Zetizen.com - Siapa sih di antara kita yang nggak suka makan? Bahkan terkadang kita sampai berburu tempat makan baru yang digadang-gadang menawarkan keunikan. Yap, banyak dari kita yang punya hobi makan tapi bingung mau bagaimana caranya membuat hobi tersebut menguntungkan. Nah, buat kamu yang bercita-cita punya pekerjaan yang sesuai dengan hobi, profesi ini cocok banget buat referensi kamu yang hobi banget makan. Apa aja sih? Yuk simak ulasannya!

1. Food Consultant

Foto: pexels

 

Siapa bilang konsultan cuma ada di bidang hukum sama keuangan aja? Sekarang ini bidang kuliner juga ada konsultannya loh. Yap, food consultant (konsultan makanan) bertugas mengevaluasi bahan makanan dan peralatan yang digunakan oleh klien, mengevaluasi penataan ruang restoran ataupun kafe, hingga memberi masukan terhadap kebutuhan perusahaan. Nggak cuma lulusan tata boga aja loh yang bisa menjadi konsultan makanan. Yang terpenting kamu memang mencintai dan memiliki wawasan yang luas seputar dunia kuliner. Poin plus lagi kalau kamu menguasai tentang tata desain ruangan.

2. Foodgrapher

Foto: thedailymeal

 

Tugas seorang foodgrapher adalah dapat merepresentasikan sajian yang menggoda dalam bentuk visual. Foto-foto yang dihasilkannya ini bisa untuk keperluan buku menu, iklan dan media promosi, sosial media, atau company profile. Meski memotret adalah kegiatan yang menyenangkan, menjadi foodgrapher juga punya tantangan tersendiri loh. Komposisi, filter, dan angle pun jadi teknis pemotretan yang nggak boleh dilupakan. Untuk menjadi fotografer makanan, kamu harus membangun portofolio yang baik, makanya kamu bisa memulainya dari sekarang. Selain itu kamu juga harus membiasakan diri mengikuti pelatihan dan juga mengasah skill editing foto, biar hasil jepretanmu semakin oke.

3. Food Stylist

Foto: orlf

 

Kalo kamu menyukai makanan sampai ke detil-detilnya, coba pertimbangkan deh profesi yang satu ini. Fotografer makanan dan food sylist (penata makanan) adalah dua orang yang harus selalu bekerja sama. Food stylist bertugas mencari perabotan masak, hingga menata susunan makanan agar sempurna saat difoto. Setelah semua selesai, barulah food photographer bekerja. Food stylist dibutuhkan oleh agensi iklan dan produsen makanan untuk mengonsep produknya pada saat pemotretan. Sekarang ini food stylist menjadi profesi yang menjanjikan loh, soalnya masih langka banget guys. Bahkan, satu kali projek bisa dapat Rp 2-3 Juta. Bahkan bisa lebih kalau kamu sangat berpengalaman. Mungkin inilah kesempatan kamu selanjutnya!

4. Food Writer

Foto: foodbloggerpro

 

Buat kamu yang jago nulis dan percaya diri, food writer bisa menjadi pilihanmu untuk meniti karir. Sejauh ini dikenal tiga macam food writer yaitu jurnalis kuliner, penulis buku kuliner, dan food blogger. Pastinya kamu harus mempunyai wawasan yang luas tentang kuliner untuk menjalani profesi yang satu ini. Beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk menjadi seorang food writer diantaranya kamu harus paham betul bagaimana cara mengkritik dan meninjau makanan. Selain itu, nggak jarang kamu harus bepergian untuk mencari inspirasi dan bahan tulisan kulinermu. Kamu pun wajib memiliki kemampuan komunikasi yang baik, terkadang kamu diharuskan mewawancarai narasumber untuk memperdalam tulisanmu.

5. Food Buzzer

Foto: abowlofclover

 

Yang satu ini lagi tren banget di kalangan anak muda. Yap, sekarang ini banyak food buzzer yang dapat kita temui di sosial media seperti twitter maupun instagram. Berbekal follower yang banyak, mereka mencoba membuka peluang bagi calon pengiklan untuk dipromosikan. Sambil menunggu pengiklan, mereka selalu mem-posting hal-hal yang berkaitan dengan kuliner.

Food buzzer ini biasanya mempromosikan sebuah tempat makan atau mungkin mempromosikan produk makanan yang beredar di pasaran. Kalo kamu tertarik, kamu harus mengisi akunmu dengan foto hasil jepretan sendiri biar terlihat orisinil. Kamu juga harus mempelajari cara personal branding via sosial media yang baik, biar akunmu memikat banyak followers dan selalu diingat ketika orang-orang mencari referensi kuliner.

6. Presenter Kuliner

Foto: jawapos

 

Siapa yang nggak kenal mendiang Bondan Winarno? Bapak yang dikenal dengan jargon ‘mak nyus’ ini, pada awalnya memiliki karir sebagai redaktur ahli di sebuah majalah marketing. Kecintaannya pada dunia kulinerlah yang membawanya terpilih sebagai presenter acara kuliner. Nggak sekedar cinta, wawasan Pak Bondan akan kuliner pun sangat mumpuni. Hal ini terlihat ketika beliau menjabarkan cita rasa masakan yang dicicipinya.

Menjadi presenter acara kuliner sebenarnya gampang-gampang susah. Di samping memiliki pengetahuan luas akan masakan, cara pengolahan, dan aneka bumbu, penampilan menarik juga masih menjadi modal untuk media televisi. Walaupun begitu, bukan berarti ini menjadi penghalang kamu ya, masih ada waktu buat berbenah diri kok.

6. Food Tester

Foto: careeraddictCaption

 

Food tester sangat berperan dalam kualitas masakan. Sebelum sebuah masakan disajikan kepada penikmatnya, food tester akan mencicipinya lebih dulu. Nggak cuma soal rasa, seorang food tester juga harus memahami apakah makanan itu aman dikonsumsi dan terbebas dari racun pastinya. Eits, menjadi seorang food tester adalah pekerjaan yang membanggakan loh, apalagi kalo mengecek makanan untuk orang-orang penting seperti raja atau presiden. Keren!

So, mana nih yang jadi pilihanmu? Kalo kamu tertarik mengembangkannya sebagai karirmu nanti, mulailah membuat portofolio dan memperluas wawasanmu ya!

Share
Create Your Own Article!