Zetizen.com - Banyak orang yang berjasa dalam acara UBS Zetizen-Con. Nggak terkecuali para petugas keamanan alias security. Berada di barisan depan, ternyata tugas mereka nggak cuma menjaga keamanan event! Yuk, kenalan dengan orang-orang yang membuat jalannya UBS Zetizen-Con 2k17 ini terkondisikan!

Para security (Foto: Vincent Nathanael/SMAN 10 Surabaya)

 

Dimulai dari front gate, ada Bagus Indrawan di gate cowok dan Anggita di gate cewek. "Tugas kita tuh cross-check tiket pengunjung, periksa barang-barang bawaan, dan ngasih stempel he he he," ujar Bagus yang biasa dipanggil Aziz. Menurutnya, kesulitan jadi security itu waktu menjaga barisan pengunjung yang akan dicek. "Kadang mereka bandel dan ngga mau nurut. Kalau dibilang satu barisan, bisa jadi dua atau lebih," imbuhnya.

Proses stempel pengunjung (Foto: Vincent Nathanael/SMAN 10 Surabaya)

 

Anggita justru punya pendapat lain. "Menurut aku nih susahnya dan yang bikin greget itu waktu pengunjung ngeyel buat tetap membawa makanan dari luar dan mau titip di sini. Padahal, kita kan bukan penitipan barang. Tapi, asyiknya nih aku nggak bosan sama sekali karena terhibur sama performer dari stage apalagi bisa gratis nonton artis," katanya sambil tertawa.

Nah, di bagian gate samping stage ada Wandi selaku koordinator keamanan UBS ZetiZen-Con 2k17! Wandi sudah berkecimpung di dunia keamanan cukup lama. Dia menjadi security dengan pendidikan dari Brimob dan Marinir. Saking banyaknya pengalaman Wandi, sesi interview jadi berwarna.

"Rata-rata security di UBS ZetiZen-Con ada 10-15 orang. Tapi, kalau ada guest star-nya seperti hari ini, kita menambah personil sampai 27 orang," terangnya.

 

Wandi juga menuturkan bahwa mereka kerja 24 jam lho, guys! Kenapa betah berlama-lama? Ternyata, para security benar-benar menjaga venue dengan seksama. Setiap malam, setelah event selesai, mereka beraksi. Mulai dari mengecek area mading, pengamanan barang-barang yang tertinggal, sampai mengecek satu persatu tabung gas pada food tenant. Usut punya usut, rupanya dulu pernah ada salah satu tenant yang lupa mematikan gas LPG-nya! Untung para kesatria ini berhasil mematikan tabung gas sebelum terjadi kejadian yang tidak diinginkan.

Selain pengalaman yang menegangkan dan bikin greget, ternyata Wandi juga punya cerita lucu yang nggak terlupakan saat mengawal guest star di Tunjungan Plaza, GIGI. "Jadi, waktu kita lagi ngawal GIGI di lift, personilnya pada bercanda. Jadi, Arman, vokalisnya pura-pura kentut terus entah kenapa perasaan saya nggak enak. Eh, nggak lama kemudian beberapa personil nih pada kentut! Yaampun, langsung deh kita semua ketawa diantara bau-bau kentut!"

Ha ha ha! Ternyata, nggak cuma panitia aja yang punya pengalaman dan punya cerita seru selama UBS ZetiZen-Con berlangsung dari tahun ke tahun. Security juga punya dong! Seru kan? Jangan anggap security remeh ya! Kita semua harus tetap respect kepada mereka karena UBS ZetiZen-Con 2k17 tidak akan lancar tanpa orang-orang dibalik layar seperti mereka!

 

| UBS Zetizen Journalist Blog 2k17: Blog of the Day

| SMAN 10 Surabaya

Share
Create Your Own Article!