Zetizen.com - Okelah kita semua tahu kalau download dan akses situs sembarangan bisa bikin gadget kita itu kena virus. Padahal ada juga kebiasaan-kebiasaan lain yang sering kita lakukan, padahal bisa bikin laptop kita tetap rusak. Apa aja?

 

Nyemil Makanan dan Minuman sambil Laptopan

Foto: Pixabay

Nugas ataupun marathon drama emang enak banget kalau disambi nyemil. Padahal sebenernya itu cukup beresiko buat laptop loh. Misalnya bahaya saat serpihan makanan jatuh dan masuk ke komponen laptop, ataupun air minuman kalian yang tumpah. Daripada kejadian beneran, mending jauhi kebiasaan ini dari sekarang deh.

 

Laptopan di Atas Kasur

Foto: Cloudfront

Posisi paling nyaman banget pasti di atas kasur kan ya? Peweeee banget… Tapi seharusnya kita gak boleh loh terlalu lama menaruh laptop diatas kasur. Soalnya, udara yang seharusnya mengalir masuk ke dalam laptop jadi tersendat karena terhalang cekungan kasur. Pembuangan panas pada laptop pun jadinya nggak maksimal. Lama kelamaan, bisa menyebabkan overheated pada laptop kamu! Makanya, mending cari aman dengan mainan laptop di atas meja atau alas lainnya yang datar.

 

Menindih Barang Berat ke Atas Laptop

Foto: Pixabay

Jangan mentang-mentang laptop itu gede dan lebar, kamu jadi berani naruh baranng-barang kayak buku di atasnya. Barang-barang itu dapat membuat layar laptop rusak bahkan retak, terutama pas posisi laptop tertutup. Ini juga berlaku kalau laptop kamu berada dalam tas. Ketika meletakkan tas, usahakan sisi tempat laptop berada di atas dan nggak tertindih isi tas lainnya.

 

Malas Bersihkan Laptop secara Rutin

Foto: Good Feel Care Plus

Jangan males males buat bersihin laptop kalian! Sebenernya caranya gampang banget kok. Gunakan kain fiber dan sikat gigi bekas. Bersihkan keyboard dengan sikat gigi, sikat pelan di bagian sela-sela keyboard. Kalau udah, bersihkan seluruh permukaan laptop dan lubang ventilasi agar sirkulasi udara lancar dengan dan bersihkan luaran laptop dari debu yang menempel menggunakan kain fiber. Easy, right?

 

Editor: Fahri Syadia

 

 

Share
Create Your Own Article!