembalikan dari halaman utama. Cukup dengan menggeser slide ke kanan atau kiri.

 

 

Hasil editing foto yang bisa dinikmati di Insta Stories. Credit: Techcrunch

 

Lihat Viewers dan Kirim Pesan

Persamaan terakhir dari Instagram Stories dan Snapchat adalah kita juga bisa mengetahui siapa saja viewers dari postingan kita. Selain itu, mengirim pesan personal juga bisa kita lakukan lewat Instagram Direct.

Minim Sticker dan Filter

Untuk masalah filter dan sticker, Snapchat tetap juaranya. Sebab, Instagram Stories belum menyediakan filter bervariasi seperti Snapchat. Apalagi, Snapchat juga memiliki geofilter yang menjadi ciri khas. Tapi, bisa jadi, kedepannya tren filter unik juga ada di Instagram Stories. Iya nggak, guys?


Share
Create Your Own Article!