PopCon Asia 2017

Keseruan PopCon Asia 2017 (Foto: Jawa Pos)

 

Zetizen.com - PopCon Asia datang lagi nih! Acara yang selalu ditunggu para penikmat pop culture ini akan kembali menghadirkan berbagai keseruan yang tentunya menjunjung industri kreatif Indonesia. Dengan mengangkat tema Clash of Pop, PopCon Asia 2018 dipastikan menjadi wadah para pegiat dan penikmat pop culture untuk beradu, nggak cuma kreatifitas tapi juga karya dan potensi kolaborasi! Penasaran apa saja acara yang bakal ada dalam PopCon Asia 2018? Yuk, disimak! 

PopCon Challenge: “SEKISHA! Challenge”

Setelah sukses dengan JOUCHAKU! Challenge tahun lalu, PopCon kembali dengan challenge serupa, yaitu SEKISHA! Challenge. Challenge yang mulai ada sejak tahun lalu ini mengajak para peserta untuk menirukan gaya 'berubah' dari tokoh Space Sheriff Sharivan. Dalam PopCon Asia 2018, Challenge ini diadakan dalam rangka menyambut anniversary 35 tahun tokoh tersebut. Salah satu juri untuk SEKISHA! Challenge tahun ini, merupakan pemenang dari JOUCHAKU! Challenge tahun lalu, Erlan Arisandi. Henshin!

PopCon Challenge: Cosplay Challenge

Challenge ini terbagi menjadi empat subkategori. Yaitu, Armor, Non-Armor, Bumi Langit Character Cosplay, dan Bumi Langit Costume Making. Simpelnya, kategori Armor untuk kostum yang lebih dari 30 persen bagian tubuhnya tertutup bahan non-kain. Sebaliknya, Non-Armor adalah kategori untuk kostum yang lebih dari 30 persen bagian tubuhnya tertutup bahan kain.

Cosplayer yang memakai kostum superhero asli Indonesia bisa memilih kategori Bumi Langit Character Cosplay. Misalnya, Gundala, Godam, Si Buta dari Goa Hantu, dan Aquanus. Tenang, masih ada 11 superhero Indonesia lain yang bisa ditampilkan cosplayer kok. Cek di sini ya! 

Tabletopia

Indonesia punya banyak board game lho dan Tabletopia merupakan tempat yang tepat buat menunjukkan sekaligus mencoba memainkan karya-karya desainer board game lokal. Area Tabletopia memungkinkan pengunjung PopCon Asia 2018 buat mengajak teman-teman dan memainkan berbagai macam board game lokal seperti Keris Tanding, Waroong Wars, Lelang Mania, dan masih banyak lagi!

PopConnect

Koneksi merupakan hal penting dalam dunia industri kreatif. Oleh karena itu, PopConnect diadakan untuk memperluas koneksi antara kreator lokal dan publisher-publisher terkenal. Para kreator bisa datang ke PopCon Asia 2018 untuk mengobrol langsung dan menyerahkan portofolio hasil karyanya ke publisher yang diinginkan. Wah, sayang buat dilewatkan nih!

Doodle Art Battle

Kenal karakter-karakter seperti Si Juki, Tahilalats, dan karakter-karakter komik Indonesia lain? Nah, para kreator karakter-karakter itu akan bertanding dan menunjukkan doodle siapa yang terbaik. Dengan berbekal spidol papan tulis, mereka akan menggambar doodle masing-masing dan dibandingkan dengan doodle kreator lain. Kabarnya, di PopCon Asia 2018, Doodle Art Battle akan dikemas dengan unik dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Doodle Art Battle 2017 antara Evangeline Neo (kiri) dan Dika Toolkit (Foto: Evacomics)

PopCon Awards

PopCon Awards adalah ajang penghargaan bergengsi bagi mereka yang sudah berkontribusi dalam industri kreatif pop culture di berbagai bidang. Misalnya, film, acara TV, game, animasi, dan musik. PopCon Awards dibuat atas dasar keperluan dalam mengakui dan menghargai karya kreatif dan konten hiburan terbaik.

POPSTAR

Perhelatan pop culture nggak akan luput dari kehadiran bintang-bintang yang sudah dikenal dalam bidangnya. Beberapa nama besar seperti Ronny Gani, Austin St. John, Kael Ngu, Monez Gusmang, Mico Suayan, dan Wil Traval dipastikan akan hadir sebagai bintang tamu dalam PopCon Asia 2018. Sebagai tambahan, beberapa film seperti Dear Nathan Hello Salma, Gundala, Foxtrot Six, dan Dreadout akan ditampilkan untuk memeriahkan PopCon tahun ini. Eits, ada White Shoes and The Couples Company juga lho yang bakal membawakan single barunya serta Goodnight Electric yang siap mengajak pengunjung bernyanyi bersama.

“Kami menyadari bahwa untuk menjadi wadah bagi segenap pelaku industri kreatif tanah air, khususnya pop culture, kami harus bisa mengakomodasi berbagai pihak yang terlibat. Oleh karena itu, penyelenggaraan POPCON Asia 2018 mencoba menggandeng pegiat & kreator, fans & penikmat, pemerintah, serta tidak ketinggalan tentu saja brand yang memungkinkan adanya kolaborasi karya. POPCON Asia 2018 kami rancang dengan tema clash of pop sehingga semua pihak bisa beradu, tidak dalam makna negatif, melainkan untuk semakin termotivasi untuk berkarya." - Yenny Wangsawidjaja (Managing Director POPCON Inc)

Sudah nggak sabar menunggu POPCON Asia 2018? Pantengin terus informasi terbarunya di Zetizen.com!

Share
Create Your Own Article!
/* */