Foto: Adweek

Zetizen.com - aktivis/ak·ti·vis/ n 1 orang (terutama anggota organisasi politik, sosial, buruh, petani, pemuda, mahasiswa, wanita) yang bekerja aktif mendorong pelaksanaan sesuatu atau berbagai kegiatan dalam organisasinya; 2 Pol seseorang yang menggerakkan (demonstrasi dan sebagainya).

Gabung organisasi, bekerja aktif dalam pelaksanaan suatu kegiatan, hingga jadi penggerak. Apakah kamu akrab dengan hal-hal tersebut? Gotcha! Berarti kamu termasuk seorang 'aktivis'. Kali ini, ada kabar baik buat kamu. Tahun 2018 nanti, ternyata ada beberapa beasiswa yang dikhususkan bagi para aktivis seperti kamu, loh. Yuk intip!

 

Beasiswa Aktivis Nusantara 2018

Foto: Beastudi Indonesia

Dipelopori oleh Dompet Dhuafa, Beasiswa Aktivis Nusantara atau yang biasa disebut sebagai Bakti Nusa ini khusus untuk kamu yang ingin mengembangkan kepemimpinan diri. Bakti Nusa ditujukan buat mahasiswa tahun ke-3 dan ke-4 yang aktif dalam gerakan sosial di kampusnya dan di masyarakat. Harapannya, orang yang terpilih bisa menjadi masyarakat yang aktif dan kompeten untuk mewujudkan Indonesia yang bisa berdaya saing di dunia global.

 

Kamu pun bisa mengikuti berbagai kegiatan seru, seperti pelatihan kepemimpinan dengan tokoh inspiratif hingga magang di berbagai wilayah Indonesia! Untuk pendaftaran tahun 2018, kamu bisa cek di sini

 

Orange Tulip Scholarship (OTS) 2018

Foto: World Scholarship Forum

Sesuai dengan namanya, beasiswa OTS ini akan mengirimkan para delegasi ke Belanda. Beasiswa ini merupakan hasil kerjasama antara Pemerintah Indonesia dengan berbagai institusi pendidikan tinggi di Belanda. Kesempatan bagus buat kamu yang mau lulus SMA, dan pengin kuliah S1 di luar negeri. Para pelamar pun dibebaskan untuk memilih universitas manakah yang akan menjadi tempat belajar.

 

Nah untuk kamu yang ingin mendalami gerakan sosial dan demonstasi, kamu bisa mendaftarkan diri ke Tilburg University. Khusus periode 2018/2019, OTS menyiapkan 75 kursi. Nah? Tunggu apalagi? Segera cek kesempatanmu disini

 

Beasiswa Davis Putter Amerika Serikat

Foto: Davis Putter

Kamu inisiator gerakan sosial di bidang politik, ekonomi, atau lingkungan? Atau, kamu selalu tertarik dengan isu internasional? Kalau iya, berarti kamu cocok banget untuk menjadi penerima beasiswa Davis-Putter. Di bawah naungan Ronald Reagan Foundation, Davis-Putter Scholarship Fund selalu konsisten memberikan beasiswa sebesar USD 10.000 (sekitar Rp. 135 juta) yang disebar di berbagai negara.

 

Psst, beasiswa ini cuma diperuntukkan bagi para remaja lulusan SMA yang percaya kalau mereka adalah agen perubahan! Nah kalau kamu aktif ikut gerakan sosial atau bahkan jadi founder-nya, boleh banget nih dicoba. Are you dare enough? Check here

 

 

Beasiswa President University 2018

Foto: Informasi Beasiswa

Bicara soal beasiswa dalam negeri, kurang lengkap tanpa kehadiran President University. Berlokasi di kawasan Jababeka, President University menyiapkan dana keseluruhan untuk penerima beasiswa. Artinya, seluruh dana kuliahmu gratis! Salah satu syaratnya adalah penerima beasiswa harus berada di 10 besar dari sekolah asal.

 

Nah kalau kamu punya pengalaman organisasi seperti OSIS atau gerakan sosial lainnya, itu bakal jadi nilai plus. FYI, kampus ini menggunakan Bahasa Inggris di seluruh aktivitas belajarnya loh. Selain itu, President University juga menyediakan beragam kegiatan sosial yang bakalan cocok banget dengan jiwa aktivis sepertimu. Yuk daftarkan dirimu disini

 

Editor: Fahri Syadia

Share
Create Your Own Article!
/* */