(foto: nationalgeographic)

Zetizen.com - Apa sih serunya belajar sejarah? Kalau kata orang sih "Yang lalu biar berlalu, nggak usah diingat-ingat lagi". Nggak heran kalau banyak pelajar yang malah tidur saat guru sejarah sedang "mendongeng" di depan kelas.

Hmm, emang sih, belajar sejarah di sekolah itu seringkali terasa membosankan dan nggak menarik. Tapi, sebenarnya itu karena emang penyampaiannya aja yang nggak menarik. Coba deh kamu pikir, dalam satu sampai dua jam, gurumu harus menceritakan sejarah Indonesia yang super panjang, lengkap dengan sesi tanya jawab, evaluasi, bahkan mungkin waktu kosong khusus buat mencatat.

Nah, wajar aja kalau akhirnya penyampaiannya pun jadi terburu-buru dan membosankan. Padahal nih ya, sebenarnya belajar sejarah itu bisa jadi berguna banget buat kamu loh. Soalnya,

 

 

(foto: wiki)

Sejarah Bikin Kamu Berwawasan Luas dan Open Minded

Nggak bisa dipungkiri kalau orang-orang yang suka belajar dan membaca sejarah, apapun itu, bakal lebih unggul dan berwawasan lebih luas dari yang lain. Mereka juga lebih open minded karena lebih tahu seluk beluk dan asal muasal suatu hal daripada mereka yang tidak belajar sejarah. Dan orang-orang yang seperti ini selalu tampak menarik. Soalnya, 

(foto: wiki)

Bikin Kamu Jadi Lebih Bijaksana

Dengan mempelajari berbagai masalah yang pernah terjadi dan mendengar berbagai pengalaman dari orang-orang besar yang membawa perubahan besar pada dunia, mereka jadi belajar bagaimana cara menyelesaikan sebuah masalah dan menjadi pribadi yang lebih tenang dan bijaksana. Ah, jadi ingat Mahatma Gandhi. Apa emang hidup di jaman dulu dengan segala keterbatasannya bikin orang-orang jadi lebih bijak ya?

 

(foto: wiki)

Cerita Nyata yang Lebih Seru dari Novel

Pernah terharu atau malah baper gara-gara baca novel? Kalau gitu, membaca cerita sejarah bakal jauh lebih bikin kamu terhanyut lewat kisah-kisahnya yang dramatis. Nggak usah repot membayangkan, semua bukti cerita itu bahkan bisa kamu temukan langsung di sekitarmu. Cerita sejarah pun punya tokoh protagonis dan antagonis yang pastinya bakal bikin kamu ikut merasakan kisah orang-orang besar tersebut di zaman dulu.

 

(foto: twitter)

Mengasah Kemampuan Nalar dan Memancing Rasa Penasaran Kalian

Sama kayak novel, kalian akan dibawa kembali ke masa lampau untuk membayangkan kekejaman, keajaiban, serta hal-hal luar biasa lain yang benar-benar nyata terjadi.

Secara nggak sadar kalian pasti pernah bayangin bagaimana tergesa-gesanya para bapak bangsa saat-saat menjelang proklamasi, betapa kejam dan tersiksanya rakyat yang ditindas oleh penjajah. Ah, pasti pernah, kan?

 

(foto: pinterest)

Nagih dan Bikin Pinter!

Buat kalian yang udah tahu sebagian cerita sejarah, kalian pasti tahu kalau sejarah ini dan itu adalah saling berhubungan. Nggak salah kalau mereka yang belajar sejarah jadi nagih untuk belajar terus. Semakin dalam, kalian bakal tahu kalau ternyata fakta sejarah nggak semuanya sama. Ada beberapa point of view antara yang pro, contra, hingga netral, yang membuat kalian harus bijaksana dalam menarik kesimpulan. Faktor ini juga yang bikin kita jadi lebih bijaksana.

Kadang, sejarah yang selama ini kita pelajari secara tidak sadar memiliki sebuah masalah yang belum terpecahkan karena kurangnya bukti, saksi, dan banyaknya teori yang berlawanan. Hal ini membuat kita jadi sering menganalisa hal yang tanpa sadar mengasah kemampuan kita dalam menganalisis suatu masalah yang akan kita hadapi dikemudian hari.

Nah gimana, udah tertarik belajar sejarah?

 

Editor: Bogiva

Share
Create Your Own Article!