Zetizen.com - Ngebahas musik emang nggak ada matinya, apalagi musik indie Indonesia. Selalu ada hal baru yang bikin kita bingung mau dengerin yang mana dulu. Nah, buat kamu yang baru mulai menyelami dunia indie, berikut ini adalah beberapa lagu indie Indonesia yang ikonik dan asik banget buat jadi lagu pengantarmu menyelami kultur musik satu ini.

 

Keracunan Omong Kosong adalah bagian dari segmen Hijau dalam album Sinestesia (2016) (sumber: youtube)

Efek Rumah Kaca – Keracunan Omong Kosong

Bosan sama teman yang banyak bicara tapi nggak berbuat banyak? Hei, udah nggak zaman mengkritik lewat bikin status atau share quote sindirian. Biar lebih keren, yuk sindir mereka dengan lagu Keracunan Omong Kosong yang dibawakan oleh Efek Rumah Kaca.

Lagu yang menjadi bagian dalam segmen Hijau di album Sinestesia ini punya tempo yang cepat dan terdengar riang. Cocok buat jadi mood booster waktu kamu lagi super duper kesal sama seseorang. Meskipun begitu, Keracunan Omong Kosong punya lirik yang relatable sama kehidupan orang-orang sesuai sama peribahasa tong kosong nyaring bunyinya. Kaya gini nih

Apa yang kau tawarkan, bukan pengetahuan
Ucapan miskin pemikiran
Apa yang kau sodorkan, hanyalah hasutan
Ujaran penuh kemunafikan
Keracunan omong kosong

Penasaran? Kamu bisa cek lagunya disini

 

Tigapagi – Tangan Hampa dan Kaki Telanjang

Album pertamanya, Roekmana's Repertoire (2013) sempat dinobatkan menjadi album terbaik kedua oleh majalah Rolling Stone (foto: lorong musik)

Kamu lagi patah hati? Daripada membenamkan diri dalam lagu menye-menye berlirik lebay, kamu wajib dengerin lagu Tangan Hampa dan Kaki Telanjang yang dibawakan oleh Tigapagi ini. Berbeda dari band beraliran folk lainnya yang cenderung minimalis, Tigapagi menyajikan beragam instrumen yang lengkap. Mulai dari violin, cello, hingga alat musik asal Sunda. Rasa galaumu dijamin hilang. 

Punya lirik yang dekat dengan masa-masa setelah kehilangan orang tersayang, lagu ini nggak mengajak kamu untuk memohon masa lalu untuk terulang lagi. justru Tigapagi mengajakmu untuk mampu menginstrokpeksi diri.

Selama hayat ini
Ku hanya mengikuti dan ikuti
Mungkin suatu nanti
Saat semua mati, kita mati
Salahkah ku, hinakah ku, berkata pun ku tak mampu
Salahkah ku, maafkan ku, ku hanya mampu bertumpu
Dan berharap pada tangan hampa dan kaki telanjang
Mungkin hancur ragaku, namun tanpa buta hati

 Penasaran? Kamu bisa cek lagunya disini

 

Frau ft Melancolic Bitch – Sepasang Kekasih yang Pertama Bercinta di Ruang Angkasa

Penampilan Frau dengan Oskar, sebutannya untuk keyboard hitam yang mengalunkan musik-musik Frau (sumber: whiteboardjournal)

Buat para lovebirds, lagu ini pas banget untuk mendeskripsikan perasaan kalian. Diiringi denting piano yang lembut dan sendu, kamu bakal seolah ikut pergi ke ruang hampa seperti yang diceritakan dalam lirik.

Dalam lagu ini, Melancolic Bitch yang biasanya tampil sangar, harus meredam ego dan mengikuti gaya Frau dalam bermusik. Eits, tapi Ia tetap terlihat gahar dan gagah lewat suaranya yang manly dan adem. Layaknya sepasang kekasih, Frau dan Melancolic Bitch bakal bikin kamu selalu kangen pacar. Unch.. unch..

Direntang waktu yang berjejal dan memburai, kau berikan sepasang tanganmu terbuka dan membiru dendam
Dibibir yang curam dan dunia tertinggal gelap membeku, sungguh petang nelangsa dan udara yg terbakar jauh
Kita adalah sepasang kekasih yang pertama bercinta di luar angkasa, seperti tak kan pernah pulang, kau membias di udara dan terhempaskan cahaya

Penasaran? Kamu bisa cek lagunya disini

 

Payung Teduh – Kucari Kamu

Aksi Payung Teduh di salah satu panggung sebelum melambung dengan Akad (sumber: Payung Teduh Blog)

Sebelum dikenal luas dengan lagu Akad, Payung Teduh lebih dulu meneduhkan para pecinta musik dengan lagu-lagu bergenre folk yang mendayu-dayu dalam album Dunia Batas. Salah satu lagu yang cukup populer adalah Kucari Kamu yang pas banget buat kamu yang lagi digantung. Hiks.

Seperti biasa, Istiqamah Djamad dkk menghanyutkan pendengar lewat petikan gitar yang terdengar sendu. Upaya mencari the right one yang dirindukan, makin terasa lewat pemilihan diksi yang epik!

Kucari kamu dalam setiap malam
Dalam bayang masa suram
Kucari kamu dalam setiap langkah
Dalam ragu yang membisu
Kucari kamu dalam setiap ruang
Seperti aku yang menunggu kabar dari angin malam

Penasaran? Kamu bisa cek lagunya disini

 

Editor: Bogiva

Share
Create Your Own Article!