Zetizen.com - Rumput tetangga emang sering kelihatan lebih hijau. Artinya, kamu bakal sering ngelihat orang lain jauh lebih sukses atau mungkin lebih bahagia dari kamu.

Ya emang sih belom tentu juga dia emang lebih bahagia atau lebih sukses dari kamu. Tapi, kalau emang nyatanya dia udah sukses dan kamu belom, nggak ada salahnya buat introspeksi dan nge-review lagi apa aja yang udah, dan belum kamu lakukan buat mengejar kesuksesan. Jangan-jangan, disaat teman-temanmu lagi sibuk bekerja keras, kamu malah masih stuck melakukan hal-hal ini.

 

(foto movi5stelle)

Masih Sering Menunda-nunda Pekerjaan

"Ntar aja ah, deadline nya juga masih minggu depan ini,"

Kedengerannya sepele, tapi kebiasaan menunda-nunda ini bisa bikin kamu kelewatan banyak banget kesempatan yang mungkin aja sebenarnya bisa jadi batu loncatanmu buat menggapai mimpi.

Gara-gara tugas yang belum selesai, kamu jadi nggak bisa ikut jalan-jalan ke tempat yang pengin banget kamu datengin. Atau tiba-tiba ada tawaran kerja freelance yang harus kamu tolak gara-gara tugas sebelumnya belum kelar. Duh sayang banget kan?

 

(foto: medium)

Nggak Punya Tujuan Jelas 

Yang namanya berusaha itu harus ada tujuannya. Kalau kamu sendiri aja nggak tahu apa yang mau kamu usahain, ya gimana mau berhasil? Ibaratnya kayak udah nyiapin rencana nembak yang super romantis, ehhh.... yang mau di tembak masih belum tau siapa orangnya. Huft!

 

(foto: guidedchoice)

Malas Mencari Kesempatan Baru

Gara-gara udah ketumpukan tugas yang ditunda-tunda, kamu jadi banyak pikiran dan udah keburu nggak mood buat cari-cari kesempatan baru.

Misalnya, waktu temen kamu sibuk cari les tambahan baru atau ikut lomba-lomba ke sana-sini, kamu yang ngerasa capek karena ngerjain PR bertumpuk-tumpuk jadi malas ikutan dan cuma santai-santai dirumah. Yaudah, kelewat deh itu kesempatannya.

 

(foto: incimage)

Nggak Mau Berbagi sama Orang Lain

Nggak ada orang yang bisa sukses dengan sendirinya. Itu prinsip yang harus kamu pegang. Jadi, kalau kebetulan kamu punya kelebihan dan ada orang yang membutuhkan bantuan, bantuin aja! Who knows, orang itu ternyata bisa bantu kamu mengejar mimpi atau cita-citamu kedepannya.

 

(foto: fee)

Menganggap Kesuksesan Itu Dateng dengan Sendirinya

Pernah denger pribahasa 'Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian'? Nah, itu berlaku juga buat kamu yang punya ambisi mengejar mimpi dan cita-citamu.

Nggak ada hasil yang bakal muncul kalau kamu masih malas berusaha dan cuma menunggu 'momen yang tepat'. Coba deh mulai aktif mengejar mimpimu dengan mulai berusaha dari hal-hal yang paling sederhana.

 

"Ah dia sih enak, bisa gini, punya itu," dst...

Kebiasaan menyalahkan diri sendiri ini juga samasekali nggak produktif. Emang sih, mungkin aja temenmu itu punya kelebihan yang nggak kamu punya. Tapi, kamu juga pasti punya kelebihan yang dia nggak punya.

Jadi daripada sibuk menyalahkan diri sendiri dan cari-cari alasan buat menghibur diri, mending kamu mulai do something deh dari sekarang! 

 

(foto: linkedin)

Takut Menghadapi Hal Baru

Nah, dari semua hal di atas, kebiasaan ini lah yang sebenernya paling berbahaya. Kalau kamu masih terbiasa hidup di dalam comfort zone alias zona nyaman, hampir bisa dipastiin deh kamu bakal kesulitan buat mencapai mimpi-mimpimu.

Kenapa gitu? Well, masih berhubungan dengan pribahasa dan poin-poin sebelumnya, kok! Buat mencapai hasil maksimal, jelas dibutuhin juga usaha yang maksimal. Dan usaha maksimal pasti bakal diawali dari membuka diri terhadap hal baru yang sebelumnya nggak pernah kamu temuin dan lakuin.

 

Well, gimana? Udah siap berubah? Okay! See you on top!

 

 

 

 

Share
Create Your Own Article!