Pasti kalian sudah nggak asing lagi dong dengan pramuka. Tapi pernah nggak dengar tentang Tanda Kecakapan Khusus? Yups, TKK diberikan bagi mereka yang mumpuni dalam melakukan suatu bidang atau berhasil memenuhi beberapa syarat yang dibutuhkan untuk mendapat tanda tersebut. Yuk kenalan dengan beberapa TKK yang kegiatannya mudah kalian lakukan di kehidupan sehari-hari loh.

TKK Penabung

Buat kalian yang suka dan rajin menabung, you got this sign! Fyi, tanda ini menjadi syarat untuk mencapai tingkat Pramuka Garuda. Ada beberapa syarat untuk mendapat tanda ini. Misalnya, mampu menabung uang secara teratur sekurang-kurangnya enam bulan. Uang tabungan bersumber dari hasil sendiri, serta mampu mengurus administrasi buku tabungan.
Contoh aksi: kampanye pentingnya menabung, membuat bullet journal untuk perencanaan keuangan
 

TKK Pengamanan Lingkungan

Tanda ini diberikan bagi mereka yang mampu menciptakan keadaan lingkungan yang aman dan kondusif serta gotong royong. Syaratnya, kamu harus paham betul tanda bahaya, arti dan maksud bunyi dari kentongan. Pernah melaporkan kasus kejahatan pada pos keamanan serta aktif dalam kegiatan ronda malam yang diadakan di kampung/desa.
Contoh aksi: turut menjaga kelestarian lingkungan, membuat takakura, aktif di Eco School.
 

TKK Pembantu Ibu

Tanda yang satu ini khusus diberikan untuk kamu yang membantu pekerjaan ibu di rumah dengan baik dan benar. Lewat tanda ini, keterampilan seorang anggota dalam meraih ketertiban dan ketangkasan di rumah bisa dilihat loh. 
Contoh aksi: Join pekerjaan rumah dengan Ibu atau menunjukkan kedekatan dengan Ibu

TKK Pengendara Sepeda

Buat kalian yang suka dan ahli banget naik sepeda, congrats! kamu berhak mendapat tanda kecakapan ini. Selain itu kita juga harus bener-bener paham semua hal yang berkaitan dengan sepeda, mulai cara merawat, bagian-bagian sepeda, hingga Undang-undang lalu lintas sepeda.
Contoh aksi: bersepeda jarak jauh
 

TKK Pengarang

Bagi kalian yang pintar mengarang dan suka buku, maka  TKK ini cocok banget buat kamu. Anggota dapat menyusun karangan literasi apapun. Nah, dari sini kita bisa tahu kan pramuka mengajar pesertanya supaya cakap diberbagai bidang termasuk hal spesifik sekalipun.
Contoh aksi: menulis artikel, meliput berita, menulis di blog, membuat buletin
 
Psst, Zetizen sedang mengadakan challenge aksi kebaikan berdasarkan TKK di atas loh. 
Yuk segera upload aksimu!
Share
Create Your Own Article!