"Ketika aku nggak bisa mengungkapkan perasaanku lewat kata-kata, musik yang aku mainkan bisa mewakili apa yang aku rasakan." - Rizki Argananta, Best Talent Zetizen Boys 2k17

Zetizen.com - Sebagai seni universal, musik memang sering jadi sarana alternatif untuk berekspresi. Tapi, di era milenial ini, musik nggak cuma jadi ajang menyalurkan suara. Musik juga bisa jadi nilai plus, terutama untuk anak muda. That's why para finalis Zetizen Boys 2k17 sempat belajar musik bersama IM Music. Apa aja manfaatnya? (may/als)

Kenny Febrian Sugianto, film & concert composer IM Music
Kenny Febrian Sugianto, film & concert composer IM Music

 

Media Melatih Otak

"Kalau kita ke gym untuk melatih physical muscle, maka musik adalah sarana untuk melatih otak," ujar Kenny Febrian Sugianto, film & concert composer IM Music. Selain bisa menjadi sarana berekspresi, musik bermanfaat untuk melatih emosi dan membentuk karakter.

Kenny juga menjelaskan kalau belajar musik bisa melatih kreativitas seseorang. "Mungkin kebanyakan orang pernah mendengar kalau belajar musik bisa melatih otak kanan yang fungsinya berhubungan dengan kreativitas. Tapi, research justru menunjukkan kalau musik melatih kedua bagian otak, baik kiri yang berhubungan dengan logika maupun kanan," ujarnya. 

Sarana Pelepas Penat

"Musik adalah sarana entertainment. Kalau kita belajar musik, berarti kita meng-entertain diri sendiri," imbuh Kenny. Yap, musik memang bisa jadi obat pelepas penat. Sebab, belajar musik bisa me-refresh otak dan pikiran karena sifatnya sebagai trainer bagi otak. Apalagi, musik juga bisa jadi sarana penyaluran bakat dengan cara yang bermanfaat.

"Nggak ada sarana lain yang bisa engages otak kita seperti musik. Mulai dari engages akademik, physical, emosi, memori, brain plasticity, dan masih banyak lagi," tuturnya.

Hobi yang jadi Profesi

Buat anak muda, musik udah jadi lifestyle tersendiri. That's why banyak anak muda yang memilih musik sebagai hobi dan sarana eksistensi diri. "Musik bisa memberikan kesempatan bagi siapapun untuk berkarir di dunia musik," kata Kenny. Dengan perkembangan sosial media saat ini, siapapun bisa menyalurkan hobinya dalam bermusik dan mengubahnya jadi profesi.

"Banyak orang salah berasumsi kalau karir dalam musik hanya sebatas performer. Padahal, yang disebut musisi adalah orang yang memiliki karir di dunia musik, baik itu performer, composer, arranger, dan masih banyak lagi," ujar Kenny.

Career Booster

Anak muda yang inspiratif tentu nggak bisa mengandalkan skill akademis aja dong. Tapi juga harus punya kemampuan dan bakat di bidang lain yang bisa mem-boost karir dan eksistensi. Musik adalah sarana yang paling mudah sekaligus paling tepat.

"Seorang influencer harus memiliki karakter yang bagus, dan musik bisa melatih karakter tersebut. Selain itu musik bisa men-develop karir seseorang dan menjadi nilai plus dalam kemampuannya," tutup Kenny. So, meskipun nggak jadi seorang musisi, kamu tetap bisa nge-boost apapun karirmu nanti dengan bakat bermusik.

Kenny Febrian Sugianto, film & concert composer IM Music
IM Music dan Zetizen Boys 2k17

 

Share
Create Your Own Article!