BTS

Foto: LA Times

 

Zetizen.com - Boy band asal Korea, BTS (Bangtan Boys), nggak berhenti bikin kita terpesona. Setelah menghadiri American Music Award (AMA), tampil di acara Ellen DeGeneres, dan diundang Jimmy Kimmel, prestasi BTS di kancah internasional terus melambung. Media dunia terus menyorot gerak-gerik RapMonster cs. Eits, mereka emang layak sesukses itu kok. Inilah alasan kenapa BTS bisa terkenal secara internasional?

Satu-Satunya Idol yang Berhasil di Agensi

Dulu, BigHit Entertainment yang menaungi BTS adalah agensi kecil. Tapi, pada 2016, BTS berhasil menggebrak kancah musik Korea dengan lagu Fire. Sampai saat ini, video klip Fire sudah ditonton lebih dari 232 juta kali. "Big hit" BTS berikutnya di tahun yang sama adalah Blood, Sweat, and Tears. Lagu itu berhasil membawa BTS menduduki Top 200 Billboard selama dua minggu.

Sejak saat itu, BigHit Entertainment menjadi salah satu agensi yang lumayan berkembang di tengah tiga agensi raksasa lain. Yaitu, YG Entertainment, JYP, dan SM Entertainment. Nggak tanggung-tanggung, berkat BTS, BigHit Entertainment menerima penghasilan sebesar KRW 35,5 milyar pada 2017. Daebak!

Target Pasar Beda dari yang Lain

Dibandingkan boy band Korea lain, target pasar BTS berbeda. Hal itu jadi salah satu faktor kelancaran BTS mengembangkan benderanya secara internasional. Sebab, BTS sama sekali nggak mengusung member asal Tiongkok atau Taiwan seperti yang dilakukan kebanyakan idol group Korea. Ternyata, bagi BigHit Entertainment, pasar musik Tiongkok bukan hal besar. Mereka justru memilih untuk fokus menguasai pasar Amerika Serikat agar BTS bisa lebih bersinar dari yang lain.

Foto: CBS News

 

Saingan Lebih Sedikit

Karena target pasar beda, saingan BTS lebih sedikit. Bahkan, bisa dibilang BTS adalah satu-satunya boy group yang mendominasi pasar Amerika Serikat. Selain karena lagunya western banget, BTS juga nggak ragu berkolaborasi sama musisi-musisi luar negeri. Mulai dari The Chainsmokers sampai Zedd. Selain itu, kemampuan bahasa inggris RapMonster mumpuni kok. Jadi, mereka gampang berkomunikasi sama artis internasional.

Aktivitas Online jadi Ciri Khas

Nah, ini dia! Aktivitas online adalah salah satu bagian khas BTS. Siapa sih yang nggak tahu kalau BTS aktif banget di Twitter dan Instagram? Meskipun tiap member nggak punya akun pribadi, mereka online bergantian di akun Twitter dan Instagram resmi BTS. Mereka sering banget upload foto dan kabar terbaru atau cuma sekedar menyapa fans. Karena hal inilah, setelah tampil di AMAs 2017 kemarin, BTS mendapatkan Guinness World Records 2018 untuk kategori Most Twitter Engagement!

Cerita dari Lagu yang Unik

Ada satu lagi yang bikin BTS beda dari kebanyakan idol group Korea. Yaitu, cerita unik di balik setiap album dan lagu yang dirilis. Yap, BTS selalu punya konsep yang fresh dan cerita yang penuh teka-teki. Sehingga fans sibuk menerka-nerka. Keren banget ya? Bahkan, BTS terkenal dengan teori-teori unik yang nyambung ke berbagai cerita dan sejarah dunia lho.

Masih nggak terima BTS lebih terkenal dibandingkan boy band favoritmu yang lagi hiatus itu? Coba deh dengarkan satu lagu BTS dulu. Pasti ketagihan!

Foto: Billboard

 

| Editor: Ratri Anugrah

Share
Create Your Own Article!