Zetizen.com – Selamat Hari Pahlawan, guys! Nah menurut kalian Indonesia masih memerlukan sosok pahlawan nggak sih? Yap, meskipun berhasil mendeklarasikan kemerdekaan, negara ini tetap memerlukan sosok yang mampu menyelesaikan permasalahan hari ini.

 

Seperti yang dilakukan sekelompok anak muda asal Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya nih! Yang menjadi pahlawan, untuk menyelesaikan permasalahan antrian. Mereka menciptakan sebuah platform berupa aplikasi dan web bernama “AntriBos”. Platform ini digagas oleh keempat pemuda dari jurusan Sistem Informasi ITS yaitu Firman Isnaeni, Firman Maulana, Hans Juno, dan Muhammad Azzam.

 

Keempat pemuda penggagas AntriBos. (doc.pribadi) 

 

 

Menurut mereka, waktu yang dimiliki harus dimanfaatkan dengan baik. “Kami ingin membuat masyarakat Indonesia dapat memanfaatkan waktu mereka lebih efektif. Apalagi di jam-jam produktif. Kalau hanya dibuat mengantri di suatu tempat pelayanan masyarakat, bagaimana mereka bisa membagi waktu dengan tugas lainnya,” ujar Firman Maulana.

 

Apa sih AntriBos?

 

FYI, Platform yang dirilis tepat 10 November ini, merupakan penghubung antara pelanggan dan mitra bisnis. Kedua pihak bisa mendapatkan informasi mengenai antrian di suatu lokasi, serta bisa melakukan booking antrian di suatu lokasi yang dituju. Semuanya tersedia dalam sebuah aplikasi serta website.

 

“Selain itu, kami juga ingin membantu meminimalkan biaya penyedia jasa dalam pelayanan. Dan juga membantu mempromosikan bisnis mereka,” imbuh Hans. Lantas penyedia jasa apa aja nih yang berhubungan dengan aplikasi ini? Kalian bisa melakukan booking antrian untuk medical center khususnya di ITS, dan sedang dalam pengembangan untuk tempat makan, salon, apotek, bengkel, dan berbagai penyedia jasa lainnya.

 

Dan ternyata AntriBos, merupakan pengembangan dari platform antrian yang sudah ada. Karena platform antrian yang sudah ada, masih fokus pada beberapa bidang bisnis seperti, bengkel dan salon saja. Selain itu, AntriBos juga mengambil biaya yang relatif lebih murah dari platform yang sudah ada.

 

User dan Mitra Bisnis

 

Terdapat dua menu utama yang disediakan nih. Kalau untuk mitra bisnis, mereka mendapatkan hak untuk me-manajemen antrian pada bisnis mereka. Sedangkan untuk pelanggan, kita mendapatkan hak untuk mengetahui kondisi antrian. Dan juga bisa melakukan booking kedalam antrian tersebut

 

Cara Menggunakannya Gimana?

 

Simpel kok, pengguna cukup memiliki saldo minimal Rp5000 ( 5 Coin). Dimana Pembayaran pada AntriBos dilakukan menggunakan sistem topup. Bahkan pengguna dapat membeli coin mereka melalui transfer bank dan pulsa loh.

 

Kemudian AntriBos akan mengambil biaya dari setiap pengguna yang ingin mendapatkan info antrian dan booking antrian sebesar Rp4.000. Pengguna juga bisa bebas memilih antrian mana yang ingin dilakukan dengan memilih “Join Lokasi“ untuk mengetahui kondisi antrian.

 

Dilanjutkan dengan memilih “Request Booking” untuk meminta mitra memesankan antrian dan saldo akan berkurang 2 coin. Kerennya lagi, kita akan diingatkan melalui aplikasi kalau memiliki jadwal aktivitas pada jam tersebut loh. So, masih yakin menunggu berjam-jam untuk dengan mengantri?

 

 

 

Share
Create Your Own Article!