Zetizen.com - Bagi pecinta K-pop, nggak ada salahnya untuk mengenal tren skincare dan kecantikan ala Korea Selatan. Memiliki wajah mulus dan bersih bak artis K-pop tentu jadi impian semua wanita. Nggak heran jika Korea Selatan kerapkali dijadikan kiblat skincare dunia. Tak hanya produk-produk kecantikannya yang menarik, tren Korean skincare yang unik pun juga semakin beragam seiring berjalannya waktu. Mau tahu apa aja tren unik tersebut? Yuk simak ulasan berikut!

 

 

Cloudless Skin

Kulit kenyal, lembab dan bersih ala Korea, siapa sih yang nggak mau? (foto:Narcity)

Tren yang muncul di awal tahun 2018 ini mengacu pada kulit yang terlihat bersih, moist dan kenyal layaknya awan yang lembut. Meski begitu beberapa pakar kecantikan Korea berkata bahwa tren ini mengarah pada gaya hidup yang sehat sehingga menghasilkan kulit yang sehat pula. "Perawatan skincare yang baik dan rutin ditunjang dengan gaya hidup yang sehat bisa memberi hasil akhir cloudless skin yang optimal. Kurangi stres dan istirahat yang cukup supaya kulit bisa beristirahat dengan tenang,’’ ungkap ahli kecantikan Alicia Yoon, dilansir dari Allure.

Untuk mendapatkan cloudless skin, perawatan dari luar dan dalam sangat diperlukan. Seperti memperbanyak konsumsi sayuran, kentang dan oatmeal. Jangan lupa untuk rajin membersihkan kulit pada malam hari sebelum tidur, karena malam hari merupakan proses sakral bagi kulit untuk regenerasi.

Tips: Gunakan pembersih wajah yang sesuai jenis kulit kamu. Kulit kering dan normal cocok menggunakan pembersih dengan kadar busa yang rendah (gently wash), contohnya Cetaphil. Untuk yang berminyak gunakan pembersih yang bisa mengangkat kotoran hingga ke dalam pori seperti Skinfood Egg White. Exfoliating diperlukan sebagai serangkaian skincare routine, lakukan 2 kali dalam seminggu menggunakan toner. Jika kulitmu kering cukup lakukan 1 kali seminggu karena jika terlalu sering bisa membuat kulitmu semakin kering.


Glass Skin

Psst, tren glass skin dimulai dari makeup enthusiast Korea, Ellie Choi, lho! (foto:Skin Reporter)

Seperti namanya, glass skin memberi kesan kulit yang halus, mulus tanpa pori dan bening layaknya kaca. Viralnya tren ini awalnya karena postingan seorang makeup enthusiast Korea, Ellie Choi yang membuat thread di akun twitternya @elliejellyb3an berupa tips dan fotonya yang memperlihatkan tampilan wajah yang bening, mulus bak tanpa pori. Netizen-pun mulai me-repost thread Ellie Choi ke Instagram dan merambah hingga beberapa Youtuber, seperti Tina Yong, yang membuat video ‘How to Get Glass Skin and Full Brow’.

Ellie Choi juga berbagi tips untuk mendapat Glass Skin melalui beberapa skincare routine yang ia bagikan melalui thread-nya. Yaitu menggunakan makeup wipes dan facial cleanser pada malam hari, menggunakan moisturizer untuk melembabkan, eksfoliasi wajah dengan Skinfood Strawberry Wash Off Mask dan dilanjutkan dengan menggunakan sheet mask. Ellie juga memperhatikan konsumsi makanan, hindari makanan yang digoreng karena bisa mempengaruhi kesehatan wajah nantinya.

Tips: Selain dengan menggunakan skincare, glass skin juga bisa diperoleh dengan makeup. Gunakan produk yang memberi efek glowing, illuminating, dan hydrating, tentunya sangat cocok untuk kulit kering dan kombinasi. Namun untuk yang kulit berminyak jangan gunakan mattifying primer, ganti dengan primer yang kandungannya lebih ringan dan melembabkan sehingga muka bisa keliatan glowing.


Honey Skin

Sering dibilang sama, padahal glass skin dan honey skin berbeda, lho! (foto:CDN)

Banyak yang menyamakan tren glass skin dan honey skin karena hasil akhir yang mirip, namun nyatanya berbeda. Jika glass skin menawarkan hasil akhir kulit yang bening mengkilap, maka honey skin atau dalam bahasa Korea kkul pi bu memberikan hasil bercahaya, kenyal, padat dan terhidrasi secara maksimal. Tren yang muncul di penghujung tahun 2017 ini berhasil menangkap perhatian wanita setelah pemilik brand Soko Glam, Charlotte Cho, memperkenalkan tren honey skin.

Langkah-langkahnya pun mudah, yaitu dengan memperhatikan kebutuhan cairan tubuh, memperbanyak minum air putih dan melakukan layering skincare yang berbasis oil serta produk yang mengandung pelembab. Bisa berupa krim, masker, atau cleanser.

Tips: Kurangi penggunaan foundation karena bisa megurangi kelembaban kulit wajah, gunakan serum dengan kandungan vitamin C untuk mencerahkan wajah. Ditunjang dengan penggunaan moisturizer yang sesuai dengan jenis kulit.

Editor: Nena Zakiah


Share
Create Your Own Article!
/* */