Pak Guru Aldy (tengah) dan para murid Sekolah Alam Bambu Item Bogor. dok pribadi

Zetizen.com - Jangan dikira guru itu cupu dan gaptek ya. Mereka juga bisa kok jadi vlogger. Contohnya Aldy Pradana, guru Sekolah Alam Bambu Item (SABIT) Bogor. Cowok asal kampung Badran, Surakarta ini rajin bikin vlog lho. Salah satunya berjudul TVLOG, Teacher’s Video Blog. “Karena aku seorang guru, jadi temanya seputar keseharian guru. Biasanya bahan utama vlog lebih ke acara atau kegiatan yang ada di sekolah. Kayak camping atau pas ada science fair,” ujar Aldy.

Aldy sengaja ngangkat cerita guru saat bikin vlog. Alasannya karena terinspirasi oleh penulis buku best seller di Indonesia, Raditya Dika. “Aku ceritain karakter dan semua kegiatan guru yang memang jadi pekerjaanku. Radit pernah bilang “jadilah yang beda”. Menurutku, vlog tentang guru itu beda, makanya saya bikin,” beber cowok 23 tahun tersebut.

Bagi Aldy, vlog nggak hanya buat share cerita aja. Di vlog, dia bisa sekaligus belajar edit video dan dokumentasi kegiatan. Tak heran, tampang Aldy jarang keliatan di vlog.
“Aku seringnya di belakang kamera. Nggak kayak vlogger lain yang sering muncul wajahnya. Belum pede, euy,” kelakarnya.

Bikin vlog, modal Aldy ala kadarnya. Hanya berbekal kamera poket merk Canon seri IXUS 175. Karena yang sering diangkat aktivitas anak didiknya, banyak orang tua murid yang suka. “Maksimalkan barang yang ada. Kalo nunggu punya kamera bagus baru bikin vlog, malah nggak bikin-bikin dong. Pake ini aja udah banyak yang suka,” koar Aldy.

Aldy bilang, vlog ini bisa jadi hal positif jika diisi dengan konten positif. Semisal ada Zetizen yang hobi main skateboard. Buat aja vlog yang isinya tips and trick cara main skateboard. Atau Zetizen yang kuliah di kedokteran gigi, bikin vlog tentang tips merawat gigi, dll. “Sayang aja kalo vlog isinya cuman jalan-jalan ke mal,” lanjut Aldy. (aya/fer radar solo/web)

 

 

Share
Create Your Own Article!
/* */