(foto : universityaffairs.com)

Zetizen.com – Demam budaya Korea Selatan emang nggak ada habisnya. Nggak cuma berhasil bikin baper lewat drama nya yang sweet banget, Negara yang satu ini juga berhasil bikin banyak orang pengin berkunjung kesana. Nah, daripada cuma main ke Korsel buat liburan, kenapa nggak sekalian kuliah disana aja?  Apalagi, banyak loh beasiswa yang bikin mimpi kamu tinggal di negara bias mu itu jadi kenyataan. Simak yang berikut yaa! (ndy/giv)

 

Beasiswa Pemerintah Indonesia

Beasiswa LPDP

Waktu itu, Tim Zetizen udah pernah membahas cara mendapatkan beasiswa yang satu ini. Beasiswa LPDP ini adalah beasiswa khusus lulusan S1 dan ingin meneruskan ke jenjang S2 dan S3. Selengkapnya bisa kamu baca disini (https://www.zetizen.com/show/1842/beasiswa-lpdp-kuliah-di-dalam-atau-luar-negeri-gratis).     

Di Korsel, ada beberapa kampus yang udah menjalin kerjasama mitra dengan program LPDP ini. Kayak Seoul National University, Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST), Pohang University of Science and Technology, Yonsei University, Korea University, Sungkyunkwan University, Kyung Hee University, dan Ewha Womans University.

Untuk info lengkap seputar LPDP bisa kamu temukan langsung di website LPDP di www.lpdp.kemenkeu.go.id

 

Beasiswa Pemerintah/Yayasan/Perusahaan/Institusi Korea Selatan

Ngerasa nggak memenuhi syarat LPDP? Nggak masalah! Karena, banyak juga program beasiswa yang ditawarkan berbagai institusi pendidikan Korea Selatan.

Korean Government Scholarship Program (KGSP)

KGSP adalah beasiswa penuh yang diberikan Kementrian Pendidikan Korea Selatan. Dengan beasiswa ini, kamu bisa melanjutkan pendidikan mulai Diploma, Sarjana, Pascasarjana dan Doktoral dengan tambahan kursus bahasa Korea selama setahun. (http://www.niied.go.kr/eng/index.do)

Schlolarship for Asian Students Studying in Korea dari POSCO TJ Park Foundation

Diperuntukkan buat kamu yang berjiwa pemimpin. Penerima beasiswa disediakan biaya perkuliahan dan biaya hidup selama 22 bulan untuk program Master dan Doktoral di perguruan tinggi ternama di Korsel. Cukup bergengsi sih, karena beasiswa ini terbatas untuk 30 pelamar beasiswa aja tiap batch nya. ( http://www.postf.org/en/main.do)

 Art Major Asian (AMA) Scholarship

Terkenal dengan banyak kampanye berbasis budaya yang disiarkan ke seluruh dunia, Korea Selatan emang nggak main main soal bidang budaya dan seni. Beruntunglah kamu yang tinggal di Indonesia, karena Beasiswa ini juga banyak ditujukan untuk pelajar Indonesia. Beasiswa tersedia secara penuh untuk studi Sarjana dan Pascasarjana di bidang musik, film, dance, visual arts dan kesenian Korea (http://eng.karts.ac.kr:8090)

POSCO Fellowship for Graduate Institute of Ferrous Techonology (GIFT) Students dari POSTECH

POSTECH menyediakan beasiswa Internasional untuk mahasiswa asing yang ingin mempelajari teknologi. Terbuka untuk studi sarjana hingga doktoral loh. Coba aja cek disini (http://wwwhome.postech.ac.kr/web/eng/itn_04)

Korea Green Promotion Agency (KGPA) Scholarship Program

Jika kamu sekarang mendalami kuliah di jurusan kehutanan, nggak ada salahnya mencoba beasiswa yang satu ini setelah lulus nanti. Beasiswa ini terbuka untuk program Master degree alias Pascasarjana. (http://ago.kgpa.or.kr/eng/index.php)

AFoCo Landmark Graduate Scholarship Program dari ASEAN-Korea Forest Cooperation (AFoCo)

Hampir sama seperti beasiswa KGPA kok. Bisa jadi alternatif untuk mencari beasiswa di bidang kehutanan. Langsung cek aja informasi di link berikut (http://ago.kgpa.or.kr/engboards/view/eng_announ/224289)

http://ago.kgpa.or.kr/eng/index.php

 

Beasiswa Universitas di Korea Selatan

 

Nah, beasiswa yang disediakan di Universitas di Korea Selatan itu banyak macamnya. Mulai dari potongan biaya pendidikan sekitar 30%-100% dan beasiswa yang ditawarkan oleh institusi lain maupun negara. Berikut program beasiswa Universitas yang tersedia di Korea Selatan.

Beasiswa dari Park Chung Hee School of Policy and Saemaul, Yeungnam University
(psps.yu.ac.kr)

Ewha Global Partnership Program (EGPP) di Ewha Womans University

(www.ewha.ac.kr)

University of Science and Technology (UST) Scholarship

(admission.ust.ac.kr)

SRD Scholarship Program di Dongguk University

(www.dongguk.edu)

Scholarships for International Students di University of Seoul 

(kiice.uos.ac.kr)

Beasiswa di Ulsan National Institute of Science and Technology (UNIST) Korea Selatan

(www.unist.ac.kr)

 

 

 

 

Share
Create Your Own Article!