foto: clipartpanda

 

Zetizen.com – Orang tua emang selalu punya cara unik buat mendidik anaknya. Apalagi waktu masih kecil. Se-keren dan se-gaul apapun kamu sekarang, ngaku deh pasti dulu kamu pernah ketakutan gara gara orang tuamu menceritakan mitos macam macam.

Padahal kalau dipkir, semua mitos itu jelas jelas hampir nggak mungkin terjadi. Tapi, pesan dibalik mitos itu lah yang sebenarnya penting buat kita pahami. Kayak beberapa mitos andalan ibu ibu berikut ini misalnya. (fhr/giv)  

 

Jangan keluar maghrib, nanti digondol setan

Ini yang paling populer dan pasti kamu pasti pernah denger. Lagi enak-enak main bola atau ngeluyur sore-sore, eh malah disuruh pulang sebelum maghrib. Katanya sih biar nggak diculik Wewe Gombel. Hii! Dengar namanya aja waktu itu udah serem banget.

Padahal kalau ditelaah, sebenarnya yang ditakutin itu justru kamu ketemu orang jahat, atau malah nggak bisa pulang karena udah gelap. Selain itu, kalau kamu main terus, kapan belajarnya?

 

Kalau nyapu nggak bersih, suaminya brewokan

Coba deh, apa hubungannya sapu sama brewok? Kecuali ada cowok yang mau extension brewok mereka pakai ijuk, mitos ini jelas-jelas nggak nyambung. Eh, nggak deng, masih bisa disambungin.

Ibaratnya, cewek yang nyapunya nggak bersih kan berarti orangnya nggak rapi. So, logikanya dia juga bakal dapat jodoh yang sama sama nggak rapi, dalam hal ini adalah cowok brewokan. Tetap nggak nyambung ya? Wajar sih, jaman dulu kan belum ada bang Adam Levine yang meskipun brewokan tapi gantengnya setengah sadar. #loh

 

Jangan duduk di atas bantal, Pamali

Yang ini agak jelas sih ya. Bantal kan buat tidur, harusnya buat kepala. Masa kamu jadiin tempat buat pantat? Kasian kan kalau nanti ada yang tidur disitu terus malah jadi pingsan kebauan…

 

Jangan Duduk Di Ambang Pintu, Nanti Jodohnya Seret

Nah, kalau jaman sekarang, mitos ini kayaknya lebih seram daripada mitos wewe gombel yang tadi. Heran ya, udah zaman canggih kayak gini, nyari jodoh kok malah makin susah #eh #maafnggaknyambung

Anyway, Maksud mitos yang ini sebenarnya simple. Jodoh itu diibaratkan orang yang mau keluar masuk pintu. Jadi intinya, Kamu menghalangi jalan, woi!  

 

Kalau makan nasinya harus habis, kalau nggak Dewi Sri nangis

Pernah lihat temanmu yag waktu kecil gemuk banget? Mungkin mitos inilah penyebabnya. Konon Dewi Sri itu semacam dewi yang ngasih berkah ke padi. Jadi kalau olahan padinya (nasi) nggak kamu habisin, entar Dewi Sri bakal sedih gitu. Terus ya taulah yang namanya cewek kalau udah ngambek gimana…

 

Jangan potong kuku malam-malam, entar sial

Yang ini masuk akal banget lho. Jangan mikir sial yang aneh-aneh dulu. Malam kan gelap (jaman dulu lampu masih remang-remang). Kalau kamu motong kuku di malam hari, takutnya nggak kelihatan dan salah ngelukai jarimu sendiri. Ya salah potong itu sialnya!

 

Kalau ngelangkahi orang berarti utang darah

Utang darah itu kayak gimana ya? Ada bunganya nggak ya? Jangan-jangan tambah mahal kayak kartu kredit. Yah meskipun sampai sekarang Tim Zetizen juga masih belum tahu maknanya, intinya berhutang itu emang nggak baik #salah

Tujuan sebenarnya nakut-nakuti kamu ini supaya kamu jaga sopan santun biar nggak suka gampang ngelangkahi orang. Baik literally atau figuratively. Jadi kurang kurangin ya ngelangkahin orang. Apalagi soal jodoh. Kalau temen sendiri masih jomblo, coba deh kamu ikutan jomblo juga… biar sopan gitu. #makinsalah

Share
Create Your Own Article!