Zetizen.com - Kebanyakan orang Indonesia mempunyai kulit gelap atau sawo matang. Sayangnya, mereka malah minder dan nggak percaya diri dengan sama warna kulitnya. bahkan beberapa dari mereka rela merogoh kocek dalam-dalam untuk merubah kulitnya menjadi putih. Padahal ada beberapa fakta kesehatan bermanfaat, yang cuma dimiliki kita si kulit gelap. Apa aja sih faktanya? Yuk kita simak!

 

Terlindung dari Sinar Matahari

Titi Rajo Bintang (instagram/titirajobintang)

Did you know? Semakin gelap kulit kita, tandanya ukuran melanosit semakin besar. Melanosit adalah sel yang memproduksi melanin pada kulit. Artinya kalau kita memiliki melanin yang banyakmaka kulit kita akan lebih kuat dalam melindungi paparan sinar matahari serta sinar UV yang terkandung didalamnya. Meski begitu, sunblock dan lotion kulit jangan lupa digunakan ya. Biar kulitmu lebih sehat dan beregenerasi setelah terpapar sinar matahari yang berlebih.

 

Mengurangi Resiko Kanker Kulit

Tara Basro (instagram/tarabasro)

Karena memiliki pigmen melanin yang banyak, kita yang berkulit gelap lebih terlindungi dari sinar UV dibanding orang berkulit putih. Sinar UV yang mengenai kulit kita pun nggak mudah merusak jaringan sel-selnya, sehingga mengurangi resiko terkena kanker kulit. Nggak cuman itu aja, pigmen melanin bertugas melawan radikal bebas dan mampu melindungi sistem saraf pusat dari jamur cryptococcus neoformans atau infeksi kriptokokosis. FYI, infeksi jamur ini sendiri dapat menyebabkan pembengkakan dan iritasi pada otak juga sumsung tulang belakang loh. Ngeri!

 

Bikin Awet Muda

Audrey Tapiheru (instagram/tapiheruaudrey)

Ternyata banyaknya melanin yang dimiliki orang-orang berkulit gelap juga berfungsi untuk menjaga kulit dari penuaan loh, contohnya seperti keriput, flek hitam, kerutan dan kulit kasar. Hal itu disebabkan karena melanin dalam kulit mereka menahan kelembaban di stratum corneum sehingga menghambat timbulnya penuaan dini. Orang yang berkulit gelap juga cenderung memiliki serat kolagen yang lebih banyak dan lebih tebal. Makanya pemilik kulit gelap terlihat lebih awet muda.

 

Memiliki Tulang Lebih Kuat

Adinia Wirasti (instagram/adiniawrst)

Banyaknya jumlah pigmen pada kulit gelap dapat menyimpan cadangan vitamin D3 yang berasal dari sinar matahari. Sehingga, orang berkulit gelap punya resiko lebih kecil mengalami osteoporosis karena mampu menyerap kalsium lebih banyak. Makanya,bule-bule yang berkulit putih sampai rela menjemur dirinya berjam-jam di bawah terik matahari.

 

 

Nah, ternyata banyak kan manfaat kesehatan bagi orang yang berkulit gelap? So, buat kalian yang memiliki kulit gelap nggak perlu minder lagi ya. Be proud!

Share
Create Your Own Article!